Memanagemen Waktu Proyek Menggunakan Alat OpenProject

Memanagemen Waktu Proyek Menggunakan Alat OpenProject

 223,798 total views,  26 views today

Paling alat manajemen proyek menyertakan begitu banyak fitur hebat sehingga mudah untuk mengabaikan fitur yang menonjol — itulah yang terjadi pada saya dengan alat Waktu dan Biaya OpenProject. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah melihat berapa banyak tenaga kerja dan biaya yang dikeluarkan untuk sebuah proyek; plus, Anda dapat menambahkan widget ke dasbor yang menunjukkan berapa jam yang telah dihabiskan untuk sebuah proyek, sehingga Anda dapat melihat angka-angka tersebut dengan cepat.

MELIHAT: Apa itu VPN? Pahami Fungsi, Kelebihan Kekurangan dan Cara Menggunakannya

Satu-satunya kelemahan alat Waktu dan Biaya OpenProject adalah awalnya membingungkan, itulah sebabnya saya hanya memperkenalkan satu bagian dari persamaan — pencatatan waktu — dan saya akan menanggung biayanya di tutorial mendatang.

Apa yang Anda perlukan untuk menggunakan alat Waktu dan Biaya OpenProject

Anda memerlukan instance OpenProject yang sedang berjalan. Jika Anda belum menerapkan OpenProject, Anda dapat melakukannya dengan Docker dengan mengikuti petunjuk di artikel TechRepublic ini. Setelah OpenProject aktif dan berjalan, Anda siap untuk pergi.

Cara menggunakan alat Waktu dan Biaya OpenProject

Pertama, Anda harus memiliki kartu di papan OpenProject Anda. Setelah pekerjaan diterapkan ke kartu, buka kartu untuk diedit. Di jendela kartu, Anda akan melihat bagian ESTIMASI DAN WAKTU (Gambar A).

Gambar A

Bagian PERKIRAAN DAN WAKTU dalam kartu papan OpenProject.
Bagian PERKIRAAN DAN WAKTU dalam kartu papan OpenProject.

Klik ikon jam, dan di pop-up yang dihasilkan (Gambar B), pilih pengguna, konfigurasikan tanggal, tambahkan jam kerja, pilih Aktivitas, dan ketik komentar opsional.

Gambar B

Mencatat waktu untuk kartu di OpenProject.
Mencatat waktu untuk kartu di OpenProject.

Klik Simpan untuk mencatat waktu proyek.

Lanjutkan mencatat waktu untuk kartu dengan cara yang sama. Setelah Anda menyelesaikan beberapa kartu, saatnya membuat laporan Waktu dan Biaya.

Di jendela utama papan, Anda akan melihat entri Waktu dan Biaya di navigasi kiri. Klik Waktu dan Biaya, dan Anda akan diberikan alat Laporan Biaya Baru (Gambar C).

Gambar C

Jendela Laporan Biaya Baru OpenProject.
Jendela Laporan Biaya Baru OpenProject.

Klik tarik-turun kanan atas, dan pilih jenis Aktivitas untuk pekerjaan yang dilakukan, dari Manajemen, Spesifikasi, Pengembangan, Pengujian, Dukungan, dan Lainnya. Ini harus cocok dengan Aktivitas yang Anda pilih saat mengedit kartu di papan Anda.

Selanjutnya, pilih Paket Pekerjaan, yang seharusnya merupakan kartu yang terkait dengan tugas dari papan Anda. Anda kemudian akan memilih filter pertama Anda dari tarik-turun Tambah Filter. Setelah menambahkan filter pertama, Anda kemudian dapat menambahkan yang lain untuk mendapatkan laporan yang lebih terperinci. Bagian GROUP BY adalah tempat Anda dapat menambahkan lebih banyak filter sesuai kebutuhan. Seperti yang Anda lihat, saya telah menambahkan Aktivitas dan Jenis Biaya ke Kolom dan Pengguna di Baris.

Klik Terapkan, dan Anda akan melihat laporan biaya muncul di bagian bawah (Gambar D).

Gambar D

Laporan Biaya OpenProject kami telah tiba.
Laporan Biaya OpenProject kami telah tiba.

Klik Simpan, dan Anda akan diminta memberi nama laporan.

Anda dapat kembali ke salah satu laporan tersebut dengan memilih salah satu untuk dilihat di navigasi kiri.

Cara cepat melihat waktu yang dihabiskan untuk proyek di OpenProject

Jika Anda membuka halaman Tinjauan Proyek dan mengklik + di sudut kanan atas, Anda dapat menambahkan widget baru ke dasbor. Setelah mengklik +, Anda akan melihat beberapa tombol + lainnya di sekitar setiap widget yang ada. Klik tombol + di sebelah tempat Anda ingin widget baru hidup, lalu pilih Waktu yang Dihabiskan (7 Hari Terakhir) untuk menambahkan widget. Setelah widget ditambahkan, itu akan menampilkan semua jam yang dicatat oleh tugas (Gambar E).

Gambar E

Anda sekarang memiliki akses cepat ke waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas di OpenProject.
Anda sekarang memiliki akses cepat ke waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas di OpenProject.

Managemen waktu yang mudah di OpenProject

Sekarang, Anda memiliki kemampuan untuk Managemen waktu proyek di OpenProject. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat berapa banyak waktu yang dicatat untuk setiap tugas, sehingga Anda dapat mengelola proyek dengan lebih baik. Pastikan untuk menonton tutorial saya tentang Managemen biaya di OpenProject.

Berlangganan ke TechRepublic Cara Membuat Teknologi Berfungsi di YouTube untuk semua saran teknologi terbaru untuk profesional bisnis dari Jack Wallen.

19 thoughts on “Memanagemen Waktu Proyek Menggunakan Alat OpenProject

  1. I just could not go away your site before suggesting that I actually enjoyed the standard info an individual supply on your guests? Is gonna be back incessantly to investigate cross-check new posts

  2. Great info and straight to the point. I am not sure if this is really the best place to ask but do you people have any thoughts on where to employ some professional writers? Thx 🙂

  3. Pingback:https://ewot.my.id
  4. If some one needs expert view regarding running a blog after that i propose him/her to pay a quick visit this weblog, Keep up the nice work.

  5. We are a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your web site offered us with valuable info to work on. You have performed an impressive activity and our whole neighborhood might be thankful to you.

  6. I absolutely love your website.. Very nice colors & theme. Did you develop this amazing site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my own personal blog and would like to know where you got this from or just what the theme is called. Kudos!

  7. I was recommended this web site by means of my cousin. I’m not certain whether or not this post is written via him as nobody else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux