Membersihkan Komputer Diakhir Tahun

Membersihkan Komputer Diakhir Tahun

 83,909 total views,  6 views today

Halo Sobat Teknokrat – Kami mendekati titik dakhir tahun ketika saatnya untuk mulai berpikir tentang membersihkan rumah. Tetapi saat Anda membuat rencana untuk membersihkan garasi dan mengurangi barang-barang Anda, pertimbangkan juga untuk melakukan pembersihan virtual. Pengingat untuk bersikap proaktif dengan pengaturan komputer Anda. Menjaga komputer Anda “bersih” dapat membantunya bekerja lebih efisien, menjadikannya lebih cepat, lebih aman, dan lebih menyenangkan untuk digunakan. Sebagai penghargaan hari ini, berikut adalah 5 cara mudah untuk membersihkan komputer Anda.

Jalankan program antivirus

Virus dan malware komputer menjadi semakin canggih setiap hari. Statistik terbaru menunjukkan hampir setengah juta program jahat baru dikenali setiap hari. Untungnya, perangkat lunak antivirus juga lebih baik dari sebelumnya. Pengguna PC dengan Windows 8.1 atau Windows 10 memiliki akses ke program antivirus bawaan—Windows Defender—yang lebih baik daripada program anitvirus Windows mana pun sebelumnya. Ini berjalan secara otomatis, membuat Anda bertahan dari serangan yang mungkin tidak pernah Anda sadari sedang terjadi. Tetap saja, tidak ada salahnya untuk lebih proaktif dengan perlindungan virus Anda, yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Ada banyak program antivirus gratis yang hebat yang dapat diunduh. PC Mag baru-baru ini meninjau selusin opsi, dan pilihan teratas mereka adalah Avast Free Antivirus. Terlepas dari program apa yang Anda pilih, pastikan untuk selalu memperbarui perpustakaan virusnya, dan ingatlah untuk memindai PC Anda secara teratur.

Baca Juga : Begini Cara Aktivasi Windows 10

Bersihkan file lama Anda

Komputer Windows memiliki sistem pembersihan file bawaan yang akan membantu Anda menghapus file yang tidak diinginkan dari berbagai folder di sistem Anda, semuanya melalui satu layar menu. Di Windows 7, Anda dapat menemukan Pembersihan Disk di bawah Mulai>Aksesori>Alat Sistem>Pembersihan Disk. Di Windows 8 dan Windows 10, cukup cari Disk Cleanup untuk dibawa ke utilitas. Windows akan melakukan analisis singkat terhadap hard drive Anda, kemudian menampilkan daftar file potensial yang dapat dihapus. Arahkan mouse ke setiap jenis file untuk mengetahui apa itu. Biasanya aman untuk menghapus File Internet Sementara dan File Sementara, yang sering kali menghabiskan banyak ruang penyimpanan kosong Anda. Jika Anda ragu untuk menghapus apa pun saat ini, Anda selalu dapat membuat titik pemulihan sistem sebelum menghapus, yang akan memungkinkan Anda untuk kembali ke keadaan sistem sebelum pembersihan disk.

Hapus program yang tidak lagi Anda gunakan

Ini cukup mudah dilakukan, dan dapat membuka banyak ruang hard drive. Di Windows 7, buka Control Panel, lalu pilih “Uninstall a program” di bawah judul Programs. Di W8/10, cari “uninstall” di bilah pencarian. Anda akan melihat daftar semua program yang diinstal di komputer Anda. Periksa melalui daftar program yang tidak Anda gunakan, tetapi pastikan Anda tidak membutuhkannya. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus program yang tujuannya tidak Anda yakini, tetapi jika daftar Anda diisi dengan game gratis yang Anda unduh setahun yang lalu dan belum pernah dimainkan sejak itu, klik setiap program dan tekan tombol “uninstall” di bagian atas dari jendela.

Jalankan disk defragmenter

Disk Defragmenter adalah utilitas Windows yang mengatur ulang bagian terbuka hard drive Anda setelah file dan program dihapus, membuat ruang kosong lebih mudah diakses. Pikirkan file Anda sebagai setumpuk besar kertas di atas meja, dan dalam proses menyortir dan membuang kertas yang tidak dibutuhkan, tumpukan Anda telah berserakan di atas meja. Defragmenting mengambil kertas-kertas yang berantakan itu dan mengaturnya kembali dengan rapi menjadi tumpukan bersih, membuka semua ruang kosong di meja Anda. Pendefragmentasi disk adalah proses yang dapat Anda atur dan lupakan, dan yang terbaik adalah membiarkannya berjalan saat Anda tidak menggunakan komputer. Komputer Anda mungkin sudah memiliki jadwal defragmentasi reguler, tetapi Anda juga dapat menjalankannya secara manual setelah menghapus sejumlah besar file atau program. Temukan di folder System Tools di Windows 7, atau dengan mencari defragment di Windows 8 dan 10.

Pindahkan file penting Anda dari komputer dan keluar situs

Ada kemungkinan besar hard drive Anda diisi dengan hal-hal yang benar-benar Anda  butuhkan , membuat pembersihan ini kurang efektif. Akhirnya, hard drive Anda akan terisi dengan dokumen penting dan foto berharga. Salah satu solusi mudah untuk mengecilkan ruang kosong adalah berinvestasi dalam hard drive eksternal (atau dua) untuk mengeluarkan file-file itu dari komputer tanpa kehilangannya selamanya. Hard drive eksternal terhubung ke komputer Anda melalui kabel USB sederhana, atau dapat diatur untuk terhubung secara nirkabel melalui jaringan rumah Anda. Setelah terhubung, Anda dapat mentransfer file Anda dari hard drive internal komputer Anda, membebaskan ruang yang akan membuat sistem Anda berjalan lebih lancar.

One thought on “Membersihkan Komputer Diakhir Tahun

  1. I do not even know the way I finished up here, but I believed this post was once good. I do not realize who you are however certainly you’re going to a famous blogger in case you aren’t already. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux