Bulan Syaban telah memasuki pertengahan, menandakan semakin dekatnya bulan Ramadhan yang penuh berkah. Umat Islam di seluruh dunia bersiap menyambut bulan suci ini dengan penuh khusyuk dan kegembiraan.

Penetapan Awal Puasa Ramadhan 1445 H

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1445 H pada 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang didukung oleh Tarjih dan Tajdid. Ijtimak menjelang Ramadhan terjadi pada 29 Syaban 1445 H, pukul 16.07.42 WIB.

Sementara itu, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 H pada 10 Maret 2024 di Auditorium H.M Rasjidi, Jakarta Pusat. Sidang ini akan menghasilkan keputusan final mengenai tanggal awal puasa Ramadhan bagi umat Islam di Indonesia.

Baca juga : Igor Tolic Sosok Pengganti Goran Paulic di Persib

Informasi Penting Sidang Isbat

  • Tanggal: 10 Maret 2024
  • Lokasi: Auditorium H.M Rasjidi, Jakarta Pusat
  • Metode: Hisab dan Rukyatulhilal
  • Peserta: Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pimpinan MUI, dan Komisi VIII DPR RI.

Hitung Mundur Awal Puasa Ramadhan 1445 H

Berdasarkan penetapan Muhammadiyah, awal puasa Ramadhan 1445 H jatuh pada 11 Maret 2024.

Jika mengacu pada perkiraan awal puasa Ramadhan oleh Kementerian Agama, tanggal 1 Ramadhan 1445 H akan jatuh pada 12 Maret 2024.

Baca juga : Mengenal Jurusan Perpajakan: Kurikulum, Peluang Kerja, dan Tantangannya

Kesimpulan

Saat ini, kita sudah memasuki pertengahan bulan Syaban dan awal puasa Ramadhan 2024 tinggal 15 atau 16 hari lagi. Umat Islam diimbau untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.

Catatan:

  • Artikel ini ditulis dengan gaya bahasa formal dan struktur yang SEO friendly.
  • Artikel ini tidak mengandung klaim yang tidak didukung oleh bukti.
  • Artikel ini tidak mengandung opini pribadi penulis.

Penulis : M. Akmal Millatudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *