Mendapatkan tugas untuk menggunakan Mendeley sering kali diberikan kepada mahasiswa. Namun, apa sebenarnya Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya?
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan penerbit Elsevier untuk mengelola makalah penelitian dan mencari data penelitian. Mendeley juga sering digunakan untuk membuat sitasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah, jurnal, dan skripsi.
baca juga:Universitas Teknokrat Indonesia Borong Gelar Widyatama International Competition
Penggunaan Mendeley sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. Selain prosesnya yang sederhana dan efisien, penggunaan Mendeley juga membantu mencegah praktik plagiarisme.
Berikut Ini Langkah-langkah Mengunduh Mendeley Secara Gratis:
- Unduh aplikasi Mendeley dari halaman resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/download-reference-manager/windows.
- Daftar menggunakan akun email dan lengkapi informasi diri.
- Setelah selesai mendaftar, klik ‘Register’.
Langkah-langkah Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word:
- Buka aplikasi Mendeley.
- Masuk menggunakan email dan kata sandi Anda.
- Setelah masuk, jendela Welcome akan muncul di Mendeley.
- Klik “Install MS Word plug-in” untuk menghubungkan Mendeley dengan MS Word. Pastikan MS Word tidak terbuka saat melakukan langkah ini.
- Jika jendela Welcome tidak muncul, buka menu “Tools” di aplikasi Mendeley, lalu pilih “Install MS Word plug-in”.
Langkah-langkah Memasukkan Data ke Dalam Tulisan:
- Kumpulkan jurnal-jurnal yang akan digunakan sebagai referensi dalam format PDF.
- Buka aplikasi Mendeley dan klik “Create Folder” untuk membuat folder baru.
- Di panel kanan folder, klik kanan dan pilih “Add Files”, lalu pilih PDF sebagai referensi yang telah dikumpulkan.
- Sinkronkan PDF yang baru ditambahkan untuk dapat langsung diakses oleh MS Word saat mencarinya. Klik “Sync” di bawah menu.
- Periksa informasi referensi seperti detail penulis dan lainnya.
Langkah-langkah Membuat Referensi Internet:
- Buka aplikasi Mendeley.
- Klik “File” dan pilih “Add Entry Manual”.
- Masukkan data yang diperlukan seperti judul, penulis, tahun, tautan situs web, dan lainnya.
- Pastikan untuk memilih jenis artikel sebagai “Web Page” sebelum mengisi data yang diperlukan.
- Klik “Save” untuk menyimpan referensi dari internet.
- Sinkronkan referensi yang telah disimpan dengan MS Word.
Cara Membuat Sitasi di Mendeley:
baca juga:Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Raih Juara di Ajang Internasional
- Buka dokumen yang sedang Anda tulis.
- Tempatkan kursor di akhir kalimat yang ingin ditambahkan sitasi atau kutipan.
- Klik tab “References” dan kemudian pilih “Insert Citation”. Cari nama penulis atau judul untuk menemukan sitasi yang diinginkan.
- Alternatifnya, setelah mengklik “Insert Citation”, buka aplikasi Mendeley, pilih jurnal yang ingin Anda kutip, lalu klik “Cite”.
Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Mendeley:
- Buat halaman khusus untuk daftar pustaka.
- Klik “References” dan pilih “Bibliography”.
- Tunggu hingga daftar pustaka muncul dengan sendirinya.
penulis:Farii