Tri Dharma Perguruan Tinggi bukanlah istilah asing, terutama bagi Campuspedia Friends yang saat ini sedang menjadi mahasiswa. Tapi sayangnya, masih banyak mahasiswa yang belum paham dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. 

Apa sih sebenarnya isi Tri Dharma Perguruan Tinggi itu? Lalu bagaimana implementasinya dalam kehidupan mahasiswa? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul jika kita berbicara tentang tiga asas dasar perguruan tinggi itu.

Baca juga:

Eits! Jangan bingung yah, Campuspedia Friends. Jawaban dari pertanyaan tersebut telah Campuspedia rangkum untuk kamu. 

Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi?

Tri Dharma Perguruan Tinggi sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta. “Tri” artinya tiga, sedangkan “Dharma” artinya kewajiban. Jadi kalau diartikan dari segi padanan bahasa, arti Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang dianut oleh perguruan tinggi. Oleh karena itulah Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu ada di kampus manapun, Campuspedia Friends.

Isi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Menurut Pasal 1 ayat 9 Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi, isi Tri Dharma Perguruan Tinggi ada tiga. Apa saja?

Pertama adalah “Pendidikan”, yaitu upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Pendidikan dilakukan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya.

Kedua, “Penelitian” yakni kegiatan untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan, yang berkaitan dengan pemahaman atau pengujian suatu cabang ilmu tertentu. Kegiatan penelitian ini dilakukan sesuai kaidah dan metode ilmiah yang ada secara sistematis.

Ketiga, “Pengabdian kepada Masyarakat”. Pada kegiatan ini, seluruh warga kampus memanfaatkan ilmunya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga:

Implementasi Sebagai Mahasiswa

Mengetahui isi Tri Dharma Perguruan Tinggi saja tidak cukup, Campuspedia Friends juga perlu mengimplementasikannya dalam kehidupan sebagai mahasiswa. Kalau dibaca sekilas memang tampak agak berat. Tapi kalau diterapkan, sebenarnya tidak sulit-sulit amat, kok.

Pada kegiatan “Pendidikan”, Campuspedia Friends cukup berlaku sebagaimana peserta didik semestinya. Alias belajar, belajar, dan belajar. Jangan pernah skip kelas atau titip absen, yah!

Untuk kegiatan “Penelitian” umumnya mahasiswa akan melakukan ini ketika berada di tingkat akhir. Apalagi kalau bukan skripsi! Ingat, dengan membuat skripsi berarti kamu sudah berjasa dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi lho. Selain skripsi, kegiatan penelitian lainnya yang bisa dilakukan mahasiswa dapat berupa praktikum atau penelitian sederhana yang dilakukan selama kuliah.

Terakhir, kegiatan “Pengabdian kepada Masyarakat”. Salah satu bentuk implementasi kegiatan ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam masa KKN, mahasiswa perlu memberikan inovasi atau kegiatan lainnya yang dapat membangun lingkungan sekitarnya. Selain KKN, mengikuti program magang juga termasuk ke dalam kegiatan pengabdian.

Baca juga:

Tri Dharma Perguruan Tinggi diciptakan bukan hanya sebagai asas kewajiban semata. Lebih jauh dari itu, Tri Dharma Perguruan Tinggi juga memengaruhi kegiatan kampus. Karena sesuai artinya, tri dharma tersebut harus dijadikan sebagai patokan oleh setiap universitas dalam menjalankan roda pendidikan.

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *