Hai Campuspedia Friends! Wah, tak terasa ya kurang beberapa bulan lagi C-friends akan segera menghadapi UTBK 2021. Setelah itu, perjuanganmu akan berlanjut di SBMPTN 2021. Pastinya, kamu ingin mendapatkan pengumuman bahwa kamu diterima di PTN impianmu, bukan? Namun, sudah pahamkah kamu mengenai tips lulus SBMPTN 2021?

Siapa nih di antara ­C-friends yang beranggapan kalau UTBK-SBMPTN 2021 masih jauh? Yuk, segera sadar kalau waktu terus berjalan dan hari ujian itu pasti akan tiba. Memang, kebanyakan dari kamu pasti masih disibukkan dengan tugas-tugas sekolah, kegiatan belajar online, dan berbagai aktivitas penting lainnya.

Namun, hal seperti ini sebenarnya tidak bisa kamu jadikan alasan sebagai keterlambatanmu belajar materi UTBK, lho! Sebab, buktinya teman-temanmu di luar sana masih bisa berjuang untuk menghadapi UTBK 2021 dan juga menjalani aktivitas sehari-hari mereka, bukan?

Sebenarnya, hal ini hanya perihal kemampuanmu melakukan manajemen waktu nih, C-friends! Oleh sebab itu, kamu harus tahu nih beberapa tips lulus SBMPTN 2021 untuk menunjang keberhasilanmu menghadapi UTBK 2021 nantinya. Yuk, disimak!

Baca juga: 

1. Lebih Baik Banyak Latihan Soal atau Memahami Konsep, ya?

Lebih Baik Banyak Latihan Soal atau Memahami Konsep, ya?

Pastinya C-friends sudah tahu kalau soal-soal ujian masuk PTN menjadi tugas mutlak yang harus kamu kerjakan kalau ingin lulus SBMPTN, bukan? Memang, kebanyakan soal ujian dari tahun ke tahun memiliki pola yang tidak terlalu jauh berbeda.

Oleh sebab itu, kebanyakan para pejuang PTN impian berpikir kalau semakin banyak latihan soal, maka dapat membuatnya semakin mengenal pola-pola yang sering muncul nih, C-friends!

Selain itu, sering kali muncul pertanyaa nih sebaiknya kalau ingin latihan soal-soal UTBK itu dalam bentuk hard copy atau soft copy, ya? Sebenarnya, kedua hal tersebut sama-sama berguna sesuai dengan keadaan, lho!

Misalnya saja seperti saat kamu ingin membaca buku latihan soal, tetapi kamu sedang berada di lingkungan ramai. Dalam keadaan tersebut, bukankah akan terlihat lebay saat kamu membaca buku dan dilihat oleh banyak orang di sekitarmu?

Nah, dalam hal ini bukankah akan lebih mudah dan nyaman saat kamu belajar melalui aplikasi di smartphone. Lantas, kira-kira lebih baik kamu mengerjakan banyak latihan soal atau memahami konsep terlebih dahulu, ya?

Untuk masalah soal-soal UTBK, kamu lebih disarankan untuk memahami konsep-konsep dasar materi UTBK terlebih dahulu nih, C-friends! Hal ini disebabkan karena sebenarnya soal-soal yang diujikan di UTBK lebih mengutamakan pemahaman konsep daripada banyaknya latihan soal.

Namun, bagi C-friends yang belajar secara mandiri harus paham nih kalau perjuanganmu akan lebih menantang dibandingkan dengan temanmu yang ikut bimbel. Karena kamu harus konsiten dan disiplin mengatur waktumu sendiri agar perjuanganmu tidak sia-sia nih, C-friends!

Baca juga:

2. Jangan Cuek Terhadap Perkembangan Informasi, Selalu Update Informasi Terbaru

Jangan Cuek Terhadap Perkembangan Informasi, Selalu Update Informasi Terbaru

Sebelum kamu benar-benar menghadapi UTBK 2021, salah satu tips lulus SBMPTN adalah dengan selalu update informasi terbaru mengenai UTBK-SBMPTN. C-friends pasti sudah tak asing lagi dengan perubahan kebijakan-kebijakan dari LTMPT karena menyesuaikan situasi dan kondisi di Indonesia.

Misalnya saja seperti pilihan kelompok ujian IPC pada UTBK 2020 yang dihapuskan demi keselamatan bersama saat Pandemi Covid-19. Bahkan, mata uji TKA juga ditiadakan pada UTBK 2020 dan hanya menyisakan TPS saja.

Selain itu, jadwal registrasi sampai dengan pengumuman ujian masuk PTN setiap tahunnya juga selalu berbeda-beda. Jangan lupa juga untuk mencermati berkas-berkas administrasi yang kamu butuhkan nih, C-friends!

Baik untuk kebutuhan pendaftaran maupun untuk pelaksanaan ujian. Pastikan kamu tidak teledor dan perhatikan keperluannya sedetail mungkin, ya! Karena sayang sekali bukan kalau kamu tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian hanya karena tidak memiliki kartu peserta, misalnya.

Baca juga:

3. Lakukan Pemantauan dan Petakan Persaingan di Jurusan dan PTN Impianmu Menjadi Salah Satu Tips Lulus SBMPTN 2021 yang Paling Krusial

Lakukan Pemantauan dan Petakan Persaingan di Jurusan dan PTN Impianmu Menjadi Salah Satu Tips Lulus SBMPTN 2021 yang Paling Krusial

Selain mempersiapkan diri untuk meraih jurusan dan PTN impianmu, jangan lupa juga untuk melakukan riset kecil-kecilan ya, C-friends! Kira-kira riset mengenai apa nih, C-friends?

Kamu sebaiknya melakukan riset mengenai segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang menjadi incaranmu. Selain skor rerata yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, tak ada salahnya lho kamu juga mencari informasi mengenai kuota mahasiswa baru yang tersedia di PTN impianmu.

Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi mengenai jumlah peminat dan calon mahasiswa yang PTN impianmu terima setiap tahunnya. Nah, dari data-data tersebut, kamu dapat melakukan pemetaan terhadap persaingan yang harus kamu hadapi agar dapat masuk ke PTN impianmu.

Keingintahuanmu ini sebenarnya cukup penting lho untuk melihat seberapa besar peluangmu dapat lolos SBMPTN 2021 nanti. Dengan pemetaan yang baik, kamu dapat melakukan pertimbangan di posisi mana kamu berada di antara para peserta SBMPTN yang lain. Barangkali pilihan jurusan dan PTN kamu akan berubah nantinya?

Baca juga: 

4. Jangan Sembarangan Mengurutkan Pilihan Program Studi

Jangan Sembarangan Mengurutkan Pilihan Program Studi

Tahukah kamu kalau menentukan urutan pilihan program studi pertama dan kedua juga akan menjadi penentu apakah kamu dapat lolos SBMPTN 2021 atau tidak, lho! Nilai UTBK yang cukup tinggi pun sebenarnya tidak bisa menjamin kamu dapat lolos atau tidak di SBMPTN kalau pilihan prodimu salah nih, C-friends!

Sebaliknya, dengan strategi memilih prodi yang baik, peserta dengan nilai UTBK yang pas-pasan juga dapat lolos di SBMPTN, lho! Kamu dapat mencari tahu berapa kisaran skor UTBK yang dibutuhkan agar dapat masuk ke prodi dan PTN impianmu berdasarkan SBMPTN tahun lalu.

Selain itu, kamu juga bisa menganalisis sebaran peminat atau keketatan yang dapat kamu lihat di situs resmi SBMPTN. Semakin kecil persentase yang ditampilkan, maka dapat dipastikan kalau persaingan semakin ketat, begitupun sebaliknya.

Kamu dapat menjadikan prodi pilihan 1 adalah prioritas utama. Saat nantinya kamu tidak lolos pada pilihan 1, kamu akan masuk seleksi untuk prodi pilihan 2. Oleh sebab itu, coba tempatkan prodi dengan kriteria kelulusan skor tinggi di atas prodi yang skor lulusnya relatif lebih rendah.

Baca juga: 

5. Tips Lulus SBMPTN 2021 yang Paling Penting adalah Mencermati Perkembanganmu dengan Rajin Mengikuti Try Out

Tips Lulus SBMPTN 2021 yang Paling Penting adalah Mencermati Perkembanganmu dengan Rajin Mengikuti Try Out

Nah, pada tahap ini nantinya kamu dapat mengetahui progress belajar dan kesiapanmu selama ini dengan mengikuti try out secara rutin. Kamu bisa mengikuti try out di Campuspedia Edu yang dibuat semirip mungkin dengan kondisi UTBK aslinya.

Salah satunya dalam hal durasi pengerjaan soal-soalnya. Selain itu, alangkah baiknya C-friends dapat mengusahakan kondisi saat pengerjaan try out nantinya dibuat semirip mungkin dengan situasi saat nanti kamu mengerjakan UTBK ya, C-friends!

Misalnya saja dengan cara kamu membuat kondisi ruangan senyaman dan sehening mungkin jauh dari gangguan yang berpotensi untuk mengganggu konsentrasimu. Dengan cara seperti itu, kamu dapat membuat simulasi sederhana pengerjaan UTBK sebelum kamu menghadapi ujian yang sebenarnya.

Selain itu, hal ini juga dapat melatih mentalmu agar lebih terbiasa dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang mendesak. Setelah hasil try out keluar, kamu dapat mengevaluasi hasil tersebut dengan melihat di mana kamu benar dan salah.

Setelah itu, kamu dapat mengidentifikasi di materi mana titik kelemahanmu berada. Dengan begitu, kamu dapat mereview kembali materi tersebut dan mengerjakan latihan soal yang lebih bervariasi lagi sampai kelemahanmu tertutupi.

Selain itu, di try out Campuspedia Edu juga terdapat pembahasan yang dapat membantu C-friends lebih memahami materi-materi yang ada di try out tersebut. Hal tersebut pastinya dapat menunjang kesiapanmu menghadapi UTBK 2021 nantinya nih, C-friends!

Baca juga:

Nah, jadi bagaimana? Sudah siapkah Campuspedia friends untuk berjuang di UTBK 2021 dan lulus di SBMPTN nanti? Jangan lupa juga untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya ya, ­Campuspedia friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *