Halo sahabat Campuspedia! Pelaksanaan SNMPTN dan UTBK tak terasa sudah semakin dekat, nih. Kira-kira masih adakah di antara kalian yang kebingungan untuk menentukan jurusan kuliah? Bingung mau ambil jurusan favorit atau kampus favorit? Sebenarnya lebih baik memilih yang mana, jurusan yang favorit atau kampus yang favorit? Kalau kamu termasuk dari salah satu orang yang masih suka kebingungan, yuk simak informasi di bawah ini! Sebelum membahas lebih jauh, kita pahami dulu kenapa beberapa jurusan disebut sebagai jurusan favorit dan kampus favorit.

Baca juga:

Jurusan Favorit Itu Yang Gimana?

Mengapa beberapa jurusan disebut sebagai jurusan favorit? Arti dari jurusan favorit itu sebenarnya cukup luas. Tetapi rata-rata jurusan tersebut menjadi favorit karena banyaknya jumlah murid yang mendaftar kesana sehingga persaingannya pun menjadi ketat. Lalu kita kembalikan lagi, mengapa banyak orang berebut masuk kesana? Jawabannya adalah karena jurusan tersebut dinilai memiliki prospek kerja yang cemerlang dan ilmu konsentrasi yang dipelajari cukup umum. Oleh sebab itu, banyak sekali calon mahasiswa baru yang berbondong-bondong masuk ke dalam jurusan tersebut.

Dilansir dari LTMPT, beberapa jurusan yang menjadi jurusan favorit tahun 2020 adalah sebagai berikut:

SAINTEK:

  1. Kedokteran
  2. Teknologi Informasi
  3. Teknik Industri
  4. Teknik Sipil
  5. T. Elektro

SOSHUM:

  1. Manajemen
  2. Akuntansi
  3. Hubungan Internasional
  4. Komunikasi
  5. Hukum Psikologi

Jurusan-jurusan tersebut rupanya menjadi jurusan yang paling banyak diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa baru pada tahun 2020. Jurusan favorit pada tahun 2020 tersebut juga tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, memang jurusan-jurusan tersebut yang selalu menjadi incaran mahasiswa baru. Misalnya Teknik Industri, lulusan dari Teknik Industri mampu menguasai banyak bidang secara umum sehingga prospek yang ditemukan juga banyak. Pun akuntansi, hampir di semua instansi baik swasta maupun pemerintahan, akuntansi selalu dibutuhkan. Dari pembahasan jurusan favorit, yuk kita bahas mengenai kampus favorit.

Kalau Kampus Favorit?

Kalau kampus favorit ini memang dari tahun ke tahun peringkatnya mengalami perubahan, tetapi rata-rata memang beberapa universitas yang dijulusi sebagai kampus favorit tidak berubah. Kampus-kampus tersebut dijuluki sebagai kampus favorit karena dinilai sebagai kampus terbaik yang ada di Indonesia. Beberapa kampus yang dijuluki sebagai kampus favorit di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Universitas Padjajaran
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universitas Hasanudin
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Airlangga

Baca juga:

Beberapa kampus tersebut dinilai memiliki reputasi yang baik dalam dunia pendidikan, kampus-kampus tersebut juga melahirkan lulusan-lulusan cemerlang. Sehingga orang lain merasa terpacu untuk dapat mengenyam pendidikan di tempat yang sama dengan mereka. Dari lulusan-lulusan tersebut, terbentuk juga ikatan alumni yang kuat sehingga biasanya hal tersebut juga akan menjadi manfaat yang teramat besar bagi mahasiswanya.

Lalu, dari pembahasan-pembahasan di atas, manakah yang tepat untuk kalian? Apakah jurusannya atau kampusnya?

Lalu Pilih Yang Mana?

Kalau ditanya tentang hal ini, memang jawaban orang-orang semuanya berbeda-beda. Ada yang sejak awal bersikeras untuk masuk ke jurusan yang sesuai dengan passion mereka, tetapi ada juga yang ambisius untuk masuk ke universitas-universitas favorit. Pun, menurut Minca pertanyaan ini tidak memiliki jawaban benar maupun jawaban salah. Mungkin Minca akan berikan sedikit pendapat saja mengenai apa yang akan kamu dapatkan ketika memilih jurusan favorit maupun kampus favorit.

Kalau kamu memilih jurusan favorit dan merasa tidak masalah mengenyam pendidikan di universitas manapun, itu merupakan hal yang baik untuk dirimu. Berarti kamu sudah bisa menentukan keinginan, passion, dan masa depan yang kamu inginkan. Sejatinya semua orang belajar sama saja dimanapun tempat mereka berada, yang membedakan adalah tiap-tiap individu itu sendiri. Berada di universitas favorit atau tidak, semuanya tidak masalah, kalau kamu niat belajar maka kamu bisa memiliki kualitas terbaik. Sementara kalau kamu berada di universitas favorit tetapi tidak niat belajar dan menyia-nyiakan kesempatan yang ada, kamu juga tidak akan mendapatkan benefit apapun disana.

Sementara itu, jika kamu memilih kampus favorit, itu juga tidak salah. Mungkin kamu masih belum bisa menentukan jurusan yang kamu inginkan sehingga mencari peluang yang ada dengan masuk ke dalam kampus favorit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali manfaat ketika kamu masuk ke dalam kampus favorit, baik dari segi lingkungan, alumni, fasilitas, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan privellege yang ada tersebut, kamu juga bisa meningkatkan kualitas diri. Masalah jurusannya, kamu bisa lebih tekun belajar dan mencari tahu tentang jurusan tersebut supaya kamu bisa lebih mendalami.

Baca juga:

Jadi, tidak ada salahnya ya, mau kamu memilih jurusan favorit atau kampus favorit. Atau mungkin dua-duanya tidak disebut sebagai favorit, semuanya sesuaikan dengan keinginan kamu! Tidak ada yang paling tahu tentang dirimu selain diri kamu sendiri, sehingga jangan ragu dan tidak perlu dengarkan omongan orang lain. Masa depan kamu ada di tanganmu sendiri!

Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *