JURUSAN PG-PAUD – Blog Teknokrat
JURUSAN PG-PAUD

JURUSAN PG-PAUD

 989 total views,  1 views today

Jurusan PGPAUD merupakan jurusan yang mendalami tata cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini agar memiliki perkembangan wawasan, karakter, dan fisik yang baik. Untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut, kamu dituntut untuk menguasai berbagai bidang ilmu. Apakah kamu merasa senang melihat anak kecil dan terhibur dengan rasa ingin tahu mereka yang tinggi? Jika iya, kamu mungkin cocok untuk mempertimbangkan jurusan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana mengajar dan merawat anak-anak usia dini.

~ Mengenal Jurusan PG-PAUD

Pendidikan yang baik di balik bangsa yang maju seringkali berawal dari usia dini. Oleh karena itu, lulusan dari jurusan PG-PAUD memiliki peran yang sangat penting. Jurusan ini mempelajari tentang cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini agar memiliki perkembangan wawasan, karakter, dan fisik yang baik.

Baca Juga : 5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, mahasiswa jurusan PG-PAUD harus menguasai berbagai bidang ilmu. Mata kuliah yang akan dipelajari meliputi psikologi, bahasa, ilmu gizi, matematika, dan olahraga. Dengan memperoleh banyak pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai disiplin ilmu, lulusan jurusan ini diharapkan dapat menjadi pengajar profesional khusus untuk anak usia dini.

Dunia Kuliah Jurusan PG-PAUD

“Gampang ah kuliah di PG-PAUD, cuma ngajarin anak nyanyi dan gambar aja kan?”

Tidak begitu mudah, Ferguso! Kenyataannya, setiap pekerjaan memiliki tantangannya masing-masing. Sebagai calon guru PAUD, kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tumbuh kembang anak selalu optimal selama masa golden age mereka.

“Hah, apa itu golden age?”

Maka, golden age merujuk pada periode penting dalam perkembangan anak. Menurut Sigmund Freud, periode ini terjadi pada usia di bawah lima tahun, di mana perkembangan anak mengalami kemajuan yang signifikan. Oleh karena itu, seorang guru PAUD diharapkan dapat mendukung perkembangan anak dalam berbagai aspek, seperti kecerdasan, emosi, sosial, dan fisik.

~ Mata Kuliah Jurusan PG-PAUD

Mau tahu bagaimana pengalaman belajar di jurusan PG-PAUD? Selain mata kuliah yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah lainnya. Beberapa di antaranya membahas tentang perkembangan anak, seperti Perkembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak, Pengembangan Nilai, Moral, dan Agama Anak, Neuroscience, Pendidikan Inklusif Anak, dan sebagainya.
Terdapat beberapa mata kuliah di jurusan PG-PAUD yang berkaitan dengan dunia bermain, seperti Bermain dan Permainan, Kreativitas dan Keberbakatan, serta Alat Permainan Edukatif. Selain itu, terdapat mata kuliah yang menyangkut bidang seni, seperti Seni Musik, Seni Rupa, dan Seni Tari. Salah satu mata kuliah yang penting adalah Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, yang membantu dalam mengembangkan strategi berkomunikasi dengan anak usia dini secara tepat.

~ Keuntungan Masuk Jurusan PG-PAUD

Jika kamu memiliki minat terhadap anak-anak dan juga tertarik dengan dunia pendidikan, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Kamu akan memiliki kesempatan untuk membantu membentuk generasi anak di masa depan. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih jurusan ini.
1. Tenaga pengajar PAUD masih jarang
Kualifikasi tenaga pendidik PAUD masih menjadi kendala di sebagian lembaga PAUD di Indonesia. Oleh karena itu, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi seorang pengajar berkualitas yang dibutuhkan untuk mengajar anak usia dini dengan baik.
2. Banyak ilmu yang bisa didapat dari berbagai bidang
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di jurusan ini kamu akan belajar banyak dari berbagai disiplin ilmu. Anda tidak hanya dapat memahami dunia anak-anak dan cara mendidik anak-anak, tetapi Anda juga dapat memperoleh pengetahuan tentang psikologi anak, filsafat, seni, statistik, dll.
3. Ilmu bermanfaat untuk masa depan
Semua yang Anda pelajari di universitas, juga bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari di masa depan, lho. Misalnya, Anda bisa menerapkan ilmu parenting yang telah Anda pelajari untuk mendidik anak Anda sendiri di masa depan. Sangat berguna, bukan?

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia PKM di SMAN 1 Sukoharjo, Kenalkan Konsep Geometri Fotografi

~ Kampus dengan Jurusan PG-PAUD

Berikut ini daftar kampus yang memiliki jurusan PG-PAUD terakreditasi A di Indonesia.
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Sriwijaya (Unsri)
Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

~ Prospek Kerja Jurusan PG-PAUD

Setelah lulus dari program PG-PAUD, Anda akan menerima gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Kemudian tentunya Anda bisa langsung mendaftar ke lembaga pendidikan yang memiliki program PAUD. Anda resmi menjadi guru! Ya.

Namun, Anda juga dapat mengejar karir lain seperti:

  • pengajar
  • pedagang
  • tutor
  • guru TK
    “Berapa gaji seorang guru PAUD?”

Nah, gaji setiap orang bisa berbeda-beda. Selain itu, setiap lembaga pendidikan memiliki acuan tersendiri dalam memberikan gaji. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan informasi lengkap di setiap institusi. Meski begitu, profesi guru patut dicoba!

Ini review divisi PG-PAUD ya teman-teman. Sudahkah Anda memutuskan apa yang ingin Anda ambil jurusan di perguruan tinggi? tetap semangat.

One thought on “JURUSAN PG-PAUD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin