Buku sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh pejuang skripsi. Bagaimana tidak, tingkat keabsahan yang dimiliki buku sangatlah tinggi. Dengan memiliki buku serta membacanya, dijamin skripsi mu akan semakin bagus. Oleh karena itu, referensi buku untuk skripsi sangatlah penting.

Terlebih skripsi adalah karya tulis ilmiah yang sangat menuntut tingkat keilmiahan. Sehingga, sumber-sumber yang kamu gunakan dalam menulis skripsi haruslah sahih.

Selain itu, dengan membaca buku kamu juga akan terbantu saat ujian sidang nanti. Biasanya penguji sidang akan iseng bertanya buku apa saja yang kamu baca. Pertanyaan ini ditujukan agar dosen tahu apa saja referensi buku yang kamu gunakan. Tentu saja pertanyaan tersebut harus kamu jawab dengan mantap.

Baca juga:

Namun, tidak jarang para pejuang skripsi kebingungan bagaimana cara memilih referensi buku untuk skripsi dengan tepat. Tenang saja, Minca kasih bocorannya, yah.

Berikut tips cara memilih buku yang tepat untuk referensi skripsi.

Pahami Topik Penelitian

Sebelum kamu memulai pencarian buku, ada baiknya kamu paham dengan apa yang sedang atau akan kamu teliti. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menentukan apa yang kamu butuhkan.

Setelah itu, kamu bisa mencatat topik apa saja yang ingin kamu cari. Kamu bisa menulisnya dengan kata kunci tentang topik itu, misalnya ‘Metode Penelitian’ atau ‘Analisis Regresi’ dan sebagainya. Lalu, mulailah penelusuran di toko-toko buku, situs online, atau perpustakaan.

Cek Daftar Isi

Setelah kamu menemukan judul buku yang sesuai dengan topik yang kamu cari, selanjutnya kamu perlu mengecek daftar isi buku tersebut. Langkah ini merupakan langkah cepat untuk memastikan apakah buku tersebut benar-benar memuat topik yang kamu maksud.

Apabila kamu menemukannya, lanjutkanlah untuk membaca buku itu dengan baik. Kemudian carilah kalimat-kalimat yang dapat kamu parafrase untuk dimasukkan ke dalam skripsi.

Baca juga:

Lihat Tahun dan Edisi Buku

Langkah yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Mengecek tahun dan edisi buku akan memberi pengaruh kepada kualitas buku yang kamu dapatkan. Carilah buku dengan edisi keluaran tahun terbaru, kecuali jika kamu memang diharuskan untuk mencari buku keluaran tahun tertentu.

Buku-buku baru secara otomatis akan memuat banyak informasi yang baru juga, atau setidaknya revisi dari buku keluaran sebelumnya. Sehingga data-data yang kamu dapatkan dari buku tersebut masih ‘segar’. 

Cek Penulis Buku

Buku yang ditulis oleh ilmuwan terpercaya tentunya akan menambah kredibilitas buku tersebut. Upayakan kamu mencari buku dengan penulis yang demikian.

Misalnya kamu mencari buku tentang konsep milik seorang ahli, pastikan kamu mendapatkan buku yang ditulis oleh ahli tersebut. Dengan demikian, kamu akan membaca buku yang benar-benar menjadi isi kepala sang ahli.

Cek Daftar Pustaka

Ini merupakan salah satu tips jitu dalam mencari buku utama atau sumber pendukung lainnya. Ketika kamu membaca buku atau jurnal, jangan lewatkan daftar pustakanya.

Dari daftar pustaka tersebut, kamu dapat mengetahui sumber apa saja yang dipakai oleh si penulis. Kamu bisa pula mencari sumber tersebut untuk memperkuat sumber referensi skripsi kamu.

Baca juga:

Dengan melakukan lima hal di atas, kamu akan semakin mudah dalam mencari referensi buku skripsi. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan drama perskirpsian. Minca yakin, kamu pasti bisa. Sedikit lagi, hang on there, Campuspedia Friends!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *