Halo Sobat Campuspedia. Bekerja dalam tim terkadang membuat orang berselisih paham dan menimbulkan konflik. Tanpa disadari adanya konflik ini akan membuat orang yang bekerja dalam tim tersebut mengalami demotivasi. Akibatnya terjadilah penurunan produktivitas kerja dari seseorang. Penting banget buat kamu mengetahui bagaimana manajemen konflik. So, Campuspedia pada tanggal 26 Maret mengadakan online caree class mengenai Manajemen konflik dengan pembicara kak Deisy Handayani yaitu seorang Head of Human Resources.

Baca Juga : 

Concept of Conflict Management

"manajemen konflik dalam dunia kerja"

Konflik sebagai proses interaksi social yang melibatkan dua orang atau lebih akibat adanya tujuan yang bertentangan, situasi ini yang mengakibatkan ketidak seimbangan dalam suatu lingkungan. Dari definisi ini bisa diketahui elemen dari konflik diantaranya yaitu pelaku, objek dan situasi. So, bisa dikatakan manajemen konflik adalah langkah yang diambil para pihak untuk menyelesaikan perselisihan atau kesepakatan. Konflik bisa terjadi akibat adanya perbedaan sudut pandang, tujuan, kepahaman, nilai, dan kegagalan komunikasi

Baca Juga : 

Conflict Management Strategy

Manajemen konflik menurut Thomas & Kilman ada 5 strategi dilihat dari tingkat ketegasan dan tingkat kooperatif kedua belah pihak. 5 hal tersebut dapat dijelaskan pada gambar berikut:

"conflict manangement by Thommas"

Accommodating

Strategi ini dilakukan dengan mengalah atau mengoirbankan kepentingan sendiri demi mempertahankan hubungan dengan pihak lain. Hal ini efektif apabila sesuatu yang menjadi konflik tidak begitu penting untuk diri sendiri. Strategi manajemen konflik ini sering disebut “I lose, You Win”.

Collaborating

Collaborating Strategy sering disebut dengan strategi win-win (menang-menang). Strategi manajemen konflik ini berusaha untuk memuaskan semua pihak yang sedang konflik. Diperlukan diskusi bersama tentang semua permasalahan dan mencari solusi-solusi terbaik

Avoiding

Strategi Menghindari adalah strategi yang menghindari pengambilan keputusan dalam bentuk apapun dalam sebuah konflik. Biasanya, orang yang menggunakan strategi ini akan berharap masalah akan terselesaikan dengan sendirinya. Dalam strategi ini, tidak ada pihak yang jadi pemenang dan juga tidak ada pihak yang kalah atau “No Win – No Lose

Competing

Gaya penyelesaian Konflik Bersaing atau Strategi Competing ini adalah strategi dengan pendekatan “win-lose” atau “menang-kalah” dimana kita berusaha untuk memenangi konflik ini dengan mengalahkan pihak lain

Compromising

Gaya penyelesaian Konflik dengan strategi berkompromi ini adalah strategi yang menggunakan pendekatan “lose – lose” atau “kalah – kalah” dimana semua pihak yang sedang dalam konflik bersedia untuk mengalah atau tidak mendapatkan apa yang sebenarnya mereka inginkan demi menjaga hubungan dan kepentingan bersama.

How to Prevent Conflict

"bagaimana menyelesaikan konflik"

Karena sadar konflik adalah suatu hal yang pasti terjadi dimana pun kita berada. Maka pselanjutnya Kak Deisy juga membagikan cara menghindari konflik di tempat kerja. Pelajari bagaimana cara berdamai dengan konflik, pelajari bagaimana cara agar konflik tidak terjadi. Kemudian, buat proses untuk mengidentifikasi konflik saat akan terjadi. Memahami kode etik perusahaan tempat kamu bekerja. Menghargai tujuan bersama dan bekerjasama dalam membantu perusahaan mencapai tujuan. Ketika sesame rekan kerja memiliki pandangan untuk bersama-sama mencapai goals. Maka semuanya akan bekerja beriringan dengan arah yang sama.

Baca Juga : 

Pada sesi terakhir kak Deisy menceritakan pengalamannya dalam menghadapi konflik di tempat kerja. Beliau juga menjelaskan bagaimana manajemen konflik bisa menjadi solusi. Dan sesi ditutup dengan QnA dari peserta. So, buat kamu yang kepo dan ingin join bareng kami di kales-kelas online lainnya. Langsung aja klik link

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *