Halo Campuspedia Friends! Ada kabar baik untuk kamu yang berprestasi dan mau melanjutkan studi ke Universitas Gadjah Mada (UGM). Karena tahun ini, terdapat 4 jalur prestasi UGM yang bisa kamu coba nih!

Baca Juga:

Pembukaan jalur prestasi bagi mahasiswa baru angkatan 2021/2022 ini ditegaskan oleh Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih. Berikut adalah keempat jalur prestasi tersebut:

PBUK

Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) adalah jalur yang ditujukan untuk kamu putra-putri daerah yang diusulkan dan akan dibiayai secara penuh oleh Pemerintah Daerah/Institusi Pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel. Harapannya, ketika kamu diusulkan dalam jalur ini, maka kamu memiliki komitmen terhadap pembangunan daerahmu nanti.

Mitra yang dimaksud disini adalah Pemerintah Daerah/Institusi Pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel yang sudah bekerja sama dengan UGM di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PBUB

Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) adalah jalur prestasi yang terdiri dari dua jenis, yakni: prestasi dalam olimpiade dan Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni (PBOS).

Baca Juga:

Kamu bisa mengikuti jalur PBUB apabila kamu unggul dalam bidang akademik yang dibuktikan dengan keikutsertaan dalam beberapa olimpiade. Misalnya adalah olimpiade kimia, biologi, fisika, geografi, dll. Sedangkan untuk PBUB bidang olahraga dan seni, kamu bisa mengikutinya dibuktikan dengan bukti prestasimu dalam beberapa kejuaraan.

Untuk kedua jenis PBUB tersebut, tingkat olimpiade atau kompetisi yang bisa didaftarkan adalah tingkat provinsi atau nasional atau bahkan internasional dan tingkat yang setara.

PBUTM

Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) adalah jalur eleksi yang diselenggarakan oleh UGM sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik yang mumpuni namun kurang beruntung secara ekonomi.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftarkan jalur prestasi ini adalah bahwa pendapatan orang tua/wali ketika digabung maksimal adalah Rp 750.000. Bila kamu berhasil lolos melalui jalur prestasi ini, maka kamu akan mendapatkan beasiswa UKT selama 8 semester bila memenuhi prestasi yang ditetapkan dan tentunya akan dievaluasi setiap bulannya.

PBUSMAK

Jalur yang terakhir adalah Penelurusan Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi (PBUSMAK). Ini merupakan jalur seleksi bagi siswa-siswa SMA/SMK/MA secara akademik untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan, dan kematangan pribadi. Seluruh hal tersebut dibuktikan melalui prestasinya selama sekolah.

Untuk dapat mengikuti jalur seleksi ini, maka kamu harus termasuk dalam 25% terbaik di sekolahmu yang dilihat dari semester 1 sampai semester 5 atau semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK 4 tahun). Sedangkan bila kamu termasuk anak akselerasi, maka akan diambil 50% terbaik di kelas akselerasi dari semester 1 sampai semester 4 dan tentunya dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Baca Juga:

Menurut ibu Peni, untuk setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftarkan diri pada salah satu jalur prestasi tersebut. Proses seleksinya pun akan dilakukan serentak sehingga diharapkan hanya memilih salah satu saja, entah PBUB, PBOS, atau PBUK saja.

Nah itu dia, Campuspedia Friends, info terbaru mengenai 4 jalur prestasi UGM 2021 yang tentunya bisa kamu coba. Kalau memang kamu memiliki prestasi dan bisa mendaftarkan salah satu jalur tersebut, maka jangan sampai disia-siakan kesempatan itu ya.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *