Hallo job seeker! Buat kamu yang sering gagal di tahap interview, atau belum pernah dapat panggilan interview, mungkin kamu melakukan kesalahan yang bikin HRD nggak tertarik. Tenang, di artikel ini Campuspedia akan memberikan beberapa tips supaya HRD jatuh hati sama kamu. Apa aja itu? Langsung cek artikel di bawah ini ya.

CV yang Baik dan Menarik

Untuk bisa membuat HRD tertarik, kamu bisa memulainya dengan membuat CV yang baik dan menarik. Dalam CV, cantumkan informasi seperlunya dan jangan pernah berbohong mengenai informasi tersebut. Agar CV tersebut terlihat menarik dan tidak membosankan, kamu bisa membuat CV kreatif dengan tampilan yang memukau dan warna yang menarik. Manfaatkan aplikasi dan template yang banyak tersedia di internet.

Namun kamu harus tetap memperhatikan bahwa yang paling terpenting dari CV ini adalah informasi yang terkandung di dalamnya. Jangan berlebihan dalam menuliskan hal yang sebetulnya tidak pernah terjadi. Jangan juga mendesain CV kamu dengan terlalu mencolok, hanya karena ingin terlihat menarik

Baca juga:

Portofolio

Bagi beberapa bidang pekerjaan, beberapa perusahaan akan meminta portofolio. Walaupun terkadang portofolio tidak diwajibkan, jika kamu mencantumkan portofolio, hal itu akan memberimu nilai tambah. HRD akan lebih mudah menilai record pengalaman kerja kamu sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk melampirkan portofolio.

Attitude saat Mengirim Lamaran

Jika kamu mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email, pastikan kamu tetap memperhatikan attitude. Pastikan kamu mengisi subjek email, body email dengan kalimat yang menggambarkan tujuan kamu mengirim email tersebut, dan file lamaran yang dikirimkan sebaiknya berbentuk pdf. Jika  file yang dilampirkan banyak, kamu bisa mengubahnya menjadi satu folder dalam bentuk rar zip. Hal ini akan memudahkan HRD dalam melihat seluruh file lamaran kamu.

Baca juga:

Saat Interview

Tidak sedikit orang yang sudah lolos tahap administrasi namun berkali-kali gagal pada tahap interview. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika interview adalah:

  • Attitude 

Saat interview, pastikan kamu mempunyai attitude yang baik. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan HRD. Selain dari konteks jawaban, HRD akan memperhatikan cara kamu menjawab, bagaimana cara kamu menanggapi pertanyaan tersebut, gestur tubuh, dan kontak mata. 

Attitude yang baik bisa kamu lakukan dengan menunjukan antusias di setiap pertanyaan, gestur tubuh yang nggak berlebihan dan mengganggu, serta mata yang selalu berusaha menatap HRD. Kontak mata ini dalam komunikasi dianggap sebagai tanda bahwa kamu menghargai lawan bicaramu.

  • Skill set

Ceritakan semua skill yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, bagaimana cara kamu menyelesaikan pekerjaan, memecahkan masalah, kemampuan kamu dalam mencapai target yang harus dicapai, dan lain sebagainya. Jangan pernah berbohong tentang skill ini karena sewaktu-waktu, kebohongan tersebut akan menjadi bumerang bagi kelangsungan pekerjaan nantinya.

  • Penampilan 

Yang penting lainnya adalah penampilan saat kamu interview. Pastikan pakaian yang kamu gunakan, menggambarkan keseriusan dan kesiapan kamu bekerja. Jadi pastikan, kamu menggunakan pakaian yang sesuai, rapi, dan tidak mengganggu.

Baca juga:

Itu dia hal yang bisa kamu lakukan agar dapat membuat HRD tertarik. Pastikan kamu mencobanya dan semoga hasilnya kamu bisa diterima bekerja di tempat yang kamu inginkan. 

Biar kamu gak ketinggalan informasi keren dan menarik lainnya, yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *