Halo sahabat Campuspedia! Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, semua kegiatan dilakukan secara daring. Rapat secara daring, main secara daring, bahkan sekolah dan berkuliah pun juga secara daring. Hal tersebut mengakibatkan kita harus menatap gadget dalam waktu yang lebih banyak daripada sebelumnya. Lantas bagaimana dengan cara menjaga kesehatan mata kita?

Baca juga:

Semua komunikasi dilakukan melalui telepon genggam, sementara informasi dan segala kegiatan lain bisa kita lakukan dengan menggunakan televisi, laptop, atau komputer. Kita harus menatap berbagai macam alat elektronik tersebut secara terus menerus. Kalau tidak dijaga, bahaya loh untuk kesehatan mata kita.

Belajar memang penting, tetapi kesehatan mata kita juga penting. Oleh sebab itu Campuspedia akan merangkum mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan mata saat belajar online.

Banyak Makan Sayur dan Buah-Buahan

Cara menjaga kesehatan mata saat belajar online yang pertama adalah sering makan sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan sudah kita ketahui memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mata.

Untuk kesehatan mata, coba untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, zink, dan lutein juga sangat bagus untuk kesehatan makan. Kamu bisa mengonsumsi wortel, tuna, telur, buah jeruk, dan kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan mata.

Gunakan Kacamata Anti Radiasi

menjaga kesehatan mata

Mungkin kamu belum tahu, meskipun mata kamu tidak minus maupun plus, penting juga loh menggunakan kacamata saat sedang menatap layar elektronik. Kacamata yang bisa kamu gunakan adalah kacamata anti radiasi. Fungsi dari kacamata tersebut adalah untuk meminimalisir radiasi dari layar elektronik agar tidak merusak mata.

Kacamata anti radiasi tersebut bisa kamu gunakan ketika kamu akan menatap layar laptop atau komputer dalam waktu yang lama. Selain meminimalisir radiasi dari layar elektronik, kacamata ini juga dapat melindungi mata agat kamu tidak mudah merasa pusing.

Di tengah pandemi ini kamu bisa menemukan kacamata anti radiasi dimana saja, bahkan anti radiasi ini juga bisa dikombinasikan dengan lensa kacamata minus maupun plus.

Baca juga:

Ambil Jeda Untuk Istirahat

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah mengambil jeda untuk istirahat sejenak. Ketika kamu harus menatap layar gadget untuk waktu yang lama, maka ada baiknya bagi kamu untuk mengambil jeda selama beberapa kali.

Semisal setelah kamu menatap layar laptop atau komputer selama 1 jam, maka ambillah jeda selama lima belas hingga tiga puluh menit. Dengan catatan ketika kamu mengambil jeda tersebut, kamu benar-benar menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat dan tidak menatap layar laptop maupun handphone.

Ketika sedang mengambil beristirahat tersebut kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk minum, ngemil, ngobrol sebentar, dan lain-lain. Ingat, selama jeda istirahat berlangsung jangan menatap layar elektronik.

Gunakan Pencahayaan Yang Cukup

menjaga kesehatan mata

Ketika sedang menatap layar alat elektronik, hal ini adalah salah satu hal yang paling penting tapi sering disepelekan. Pastikan ketika sedang menatap laptop di malam hari atau pun di ruangan yang tertutup, kamu tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Apalagi kalau sedang menatap handphone saat akan tidur. Kebanyakan orang jadi main handphone sambil posisi tidur dan lampu dimatikan, padahal itu bahaya banget untuk mata. Mata kita akan bekerja beberapa kali lipat lebih esktra, apalagi di malam hari.

Lebih baik kita dalam posisi duduk ketika bermain handphone maupun menatap laptop, jangan lupa nyalakan lampu agar pencahayaan yang diterima cukup.

Rutin Periksakan Mata

menjaga kesehatan mata

Cara menjaga kesehatan mata yang paling penting nih, jangan sampai nggak peduli dengan kesehatan mata kamu sendiri ya. Kamu bisa memulai dengan tidak mengabaikan apabila mata kamu terasa mengganjal atau tidak enak. Berikan pertolongan pertama seperti memberikan obat tetes mata atau bilas dengan air bersih.

Sering-sering juga kompres mata apabila sudah terasa lelah. Kamu juga sebaiknya rutin memeriksa kesehatan mata kamu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Itu dia tips dan cara menjaga kesehatan mata di tengah pandemi sehingga kamu harus belajar online. Mata juga termasuk dari bagian tubuh, jadi jangan sepelekan kesehatan mata kamu ya! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *