Lulus kuliah S1 merupakan harapan dari setiap banyak orang. Banyak angan yang terbesit untuk melakukan banyak hal jika sudah lulus kuliah. Namun, banyak orang juga yang merasa bingung harus berbuat apa setelah lulus kuliah. Entah itu melanjutkan S2, bekerja, atau menikah, banyak pertimbangan yang dipikirkan. Biar kamu nggak bingung dan bisa memilih dengan tepat, Campuspedia akan membahas apa yang harus dilakukan setelah kamu lulus kuliah.

Lanjut Kerja 

Banyak orang yang berkuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus dan layak. Tujuan dari lulus cepat juga seringkali adalah karena ingin cepat bekerja. Angan-angan mahasiswa berharap ingin cepat bekerja karena dengan bekerja bisa menghasilkan uang sendiri sehingga beberapa kebutuhan bisa terpenuhi. 

Namun, mayoritas mahasiswa hanya membayangkan kehidupan dunia kerja yang  enaknya aja. Tentunya akan banyak tantangan yang harus kamu hadapi di dunia kerja. Kamu harus berani keluar dari zona nyaman, membiasakan dengan jam kantor yang biasanya menghabiskan waktu 6-8 jam perhari, tekanan dari atasan, target pekerjaan, nggak ada libur panjang seperti libur semester dan lain sebagainya. Di dunia kerja, kamu benar-benar akan dituntut untuk menjadi dewasa dan mandiri. Bisa dibilang, kamu juga udah mandiri secara finansial. 

Memilih bekerja setelah kuliah merupakan pilihan yang tepat jika kamu sanggup untuk menanggung semua resiko tadi. 

Baca juga:

Lanjut S2

Buat kamu yang ingin lebih memperdalam bidang ilmu tertentu, melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu Magister (S2) adalah pilihan yang tepat. Namun, apakah melanjutkan S2 sebaiknya dilakukan segera setelah sarjana atau lebih baik menunggu beberapa tahun kedepan? 

Jika kamu mempunyai finansial yang berkecukupan untuk biaya S2, mendapatkan beasiswa, dan tidak ingin bekerja dulu, melanjutkan S2 segera setelah lulus sarjana adalah pilihan yang tepat. Keuntungan melanjutkan S2 segera setelah sarjana adalah pikiran dan semangatmu masih fresh dan sudah terbiasa dengan kehidupan kuliah ketika S1. Keuntungan lainnya, kuliah S2 akan memperdalam pengetahuan mengenai topik yang kamu minati. jadi sudah siapkah kamu untuk kuliah S2 nanti setelah kuliah?

Baca juga:

Lanjut Menikah 

Menikah merupakan salah satu pilihan pasca kuliah selain bekerja dan S2. Sama seperti dua pilihan sebelumnya, menikah tentunya juga mempunyai resiko yang harus diambil. Keuntungan menikah adalah kamu akan mempunyai pasangan yang bisa kamu ajak berbagi suka dan duka, memiliki keluarga baru yang bisa membuat hari-harimu lebih menyenangkan, berpotensi memiliki keturunan yang lebih banyak, dan lain sebagainya. Namun, kamu juga harus siap dengan permasalahan yang akan dihadapi dengan pasangan, siap menjadi orang tua, siap lahir batin, siap secara finansial, siap bertanggung jawab, siap jika waktu bersama teman, waktu menyendiri, waktu untuk liburan akan menjadi terbatas karena harus fokus dengan keluarga, dan lain sebagainya. 

Jika kamu siap dengan keuntungan dan resiko tadi, menikah bisa menjadi pilihan yang kamu ambil setelah lulus kuliah.

Baca juga:

Nah itu dia tiga pilihan yang biasanya menjadi dilema setelah lulus kuliah S1. Semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bebas memilih dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tadi. Pilihan kamu mungkin akan berbeda dengan pilihan orang kebanyakan. Pilihlah sesuai dengan hati kamu, semangat sobat!

Untuk informasi menarik lainnya, yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *