Hallo sobat Campuspedia! Apa aja sih pertimbangan kamu saat memutuskan untuk berkuliah di perguruan tinggi? Pasti banyak banget, mulai dari reputasi kampus, jurusan, lokasi kampus, hingga biaya hidup selama kamu berkuliah. Di artikel ini secara khusus akan membahas biaya hidup di beberapa Kota termahal dan termurah di Indonesia. Penasaran Simak selengkapnya di artikel ini!

Baca juga:

Kota dengan Biaya Hidup Murah

Solo

Solo dikategorikan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Sebagai informasi, biaya makan dengan lauk sayur dan gorengan, cukup menghabiskan 7-10 ribu rupiah saja. Untuk biaya tempat tinggal atau kos, menghabiskan uang sebanyak 2-3 juta rupiah.  Dengan begitu, kamu hanya perlu mempunyai uang sekitar 500-700 ribu rupiah per bulan, udah bisa hidup di kota ini dengan layak dan tenang. 

Cirebon 

Jika solo berada di Jawa Tengah, Cirebon merupakan kota dengan biaya hidup termurah di wilayah Jawa Barat. Nggak jauh dari kota Solo, biaya untuk makan, tempat tinggal, dan transportasi di Kota Cirebon memerlukan biaya sekitar 600-800 ribu perbulan. Gimana, kamu tertarik untuk berkuliah di Kota ini?

Yogyakarta

Mungkin udah nggak asing  kalo Yogyakarta termasuk kota dengan biaya hidup murah. Untuk biaya makan yang terdiri dari nasi, sayur, dan telur menghabiskan biaya kurang lebih 10 ribu rupiah. Biaya tempat tinggal untuk kos bulanan sekitar 300-500 rb dan kontrakan tahunan sebesar 5-7 juta rupiah. Sehingga biaya rata-rata yang perlu dikeluarkan untuk tinggal di kota ini adalah sebesar 800 ribu rupiah perbulan

Baca juga: 

Kota dengan Biaya Hidup Mahal

Jakarta

Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Total biaya yang perlu dikeluarkan per bulannya adalah sekitar 4,5 hingga 8 juta rupiah. Hal ini dikarenakan biaya makan, tempat tinggal, dan transportasi di Jakarta memang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya.  

Jayapura 

Ibu kota Papua ini menduduki posisi kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Papua memang mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya namun dengan pengeluaran biaya hidup yang tinggi juga. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk tinggal di kota ini adalah sebanyak 4 hingga 7 juta rupiah perbulan. 

Baca juga:  

Ternate 

Di posisi ketiga kota dengan biaya termahal di Indonesia adalah berasal dari wilayah timur, yaitu Ternate. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk tinggal di kota ini menurut Badan Pusat Statistik atau BPS adalah sebanyak 6.4 juta rupiah perbulan. 

Nah itu dia deretan kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah hingga termahal. Kamu tertarik untuk hidup di kota dengan biaya hidup murah atau mahal nih sobat? 

Yuk bagikan informasi ini ke teman-temanmu biar mereka juga tau!

Jangan lupa follow akun kita juga  di , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan informasi keren lainnya  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *