JAKARTA (Sketsa.co) — Bekerja di Korea Selatan atau Korea menjadi impian banyak orang Indonesia yang ingin mencoba peruntungan di luar negeri. Dengan perkembangan ekonomi dan industri yang pesat, Korea menawarkan daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja muda yang ingin mendapatkan gaji menggiurkan dan pengalaman kerja yang berharga.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan peluang kerja di Korea? Berikut langkah-langkah praktis yang bisa kamu lakukan:

  1. Melalui Program G to G: Kamu bisa mencoba melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia () yang bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja Korea dalam program government to government (G to G). Program ini menyalurkan tenaga kerja asal Indonesia ke Korea dan memberikan jaminan perlindungan bagi pekerja migran.
  2. Kerja di Perusahaan dengan Cabang di Korea: Jika kamu lulusan perguruan tinggi, coba lamar ke perusahaan Indonesia atau perusahaan multinasional yang memiliki cabang di Korea. Dengan karir yang gemilang, peluangmu untuk ditempatkan di perusahaan cabang di Korea akan terbuka lebar.
  3. Menjadi Asisten Riset di Institusi Pendidikan Korea: Jika kamu sarjana, cobalah melamar sebagai asisten peneliti di institusi pendidikan di Korea. Banyak perguruan tinggi di Korea membutuhkan asisten peneliti untuk mendukung riset mereka.
  4. Berburu Informasi Lowongan Kerja di Korea: Rutinlah mencari informasi lowongan kerja melalui internet, kerabat, kolega, dan sumber informasi lainnya. Pastikan lowongan kerja yang kamu ikuti resmi dan terpercaya.
  5. Menjadi Lulusan Sekolah atau Universitas di Korea: Jika memungkinkan, lanjutkan studi di Korea. Lulus dari perguruan tinggi di Korea akan membuka peluang besar untuk bekerja di negeri tersebut.

Dengan tekad dan usaha yang kuat, kamu bisa meraih kesuksesan dalam mencari pekerjaan di Korea. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *