Politeknik Keuangan Negara- Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, atau yang biasa kita sebut sebagai PKN STAN memberikan kabar gembira. PKN STAN telah mengkonfirmasi mengenai dibukanya kembali pendaftaran untuk calon mahasiswa baru pada tahun 2021.

Baca juga:

Menggunakan Nilai UTBK

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PKN STAN akan melakukan seleksi melalui nilai UTBK. Dimana itu berarti semua calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke kampus akuntansi tersebut harus mengikuti UTBK yang dilaksanakan oleh LTMPT. Hal ini dikarenakan mempertimbangkan untuk meminimalisir dampak pandemi COVID-19 sehingga SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dari PKN STAN harus menggunakan nilai UTBK.

Nilai Yang Dipakai

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk semua
kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran
(Saintek dan Soshum). Nilai-nilai tersebut sama dengan nilai yang digunakan saat SBMPTN biasanya.

Meskipun kini persyaratan masuk pada tahun 2021 ini diubah menjadi menggunakan nilai UTBK, PKN STAN baru akan mengumumkan hasil SPMB bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2021. Pengumuman tersebut akan dikeluarkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PANRB). Kamu dapat mengakses pengumuman resminya melalui website Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id.

Baca juga:

SPMB 2020 Sempat Ditiadakan

Seperti yang kita tahu sebelumnya, SPMB PKN STAN sempat ditiadakan pada tahun 2020 kemarin. Hal ini dikarenakan diserangnya pandemi COVID-19 secara mendadak. Mengakibatkan banyak lembaga yang merasa penerimaan mahasiswa baru akan menjadi kurang maksimal, termasuk PKN STAN.

Pada tahun-tahun sebelumnya, PKN STAN juga memiliki alur pendaftaran yang cukup panjang jika dibandingkan masuk ke Universitas. Kampus tersebut memiliki jenis soal ujian sendiri yang berbeda dari soal SBMPTN, dan juga mereka mewajibkan calon mahasiswa barunya untuk menjalani test fisik.

Beberapa test fisik yang biasanya selalu dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya adalah cek berat badan, tinggi badan, tensi darah, suhu tubuh, kesehatan mata, dan kesehatan tubuh keseluruhan. Untuk test kebugarannya, ada test lari memutari lapangan danĀ shuttle run.

Baca juga:

Itulah berita terkait Perimaan Mahasiswa Baru STAN tahun 2021. Simak dan pantau terus perkembangannya, ya! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *