Cara dapat uang tambahan – Hallo Campuspedia Friends! Sudah berapa lama ya kita berada di masa pandemi ini? Sudah hampir setahun ya? Sejak pandemi, semua perkuliahan jadi dialihkan ke pembelajaran online. Enaknya dengan sistem ini, kita gak perlu repot-repot buat siap-siap ke kampus di pagi hari. Cukup cuci muka, baju atasan rapi, siap deh buat mengikuti kelas.

Tapi gak enaknya, uang saku jadi berkurang nih karena gak ada kegiatan di luar. Padahal kebutuhan mahasiswa itu banyak kan? Entah itu buat kebutuhan pribadi atau perkuliahan. Cuman susah juga kalau mau kerja karena statusnya masih mahasiswa.

Walaupun pandemi ini menjadi penghambat soal keuangan kamu, bukan berarti kamu gak bisa cari peluang lho. Justru peluangmu terbuka lebar untuk mencari uang tambahan di era serba digital ini. Terus cara dapat uang tambahan untuk mahasiswa gimana sih? Yuk simak aja!

Baca juga : 

1. Buka online shop

Cara paling gampang dapat uang saat masa pandemi, ya jualan aja di toko online. Sekarang itu kan apa-apa dialihkan secara online, mulai dari kuliah online, kerja, online, bahkan belanja online. Nah, kamu bisa manfaatkan situasi tersebut buat jual barang daganganmu. Dengan maraknya belanja online di e-commerce, dijamin barang daganganmu cepat laku.

2. Dropshipper/Reseller

Kak, aku gak punya modal nih buat jualan. Tenang, coba deh kamu pakai sistem dropshipper atau reseller. Kedua istilah ini gak perlu modal yang besar dan kamu juga gak perlu menyiapkan gudang buat stok. Kamu cuman cukup jualan aja dari si suppliernya.

Ada bedanya nih dropshipper dan reseller. Reseller artinya menjual kembali. Jadi kamu membeli dagangan orang lain lalu kamu menjual kembali dengan mengambil keuntungan. Kalau disini, berarti kamu harus menyimpan beberapa stok di gudang kamu

Kamu gak mau nyimpen stok sedikitpun? Pakai cara dropshipper aja. Jadi misalkan kamu dapat orderan, si supplier bakal langsung mengirimkan barangnya ke customer dengan atas nama kamu. Tentunya kamu juga bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi untuk keuntungan lho.

3. Freelance Writer/Blogger

Kamu hobi nulis? Sekarang hobimu bisa jadi duit lho. Kamu bisa memulai dengan menulis di blog dengan topik sesuka hatimu. Nah, nanti kamu bisa pasang ads/iklan buat menambah pemasukan kamu dari blog tersebut.

Kalau kamu gak mau ribet, kamu juga bisa jadi freelance writer. Sekarang kebutuhan jasa nulis semakin tinggi lho. Ini karena bidang menulis termasuk industri kreatif yang saat ini lagi gencar-gencarnya nih.

Bingung mulai dari mana? Coba deh daftar di beberapa media kabar yang bisa memuat artikel kamu. Misalnya kaya IDN Times, Hipwee, atau media lainnya.

Baca juga : 

3. Survey Online

Jangan remehkan cara ini lho. Isi survey doang bisa dapat duit! Cara ini sebenarnya agak cukup lama sih, soalnya biasanya akan ada batas minimal poin yang bisa ditukarkan. Tapi ini sangat worth it lho menurut Minca (sst…. Minca pernah coba sendiri lho).

Minca, terpercaya gak sih web surveynya? Minca gak bisa mastiin secara pasti ya apakah semua aman? Tapi bisa Minca saranin nih tempat survey online terpercaya yang bahkan pernah Minca coba. Yaitu Surveyon dan Toluna. Coba sendiri deh, tersedia di Android juga lho.

4. Content Creator

Mirip-mirip sama yang writer tadi nih. Kalau kamu hobi bikin konten kreatif, kamu bisa coba lakuin ini. Content creator bertugas untuk membuat konten informatif yang dapat berguna bagi si pembaca atau penggunanya. Nah, kamu bisa banget pake media Youtube, Podcast, Sosmed, atau media lainnya.

5. Guru privat

Kamu termasuk orang yang pintar? Atau kamu cukup yakin sama pelajaran sekolah di jenjang tertentu? Coba jadi guru privat deh. Justru karena pandemi, anak-anak sekolah atau bahkan kita yang mahasiswa merasa sulit buat memahami mater yang udah di jelaskan. Nah, kamu bisa nih bertindak sebagai guru privat yang ngasih pembelajaran lebih intensif.

Baca juga : 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , ,  dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *