Hallo Campuspedia Chingu! Hari Rabu tepatnya tanggal 28 April 2021, Presiden Joko Widodo melakukan perombakan atau reshuffle kepada 2 menteri yang akan dilantik. Salah satu menteri yang akan di-reshuffle adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Baca juga:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

Seperti yang kita ketahui bahwa, Nadiem Makarin sudah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya. Namun sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 72P/2021 mengenai Pembentukan dan Pengubahan Kementrian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Presiden Jokowi memutuskan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ini merupakan gabungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Pelantikan Nadiem Makarim menduduki posisi baru juga dilakukan bersamaan dengan pelantikan Bahlil Lahadalia yang menduduki posisi Menteri Investigasi yang sebelumnya menjabat posisi Kepala BKPM.

Apa Kata Nadiem Makarin?

Setelah resmi dilantik sebagai Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim pun memiliki banyak tugas baru. Salah satu yang ingin dicapai ialah meningkatkan kualitas dan inovasi dalam bidang riset dan juga teknologi pada perguruan tinggi Indonesia. Nadiem Makarin juga menambahkan bahwa dirinya ingin agar mahasiswa banyak melakukan penelitian riset dan teknologi.

Selain itu dilantiknya Nadiem Makarim menjadi Mendikbud-Ristek juga disambut dengan baik, karena hal ini berarti riset dan teknologi sudah berada pada satu lingkup kementerian dengan pendidikan dan kebudayaan. Nadiem juga mengatakan bahwa riset dan teknologi merupakan satu hal yang menjadi jati dirinya, karena merupakan bidang yang ia tekuni.

Baca juga:

Tugas Baru Kemendikbud-Ristek

Tugas baru sebagai Kemendikbud-Ristek tentu tidak hanya meningkatkan kualitas dan inovasi dalam bidang riset dan juga teknologi pada perguruan tinggi Indonesia. Banyak masyarakat meyakini bahwa dalam hal dunia teknologi, Nadiem Makarim dapat meningkatkan kapasitas kerjasama dengan perusahaan teknologi yang besar. Hal ini diharapkan agar bisa memasukan teknologi baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Juga diharapkan dapat mencetak SDM yang unggul di industri nasional, melalui sistem pembelajaran berstandar teknologi yang maju di Tanah Air.

Kehadiran teknologi pada sistem pendidikan memang sangat penting dan akan berdampak pada kualitas SDM yang dihasilkan. Semoga dengan dilantiknya Nadiem Makarim sebagai Kemendikbud-Ristek dapat menjadikan pendidikan serta riset dan teknologi di Indonesia semakin maju ya chingu.

Baca juga:

Nah itu dia informasi seputar pelantikan Nadiem Makarim sebagai Kemdikbud-Ristek. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi mengenai berita ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *