Halo Sobat Campuspedia! Setelah kamu dinyatakan sudah lulus kuliah, tahap selanjutnya dalam kehidupanmu pastinya adalah mencari pekerjaan. Namun, hal tersebut sering kali malah menjadi permasalahan yang menghantui dan membuat pusing kepala, bukan? Oleh sebab itu, kamu harus tahu nih tips fresh graduate agar cepat dapat kerja berikut ini!

Bagi kamu lulusan baru, mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion bukanlah hal yang mudah, ho! Hal ini disebabkan karena lowongan kerja bagi fresh graduate yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja setiap tahunnya.

Hal tersebut menyebabkan zaman sekarang, modal ijazah saja tidaklah cukup. Kamu diharuskan untuk dapat memiliki nilai jual yang lebih agar dapat bersaing dengan pencari kerja yang lain. Skill yang mumpuni dan attitude yang baik wajib kamu miliki agar lebih lancar ketika mencari kerja. Penasaran dengan tips-tipsnya? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 

1. Tips Fresh Graduate Pertama: Perhatikan Hal Sederhana yang Diinginkan oleh Perusahaan

Dalam dunia kerja, dapat dipastikan kalau kamu tidak dapat seenaknya, ya! Sesantai apapun suatu perusahaan atau tempat pekerjaan, pastinya juga ada etika kerja yang tetap harus dipatuhi.

Sebelum mendaftar kerja, alangkah baiknya kamu memahami dengan baik terlebih dahulu etika yang ada di dunia kerja. Coba kesampingkan terlebih dahulu tuntutan spektakuler yang berkaitan dengan hardskill. Hal ini disebabkan karena sebenarnya ada banyak hal sederhana, tetapi penting yang sering kali diabaikan oleh para pencari kerja.

Salah satunya seperti etika untuk memasukkan lamaran pekerjaan menggunakan email yang baik dan benar, kurang melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin dimasuki, dan memiliki kemampuan komunikasi yang masih kurang ketika interview.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan attitude di dunia maya, lho! Hal ini disebabkan karena kebanyakan perusahaan sekarang sudah mulai mempertimbangkan jejak digital ketika merekrut seorang karyawan.

Baca Juga: 

2. Jangan Lupa untuk Memperbaiki Kualitas Curriculum Vitae (CV) yang Kamu Miliki

Jangan Lupa untuk Memperbaiki Kualitas Curriculum Vitae (CV) yang Kamu Miliki

Tips fresh graduate yang pertama ini mengenai Curriculum Vitae. CV adalah alat yang dapat kamu gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan dirimu ketika melamar pekerjaan. Saat melamar pekerjaan, isi CV sering kali menjadi salah satu pertimbangan besar bagi perusahaan, lho!

Bagi kamu fresh graduate, pastikan kamu membuat CV semenarik mungkin, ya! Jangan hanya membuat CV yang polos, cobalah untuk membuat desain yang menarik dan sedap dipandang mata, ya!

Selain itu, jika kamu melamar pekerjaan di posisi yang berhubungan dengan bidang kreativitas, maka usahakan kamu membuat CV yang inovatif, kreatif, dan bahkan out of the box, ya! Jangan lupa juga untuk memperhatikan isi CV-mu, ya!

Tidak perlu bertele-tele, sampaikan saja informasi penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Usahakan isi CV-mu itu singkat, padat, dan mudah dipahami.

3. Bangun Networking Lebih Luas Lagi

Bangun Networking Lebih Luas Lagi

Bagi kamu yang belum tahu, sebenarnya membangun networking itub bukan hanya dikhususkan untuk kaum pekerja saja, lho! Hal ini disebabkan karena lulusan baru yang ingin mendapatkan pekerjaan sebenarnya juga membutuhkan networking nih, Sobat Campuspedia!

Alangkah baiknya kamu mulai pandai-pandai bergaul sejak sekarang untuk mencari teman-teman baru. Tahukah kamu, sebenarnya ada banyak sekali kesempatan yang berkaitan dengan pekerjaan dan terbuka karena adanya jaringan pertemanan.

Bagi kamu yang masih tertutup dengan dunia luar, cobalah sesekali untuk membuka diri ke semua orang. Bertemanlah tanpa memandang apapun, asalkan hal tersebut tidak toxic. Namun, perlu diingat juga kalau kamu tidak boleh berteman karena ada maksud terselubung, ya! Cobalah berteman dengan tulus agar mendapatkan kualitas yang lebih baik nantinya.

Baca Juga: 

4. Pamerkan Portofolio yang Kamu Miliki Melalui Dunia Maya

Bagi kamu yang belum tahu, portofolio merupakan salah satu hal penting agar perusahaan dapat menilai kecakapan atau kemampuanmu dari hasil pekerjaan yang telah kamu lakukan.

Nah, kamu dapat memamerkan portofolio secara online melalui dunia maya. Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk pamer hasil karyamu.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Platform Pencari Lowongan Kerja dengan Optimal

Pastinya, kebanyakan dari kamu sangat menyukai main media sosial, bukan? Cobalah sesekali untuk memanfaatkan media sosialmu buat cari lowongan lulusan baru, ya! Di era serba digital seperti sekarang, sudah banyak perusahaan yang mulai menyebarkan informasi seputar lowongan pekerjaan melalui internet, lho!

Kamu bisa mengikuti akun-akun lowongan kerja yang tersedia. Setelah itu, pantau terus lowongan-lowongan yang mereka share, jika ada yang menurutmu sesuai dengan keahlianmu, langsung daftar saja.

Tahukah kamu, salah satu masalah para fresh graduate saat melamar kerja itu terlalu banyak tanya. Daripada begitu, cobalah langsung action saja mengacu pada detail informasi yang tersedia.

Baca Juga: 

6. Tips Fresh Graduate Keenam: Kembangkan Skill atau Keahlianmu

Kembangkan Skill atau Keahlianmu

Bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, alangkah baiknya kamu memanfaatkan waktu untuk belajar skill-skill baru yang kira-kira dibutuhkan dunia kerja saat ini, ya!

Lebih baik kamu aktif melakukan kegiatan yang positif. Kamu bisa mempertajam skill atau belajar keterampilan baru yang nantinya dapat kamu jadikan sebagai bekal ketika nanti ada info lowongan pekerjaan nih, Sobat Campuspedia!

Tidak ada salahnya juga belajar hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital. Kamu pasti tahu, kalau saat ini industri digital tengah naik daun. Salah satunya adalah keahlian seputar Digital Marketing yang akan sangat berguna jika kamu dalami.

Yuk, Segera Upgrade Kemampuanmu Agar Dapat Bersaing di Dunia Kerja Nantinya!

Apakah kamu ingin meningkatkan skill untuk menunjang dunia karier? Apakah kamu ingin mengetahu tips fresh graduate agar dapat menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja?

Yuk, Segera Upgrade Kemampuanmu Agar Dapat Bersaing di Dunia Kerja Nantinya!

Untuk menjawab semua pertanyaan dan kebingunganmu, kamu bisa nih ikutan online career class edisi “The Ultimate Guide Getting the Graduate Job You Want” pada 14 April 2021 pukul 19.30 WIB bersama Dio Rizky Anamia, HR Practicioner. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

What will you learn:

  • Kisi-kisi bahasan
  • Get to know more about yourself
  • Develop your own personal brand
  • Understand the channels for promoting yourself
  • Build confidence in the transition from University to work
  • Understand what employers are really looking for in good candidates”

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *