Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

 9,461 total views,  2 views today

Bagi kamu yang memiliki minat dalam gambar dan ingin mengeksplorasi lebih dalam, jurusan yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi adalah Desain Komunikasi Visual atau DKV. DKV adalah bidang ilmu yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar lebih banyak tentang gambar. Meskipun memilih jurusan ini mungkin membutuhkan sedikit perdebatan dengan orang tua, tapi saat ini pekerjaan dalam bidang seni dan kreativitas semakin berkembang dan memiliki prospek yang bagus.

Pengertian dari Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)?


DKV adalah bagian dari disiplin ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan dengan konsep kreatif dan teknik media visual atau estetika, dengan tujuan tertentu. Karena pesan disampaikan melalui gambar, maka penyampai pesan harus mengolahnya secara efektif, informatif, dan komunikatif.
Jika Anda mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual, Anda akan mempelajari tentang elemen visual dalam bentuk gambar dan bagaimana menyampaikan pesan melalui bahasa visual. Selain itu, Anda akan mempelajari bagaimana mengolah pesan dengan memanfaatkan kata-kata. Jurusan DKV memandang bahwa elemen visual harus kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus tetap komunikatif, efisien, dan efektif sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Apa perbedaan DKV dengan Desain Grafis ?


Jurusan DKV dan Desain Grafis sangat berbeda. Saat memilih DKV, fokus utama Anda adalah berkomunikasi dengan klien secara visual dan verbal. Selain menggambar, Anda harus mampu membuat karya seni visual yang ditujukan untuk tujuan tertentu dan memengaruhi perilaku orang. Biasanya, jurusan DKV berperan penting dalam bidang pemasaran dan branding.
Di sisi lain, Desain Grafis hanya memusatkan perhatian pada pembuatan elemen grafis dalam komunikasi visual. Mahasiswa Desain Grafis hanya akan belajar membuat karya berdasarkan foto dan gambar, tanpa mempertimbangkan strategi untuk mempengaruhi perilaku orang.

Baca Juga : Sejarah Dan Kelebihan Sistem Operasi Linux

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)


Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dianggap sebagai perkembangan terbaru dari Desain Grafis karena kurikulum yang lebih luas daripada fokus pada karya visual 2D di media cetak seperti Desain Grafis. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dianggap sebagai perkembangan terbaru dari Desain Grafis karena kurikulum yang lebih luas daripada fokus pada karya visual 2D di media cetak seperti Desain Grafis. “Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dianggap sebagai perkembangan terbaru dari Desain Grafis karena kurikulum yang lebih luas daripada fokus pada karya visual 2D di media cetak seperti Desain Grafis. Selain itu, DKV juga mencakup pembelajaran tentang karya visual dalam format 3D dan gerak
Ketika mendaftar di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), mahasiswa dapat memilih konsentrasi studi yang diinginkan. Salah satu konsentrasi umum adalah DKV New Media, yang mengajarkan desain untuk aplikasi pada new media seperti web digital, poster, dan kemasan. Di sisi lain, ada juga konsentrasi DKV Creative Advertising yang mempelajari kebutuhan desain untuk periklanan. Konsentrasi-konsentrasi ini dapat bervariasi tergantung pada universitas yang menyelenggarakan program studi tersebut.
Ketika kamu kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu juga akan mendapatkan pengenalan singkat mengenai ilmu komunikasi. Hal ini dikarenakan tujuan dari jurusan DKV adalah untuk menyampaikan pesan melalui gambar dan visual. Dengan mempelajari ilmu komunikasi, mahasiswa akan memahami bagaimana menyampaikan pesan secara efektif dan efisien melalui karya desain. Beberapa mata kuliah ilmu komunikasi yang akan dipelajari antara lain Psikologi Komunikasi, Proses Komunikasi, dan lain-lain.

Baca Juga : Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Kembangkan Robot Pengantar Makanan

Universitas

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) antara lain :
1) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
2) Institut Teknologi Bandung (ITB)
3) Universitas Negeri Semarang (Unnes)
4) Universitas Bina Nusantara, Jakarta
5) Universitas Trisakti, Jakarta
6) Universitas Telkom, Bandung
7) Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
8) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Solo
9) Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta
10) Universitas Negeri Makassar (UNM)
Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Lapangan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) sangat luas dan semakin terbuka lebar dengan dukungan teknologi yang semakin canggih. Bahkan, para lulusan jurusan ini bisa bekerja dari rumah untuk perusahaan internasional. Beberapa prospek karir yang bisa diambil oleh lulusan DKV meliputi:
1) Percetakan dan penerbitan.
2) Hubungan masyarakat (public relation)
3) Biro konsultan desain.
4) Production house.
5) Freelancer desainer grafis, fotografi, web desainer, hingga animator.
6) Biro iklan/advertising.
7) Production house.
8) Stasiun TV.

One thought on “Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

  1. Pingback:JURUSAN BROADCASTING - Blog Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux