JURUSAN BROADCASTING – Blog Teknokrat
JURUSAN BROADCASTING

JURUSAN BROADCASTING

 4,244 total views,  1 views today

Jika kamu ingin tahu siapa yang membuat acara TV favoritmu dan bagaimana cara membuat program TV hingga menjadi tayangan prime time, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan Broadcasting atau Penyiaran. Sebelum membahas jurusan Broadcasting, penting untuk memahami arti dari broadcast atau broadcasting yang merupakan bagian dari ilmu komunikasi untuk menyebarkan informasi melalui televisi atau radio. Jurusan Broadcasting mempelajari perencanaan produksi konten, teknik siaran radio dan televisi, pengambilan gambar dan olah suara, penyuntingan, penggunaan aplikasi multimedia, dan teknik penyiaran konten.

Baca Juga : Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Diterima Magang Studi Independen dan Program Bangkit

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Broadcasting.

Jika kamu memiliki banyak ide kreatif dan inovatif, maka jurusan Broadcasting dapat menjadi pilihan yang tepat. Di sana, mahasiswa akan belajar bagaimana membuat berbagai jenis program televisi dan radio yang menarik serta di era digital ini, juga akan diajarkan cara membuat konten YouTube, podcast, dan sejenisnya.
Pada awal semester, mahasiswa jurusan Broadcasting akan mempelajari beberapa pengetahuan dasar, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar-dasar Penyiaran, dan Pengantar Periklanan. Di semester berikutnya, mereka akan belajar mata kuliah yang lebih kompleks, seperti Editing Program, Riset Media, Teknik Kamera, Teknik Audio, dan Konvergensi Media.
Jurusan Broadcasting tidak hanya menawarkan mata kuliah teori, tetapi juga melibatkan banyak praktek seperti pembuatan konten TV, konten radio, fotografi, syuting, dan banyak lagi.

Baca Juga : Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Daftar perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Broadcasting di Indonesia.

Jurusan Broadcasting atau Penyiaran seringkali menjadi bagian dari program studi Ilmu Komunikasi. Namun, beberapa universitas juga menawarkan jurusan Broadcasting sebagai program studi tersendiri. Berikut adalah beberapa universitas yang menawarkan jurusan Broadcasting tersendiri.
• Universitas Indonesia (D3)
• Universitas Sahid (D3)
• London School Public Relations (S1)
• Universitas Mercu Buana (S1)
• Universitas Paramadina (S1)
• Binus University (S1)
• Universitas Padjadjaran (S1)
• Universitas Esa Unggul (S1)

Prospek Kerja Lulusan Broadcasting

Setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan Broadcasting, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) untuk jenjang S1 dan Ahli Madya Ilmu Komunikasi (A.Md.I.Kom) untuk jenjang D3. Dalam hal prospek karir, lulusan jurusan Broadcasting dapat bekerja di industri kreatif, meskipun jurusan ini juga dapat membuka kesempatan kerja di bidang karir lainnya.
Ini beberapa bidang karir yang dapat diambil oleh lulusan Broadcasting:
a) Produser
b) Sutradara
c) Fotografer
d) Presenter
e) Editor
f) Voice Artist
g) Freelancer
h) Asisten Produser
i) Pengusaha Event Organizer
j) Content Writer
k) Copywriter
l) Social Media Officer
m) Graphic Designer


“Bagaimana besaran gaji yang diterima oleh lulusan Broadcasting?”
Tidak perlu merasa cemas mengenai besaran gaji karena lulusan jurusan Broadcasting memiliki potensi untuk menerima penghasilan yang bervariasi, mulai dari Rp2 juta hingga Rp10 juta. Besar rentang gaji tersebut dapat bergantung pada kemampuan, pengalaman, dan jenis perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda juga mengambil pekerjaan lepasan, penghasilan Anda bisa meningkat secara signifikan.
Kuliah di jurusan Broadcasting dan bekerja di bidang ini seru kan, teman-teman? Dengan kreativitas yang kamu punya, kamu bisa masuk ke jurusan ini dan mengeksplor keahlianmu yang lain.

One thought on “JURUSAN BROADCASTING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin