Siapa nih yang sedang khawatir dan takut gagal SBMPTN? Hmm kamu tidak sendiri kok, banyak pejuang lain yang juga merasakannya. Namun untuk menghindari hal tersebut, yuk simak berikut ini alasan banyak pejuang yang gagal di UTBK-SBMPTN.

Tidak Mengetahui Tingkat Kesulitan Soal UTBK 

Soal UTBK jauh lebih sulit dibandingkan dengan Ujian Nasional atau Ujian Sekolah. Hal ini disebabkan oleh UTBK yang merupakan ujian untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Dari ribuan peminat, mau tidak mau harus menyeleksi ratusan atau puluhan saja.  

Alhasil kuota yang terbatas membuat tingkat kesulitan ditingkatkan demi benar-benar menjaring anak-anak yang kompeten. Tujuannya tentu agar di dunia perkuliahan nanti, calon mahasiswa dapat menuntaskan studi dengan baik. 

Tidak Mengetahui Kondisi Persaingan Jurusan yang Dituju 

Selain soal UTBK yang sulit, kamu juga dihadapkan dengan kondisi persaingan yang sangat ketat. Teruslah mengikuti informasi terbaru dari website LTMPT atau kampus yang kamu tuju. Kamu juga harus mampu menganalisis tingkat persaingan di jurusanmu. 

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa lebih bijak dalam mengatur strategi baik untuk jurusan maupun trik menjawab soal agar lebih unggul.  

Tidak Merencanakan Persiapan Belajar dari Jauh Hari 

Apakah kamu berpikir bahwa ada orang yang tanpa belajar bisa lolos UTBK? Mungkin kondisi tersebut hanya miliki secuil orang yang memiliki kejeniusan berlebih. Eits tetapi orang tersebut pasti sudah sering latihan, lebih dari yang orang lain bayangkan. 

Untuk itu, kamu yang merasa masih biasa saja harus memiliki persiapan maksimal supaya tidak gagal SBMPTN. Pelajarilah pelaksanaan ujian dan subtest apa saja yang diujikan. Selain itu, buatlah jadwal belajar dengan rutin dan tekun. Jangan lupa untuk memperbanyak latihan soal agar kamu terbiasa. 

Baca juga:

Jangan Terlalu Berharap dengan SNMPTN 

Kamu pasti sudah sering mendengar hal ini. Siapa yang tidak berharap dengan jalur paling mengindahkan demikian? Tanpa harus susah payah mengikuti tes seperti pejuang lain, anak yang lolos SNMPTN bisa lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru. 

Namun sebagian dari mereka yang terlalu berharap pada akhirnya harus kecewa. Bukan malah terpicu untuk lolos SBMPTN, tidak sedikit yang merasa terpuruk dan enggan bangkit lagi. Untuk itu, cara terbaik adalah dengan mempersiapkan jalur tes lainnya. 

Baca juga:

Tidak Menyiapkan Mental Ketika Hari H UTBK SBMPTN 

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya bertanding dengan ribuan orang dalam sehari? Ketika melaksanakan tes UTBK, di sanalah kemampuanmu diuji. Banyak pejuang yang merasa down mental ketika hari H karena melihat sangat banyak saingannya. Alhasil hasil belajar mereka tidak bisa dipertanggungjawabkan karena kalah oleh mental. 

Oleh karenanya, persiapan mental sangat penting agar kamu tidak gagal SBMPTN. Kamu bisa mulai membentuk diri dengan mindset-mindset positif agar dirimu terlatih untuk mampu menerima segala situasi. 

Ingat, apa yang kamu pelajari akan tetap menjadi milikmu. Artinya segalanya berada dalam kendalimu, kamulah yang dapat menentukan sikap mental apa yang kamu ambil saat nanti menghadapi tes UTBK. 

Baca juga:

Nah itulah sederatan alasan banyak pejuang yang gagal SBMPTN. Kamu tentu sangat enggan menjadi salah satunya bukan? Yuk siapkan diri sebaik mungkin, demi kampus impianmu lho! 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *