Lulus kuliah dan menjadi Sarjana merupakan harapan setiap mahasiswa. Banyak hal yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah, termasuk bekerja. Namun tidak sedikit orang yang setelah lulus kuliah, kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Buat kamu yang tidak ingin hal ini terjadi, pastikan untuk membaca artikel ini sampai akhir karena ada tips agar tidak kelamaan menjadi pengangguran setelah lulus. Bagaimana cara agar tidak menjadi pengangguran setelah lulus kuliah? Berikut adalah cara yang bisa dilakukan!

Persiapkan Sejak Kuliah

Untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan lebih mudah, kamu bisa mempersiapkannya sejak di bangku kuliah. Kamu bisa mempersiapkannya mulai dari hal yang sederhana, seperti memperluas relasi dan aktif di organisasi. 

Memiliki relasi yang luas akan meningkatkan peluang dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Kamu bisa menjalin relasi, baik dengan sesama mahasiswa, dosen, maupun orang-orang penting di suatu instansi, seperti atasanmu ketika magang wajib dari kampus.

Aktif berorganisasi juga sangat dianjurkan ketika kuliah. Dengan aktif berorganisasi, kamu akan semakin terlatih dalam soft skill yang tidak kamu dapat ketika belajar di kelas. Soft skill tersebut diantaranya adalah manajemen waktu, kemampuan mengutarakan pendapat, leadership, dan lain sebagainya. Skill tersebut akan sangat berguna di dunia kerja. Selain itu, dengan aktif berorganisasi, kamu akan mengenal lebih banyak orang. Orang-orang tersebut berpotensi membantu kamu di dunia kerja. 

Baca juga:

Mengikuti Job Fair

Job fair merupakan suatu acara yang menjadi media atau wadah untuk mempertemukan banyak perusahaan dengan para pencari kerja. Ini merupakan kesempatan besar bagi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan. Job fair biasanya diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan sebagainya. Selain di kota-kota besar, bagi sebagian kampus sudah secara rutin mengadakan layanan sejenis dengan nama Career Development Center atau berupa akun media sosial yang menyediakan banyak informasi terkait lowongan pekerjaan. Kamu bisa langsung mengunjungi  Career Development Center  atau selalu update informasi lowongan pekerjaan di akun media sosial  tersebut. 

Mengikuti Magang

Saat kuliah biasanya terdapat matkul wajib untuk mengikuti magang. Selain matkul wajib, kamu juga bisa mengikuti magang mandiri untuk lebih melatih diri di kehidupan dunia kerja. Dengan magang, selain kamu belajar juga akan merasakan dinamika dunia kerja sehingga kamu akan lebih siap untuk bekerja. Selain itu, jika performa kerja kamu bagus, kamu memiliki peluang untuk diangkat menjadi karyawan. Jadi pastikan, kamu bersungguh-sungguh ketika magang dan tunjukan kinerja terbaikmu.

Baca juga:

Portofolio dan CV Terbaik

Untuk dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan, pastikan kamu mempunyai karya, pengalaman kerja, dan data diri yang bisa diperlihatkan kepada recruiter dalam bentuk portofolio atau CV. Kamu bisa mempersiapkan karya tersebut sejak kuliah atau bahkan ketika kamu lulus. Karya tersebut harus merepresentasikan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, recruiter akan lebih mudah memproses dan potensi kamu mendapat pekerjaan semakin besar.

Baca juga:

Berwirausaha dan Terus Belajar

Jika kamu belum memiliki banyak pengalaman dan skill sesuai dengan kualifikasi suatu perusahaan, kamu bisa membuat pengalaman tersebut dengan memulai berwirausaha dan terus meningkatkan skill dengan terus belajar. 

Dengan berwirausaha, selain mendapatkan pekerjaan untuk diri sendiri, kamu juga berpotensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Jika belum berani berwirausaha, kamu bisa memanfaatkan waktu menganggur dengan mengasah skill. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengikuti pelatihan, mengikuti kelas rutin, kursus, seminar, dan lain sebagainya, sehingga setidaknya kamu mempunyai satu skill yang bisa diunggulkan ketika melamar pekerjaan. 

Biar kamu gak ketinggalan informasi keren dan menarik lainnya, yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *