Tanggal 10 April 2021 Campuspedia mengadakan kelas online dengan topic Google Analytics: A Must-Have Skill in 2021 bersama mentor Dwinandha Legawa. Di jaman yang serba digital ini, skill ini juga sangat dibutuhkan lhoo! So, apa aja yang dibahas? Check this out!

What is Google Analytics

Awal kelas dibuka dengan pengenalan mengenai google analytics, yaitu merupakan platform analisa data yang dimiliki google. Adapun fungsinya adalah untuk mendapatkan data dari website, seperti: sumber traffic, kebiasaan pengguna, total konversi, dan banyak lagi. Google analytics juga merupakan salah satu google marketing platform yang digemari 84.2% digital marketer di dunia. Mengapa hal ini bisa terjadi? Alasan terbesarnya adalah mudahnya instalasi, cukup dengan 1 script saja bisa terintegrasi ke semua platform google sehingga sangat praktis.

Baca Juga : 

How to Install Google Analytics

Google analytics bisa di install dengan dua cara yaitu manual installation dan google tag manager. Cara manual dilakukan dengan mengambil informasi kode di dalam menu Admin – Tracking Code lalu menyalin kode yang disediakan ke dalam HTML website, barulah aplikasi ini akan aktif dengan sendirinya. Instalasi juga bisa dilakukan dengan google tag manager, kamu bisa membuat tag manager terlebih dahulu lalu dipasang di dashboard. Yang harus diperhatikan saat memasang aplikasi ini adalah cukup pilih salah satu cara, lalu gunakan google tag asisistant untuk mencari apakah sudah terpasang dengan benar.

Baca Juga : 

What Types of Reports Are Provided

google analytics

Google analytics juga menyediakan berbagai jenis report yang berhubungan dengan website yang telah diintegrasikan. Jenis-jenis nya adalah:

  1. Real Time

Report ini berguna untuk melihat dan mengetahui laporan aktivitas pengunjung secara langsung

  1. Audience

Laporan ini berfungsi untuk mengetahui profil dari pengunjung seperti demografi, ketertarikan, engagement, gender, usia, dll

  1. Acquisition

Report acquisition berguna untuk mendapatkan informasi sumber dari pengunjung

  1. Behaviour

Laporan ini berguna untuk mengetahui kebiasaan atau perilaku pengunjung selama berada di situs. Untuk menggunakan report ini perlu memasang tag terlebih dahulu

  1. Conversions

Conversion akan menyediakan laporan berupa detail dari konversi yang terjadi, untuk menggunakan report ini perlu di set Goal di menu admin.

Baca Juga : 

Mentor juga mengupas masing-masing laporan dengan sangat detail. Mulai dari menjelaskan secara tampilan, kemudian menjelaskan tools dan juga cara membaca indikasi. Diakhir penjelasan juga diberikan mengenai study case sehingga peserta lebih memahami tools yang digunakan di Google Analytics. Kemudian di akhir kelas ditutup dengan sesi QnA dari peserta. Gimana? Seru banget kan kelasnya bersama mentor yang sangat berpengalaman di bidangnya. So, buat kamu yang kepo dan ingin join bareng kami di kales-kelas online lainnya. Langsung aja klik link

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *