Hallo Campuspedia Friends! Biasanya orang-orang tuh suka mengincar beasiswa yang punya nama besar, contohnya LPDP. Ini karena mereka mau mencari beasiswa terpercaya tapi sekaligus yang punya benefit beasiswa penuh. Tapi selain LPDP, ada lho beasiswa luar negeri yang memberikan beasiswa penuh dan tentunya terpercaya. Yaitu beasiswa Australia Awards.

Baca juga : 

Apa itu Beasiswa Australia Awards?

Beasiswa Australia Awards merupakan beasiswa yang setiap tahunnya diadakan oleh Pemerintah Australia untuk para pelajar internasional yang mau melanjutkan kuliah S2 dan S3 di universitas-universitas terkemuka di Australia. Adapun kampus terkemukanya yaitu Monash University, Deakin University, La Trobe University, Victoria University, dan masih banyak lagi.

Program bidang studinya pun berhubungan dengan ekonomi, infrastruktur, sosial pemerintah, dan human development. Dimana bidang tersebut masih ada cabang jurusannya lagi.

Tahun ini, akhirnya beasiswa Australia Awards kembali dibuka lho. Kalau kamu mau lihat persyaratannya kamu bisa lihat di website resmi

Udah baca persyaratannya, tapi kayanya susah ya dapet beasiswanya?

Beasiswa Australia Awards memang terlihat sulit, apalagi ini merupakan salah satu beasiswa yang paling ditunggu oleh beasiswa hunter. Maka dari itu Minca disini mau ngebahas tips lolos beasiswa Australia Awards 2021.

Baca juga : 

1. Perhatikan batas waktu

Beasiswa Australia Awards punya deadline yang cukup panjang, yaitu 30 April 2021. Tapi bukan berarti kamu leha-leha ya. Ada banyak hal yang mesti kamu persiapkan dan itu ga bisa makan waktu sehari. Kamu kalau ngerjain dadakan, kamu malah kelabakan sendiri karena belum ada yang beres.

2. Baca teliti informasi mengenai beasiswa

Kamu bisa gagal kalau kamu gak baca secara cermat informasinya. Coba inisiatif mencari informasi dan juga jangan lupa perhatikan baik-baik apa saja persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar beasiswa Australia Awards. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, itu bisa jadi modal awal kamu buat lolos lho. Kamu jadi bisa antisipasi nih dengan segala hal saat proses pendaftaran.

3. Isi formulir dengan lengkap

Saat pendaftaran nanti, kamu akan diminta untuk mengisi aplikasi formulir pendaftaran. Isi dengan lengkap dan teliti ya, jangan sampai ada kesalahan saat kamu mengisi formulirnya. Terus juga jangan sampai melewati tenggat waktu. Kesalahan fatal banget kalau kamu sampai terlewat tanggalnya. Untuk pengisian formulir kamu bisa buka di link

4. Lengkapi dokumen yang diminta

Selain pengisian formulir, kamu  juga akan diminta untuk melengkapi proses pendaftaran. Dokumen yang diminta meliputi :

– Dokumen Utama : Dokumen utama di sini yang dimaksud adalah dokumen ijazah, akta kelahiran, transkrip nilai, KTP, dan lain-lain yang wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Jika dokumenmu belum diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, lakukan penerjemahan dokumenmu di lembaga yang berwenang seperti pusat pelatihan bahasa di universitas-universitas besar. Untuk dokumen yang dilegalisir, harus melalui pihak notaris atau kantor-kantor yang mengeluarkan dokumen tersebut.

– TOEFL / IELTS : Agar “lamaran” beasiswamu diterima, setidaknya kamu punya skor TOEFL minimal 500 (untuk paper-based TOEFL) atau skor IELTS minimal 5,0 untuk kamu yang ingin mengambil beasiswa di jenjang pendidikan S2. Sementara untuk beasiswa di jenjang pendidikan S3, setidaknya kamu memiliki skor TOEFL sebesar 530 atau memiliki skor IELTS sebesar 6,0.

– Transkrip Nilai : Salah satu dokumen yang paling dilihat adalah transkrip nilai. Untuk beasiswa AAS ini, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang disyaratkan untuk menjadi kandidat penerima beasiswa AAS sekurang-kurangnya adalah 2,9 atau 2,75 (dari skala 4,0) jika kamu berdomisili di kawasan geografis prioritas yang terdiri dari Papua, Papua Barat, NTB, NTT, dan Aceh.

Untuk lengkapnya bisa nih lihat di link

5. Sudah tahu kampus yang dituju

Perlu kamu ketahui, pengajuan beasiswa AAS akan dikirimkan ke kantor AAS sebagai pembiaya, bukan ke universitas di Australia yang ingin kamu tuju. Jadi sembari kamu melengkapi persyaratan, coba deh cari informasi universitas dan jurusan/fakultas yang cocok denganmu disana. Kamu perlu juga untuk menentukan bidang mana yang ingin kamu pelajari.

Baca juga : 

Nah itulah tips lolos beasiswa Australia Awards 2021. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera daftar! Memulai dari sekarang kamu sudah selengkah ke depan dari orang lain lho.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *