LOLOS atau Gagal SNMPTN, Lakukan Langkah Berikut Ini! – Dear pejuang PTN 2021, 22 Maret menjadi hari yang sangat kamu nantikan jika kamu adalah peserta SNMPTN 2021. Minca hanya mau berpesan kalau hasil yang kamu dapatkan pasti merupakan hasil terbaik untukmu. 

Namun, tahun 2021 ini menjadi tahun dimana para pejuang SNMPTN harus mengambil langkah cepat. Artinya, baik nanti kamu lolos maupun gagal, kamu harus segera bertindak. Nah hal-hal apa saja yang mesti kamu lakukan? Yuk simak informasinya berikut ini. 

Baca juga:

Hal yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Dinyatakan Lolos SNMPTN 2021 

Bismillah, dengan nada penuh doa kamu membuka link pengumuman SNMPTN 2021. Kabarnya dalam link tersebut muncul identitasmu kemudian di akhiri dengan deret berwarna hijau dengan bunyinya, ‘SELAMAT KAMU DINYATAKAN LOLOS SNMPTN 2021” 

Tentu hari itu sangat membahagiakan untukmu. Selamat ya untuk kamu yang nanti mendapat kabar bahagia ini. Nah biasanya setelah kamu dinyatakan lolos SNMPTN, pada laman SNMPTN kamu akan diarahkan untuk verifikasi data.

Adapun gambarannya adalah sebagai berikut. 

  1. Melakukan verifikasi data pada PTN yang dituju dengan melihat kebijakan yang ditetapkan masing-masing PTN. Persiapkan dokumen yang diperlukan seperti nilai rapor pendaftar,portfolioasli, Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021, serta Surat Keterangan Lulus (SKL).
  2. Memeriksa syarat yang ditetapkan PTN Tujuan. Terdapat PTN yang mewajibkan pendaftar mengumpulkan dokumen versi cetak tetapi ada pula yang hanya membutuhkan versi scan saja. Ketahui pula dokumen tambahan yang ditentukan PTN secara khusus.
  3. Melakukan verifikasi bagi pendaftar pemegang KIP-Kuliah. Nantinya pihak panitia akan melakukan pemeriksaan data akademik dan data kondisi ekonomi. Hal ini disesuaikan dengan kebijakan PTN tempat kamu diterima.
  4. Melakukan pendaftaran ulang SNMPTN 2021 sesuai batas waktu yang ditentukan dengan melihat website resmi PTN. Pendaftar yang sudah terverifikasi datanya dan sudah melakukan registrasi ulang akan gugur kesempatannya mengikuti SBMPTN 2021.
  5. Mencari informasi terkait jurusan atau program studi tujuan. Hal ini sangat penting untuk membuatmu lebih siap dalam menempuh studi di Perguruan Tinggi.
  6. Mencari informasi prospek kerja dan peluang karier setelah lulus. Carilah gambaran jenis pekerjaan yang dapat ditempuh setelah lulus. Selain bisa bekerja sesuai bidang studi, kamu juga dapat membuka peluang usaha sendiri.
  7. Mencari beasiswa untuk bantuan studi. Bagi kamu yang tidak termasuk penerima KIP-Kuliah, mencari beasiswa bantuan pendidikan sangat penting dilakukan. Terdapat beasiswa yang membantu mahasiswa dalam membayar SPP per semester, uang praktikum, biaya pembelian buku, dan sebagainya.
  8. Mencari tempat tinggal dekat PTN, seperti kost dan rumah kontrakan yang memberikan kemudahan akses menuju kampus. 

Ini Bukan Akhir, Coba Lakukan Hal Berikut Ketika Dinyatakan Gagal SNMPTN 2021 

Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku — Umar bin Khattab

Situasi kali ini membutuhkan mental yang sangat kuat dari para pejuang PTN. Sebab, jika kamu dinyatakan gagal SNMPTN, mau tidak mau kamu harus mengikuti UTBK-SBMPTN. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pendaftar SNMPTN tidak diperkenankan mendaftar SBMPTN sebelum ada pengumuman SNMPTN. 

Artinya kamu hanya bisa mendaftar sejak 22 Maret setelah SNMPTN resmi diumumkan. Tentu saja hal ini berlaku bagi kamu yang tidak lolos di jalur SNMPTN. Sebab kalau kamu dinyatakan lolos SNMPTN, sistem LTMPT otomatis akan menolak pendaftaran kamu. 

Hal tersebut dimaksudkan agar para peserta yang lolos SNMPTN benar-benar berkomitmen untuk berkuliah. Alhasil mau tidak mau PTN dan prodi dari SNMPTN tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan cara mengikuti prosedur verifikasi data. 

Bagi kamu yang nanti gagal SNMPTN, jangan berkecil hati. Mulai dari adanya informasi ini kamu bisa tahu langkah yang sebaiknya kamu ambil. Yuk simak! 

1. Kembali Fokus 

Ketika ditimpa kegagalan, apalagi seleksi masuk kampus, sebagian besar orang pasti merasa sedih dan kecewa. Banyak respons yang biasanya dilakukan, seperti mengurung diri di kamar, ghosting dari sosial media, bahkan mogok bicara hingga mogok makan. 

Namun karena waktu yang singkat, kamu tidak boleh membiarkan dirimu berlama-lama dalam keterpurukan atas kegagalan tersebut. Kamu harus segera bangkit dan kembali fokus. Cobalah untuk selalu mendekat pada Sang Pencipta agar kamu diberikan ketenangan dan dapat mengambil keputusan secara rasional. 

Pada masa ini satu-satunya yang bisa menguatkanmu adalah dengan cara mendekat kepada Tuhan. Selain itu, mintalah dukungan dari keluarga yang bisa membangkitkan semangatmu. Ingat, kamu tidak benar-benar gagal, yang ada kamu diminta Tuhan untuk berjuang lebih keras melalui jalur lainnya. Kalau kamu bersungguh-sungguh pasti ada jalannya. Selalu ada hikmah di setiap kegagalan. KAMU PASTI BISA. 

2. Segera Daftar SBMPTN 

Terhitung pada 22 Maret 2021, pendaftaran SBMPTN sudah memasuki hari ketujuh. Berdasarkan data 20 Maret saja sudah 116.208 peserta yang telah mendaftar UTBK-SBMPTN. Artinya pesaing kamu sangat banyak, waktu yang kamu butuhkan untuk mendaftar pun singkat. 

Kalau tidak segera mendaftar, khawatir pusat UTBK kamu telah kehabisan kuota. Konsekuensinya kamu harus memilih pusat UTBK lain yang mungkin di luar kota atau luar provinsi. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, lebih baik kamu bisa memilih pusat UTBK terdekat dengan segera mendaftarkan diri ya guys! 

3. Pertimbangkan Kembali Jurusan dan Universitas Pilihan

Gagal SNMPTN bisa membuatku mengevaluasi diri. Nyatanya jurusan dan universitas yang aku pilih kemarin kurang sesuai dengan kemampuanku. Artinya jika aku ingin memperjuangkan hal itu, usahaku harus lebih keras karena pesaing jurusan tersebut sangatlah banyak.

Kalaupun akhirnya aku memutuskan pindah jurusan yang lebih realistis, misalnya dengan mengganti universitas dengan klaster lebih rendah, aku bisa mulai mencari alternatif pilihan. Namun hal ini bukan asal-asalan, melainkan juga masih dalam prodi yang aku suka.

Yuk evaluasi diri dengan meresapi sepenggal kisah Minca berdasarkan pengalaman gagal SNMPTN.

Baca juga:

4. Persiapkan Ujian Mandiri 

Selain SNMPTN dan SBMPTN, jalur mandiri juga bisa kamu coba. Jalur mandiri ini merupakan jalur ujian yang dilakukan oleh setiap universitas sehingga sifatnya mandiri. Kamu bisa mencari info langsung melalui website universitas yang kamu tuju. 

jangan khawatir bagi kamu yang keberatan dengan uang pangkal. Saat ini beberapa universitas membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal. Selain itu juga beberapa universitas membuka program KIP-Kuliah meskipun kamu masuk melalui jalur mandiri. 

Jadi, rajin-rajinlah mencari info melalui sumber yang tepercaya. Informasi ini akan sangat berguna dalam menentukan langkah yang akan kamu ambil. Jika merasa belum jelas, koordinasikan dengan guru atau bertanya langsung pada kontak person yang tertera. 

Jika kamu benar-benar berkeinginan untuk menjadi mahasiswa, kamu berusaha dengan sungguh-sungguh, tentu ada jalan yang mengiringi setiap prosesmu. Percaya tujuan mulia itu akan tercapai. Karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di hari esok, tugas kita sekarang adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sebab, jika hari itu akhirnya datang, setidaknya kita telah siap. SEMANGAT PEJUANG! 

Jangan lupa kunjungi  melalui , , , , , dan . Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *