Campuspedia – Selama ini mungkin kita hanya akrab dengan kelas reguler di perkuliahan. Namun tahukah kalian jika ada kelas internasional yang juga biasa disebut dengan kelas IUP?

Kelas IUP sendiri bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang ingin belajar di kelas internasional. Saat ini pun sudah ada cukup banyak universitas yang membuka kelas IUP.

Mengenal Kelas IUP

Di era globalisasi seperti sekarang, universitas di Indonesia tidak hanya membuka kelas reguler saja, tapi juga kelas internasional yang bisa disebut dengan IUP (International Undergraduate Program).

IUP sendiri adalah kependekan dari international undergraduate program yang diperuntukkan untuk tingkatan sarjana atau S1. Kelas ini bisa diambil baik oleh mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Berbeda dengan kelas reguler, kelas IUP yang merupakan kelas internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mulai dari penyampaian materi sampai tugas maupun ujian yang diberikan.

Perbedaan lainnya adalah sistem perkuliahannya, di mana mahasiswa kelas internasional ini memiliki kesempatan mengambil program double degree bahkan berkuliah di luar negeri dengan universitas rekanan kampus.

Mahasiswa pun berkesempatan untuk memperluas international exposure mereka dengan mengikuti konferensi, summer class, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

Namun perlu diketahui jika sistem kelas IUP berbeda pada tiap universitas bahkan jurusan, tergantung kebijakan masing-masing.

Misalnya saja mahasiswa jurusan A mengambil double degree bisa mengambil skema kuliah 3 tahun di Indonesia dan 1 tahun di luar negeri.

Sementara itu mahasiswa jurusan B dari universitas yang sama belum tentu memiliki skema seperti mahasiswa jurusan A.

Skema kuliah mahasiswa jurusan B bisa jadi 2 tahun kuliah di Indonesia dan 2 tahun di luar negeri, tergantung pada kebijakan universitas atau jurusannya.

Biaya Kelas Internasional

Dengan banyaknya manfaat dan kelebihan kelas IUP dibanding dengan kelas reguler, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa juga berbeda.

Setiap universitas mungkin memiliki kebijakan sendiri terkait dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa. Namun secara umum, biaya yang harus dikeluarkan terdiri dari:

1. Tuition fee

Tuition fee adalah biaya yang perlu dibayarkan mahasiswa setiap semester, mirip dengan UKT.

Hanya saja, tuition fee mahasiswa kelas internasional umumnya memiliki besaran yang sama rata tanpa melihat kemampuan ekonomi keluarga mahasiswa.

2. Admission fee

Admission fee adalah biaya yang harus dibayarkan mahasiswa pada saat pertama kali masuk kuliah. Besaran biaya yang harus dibayar tergantung kebijakan universitas atau jurusan masing-masing.

Sebagai tambahan, kedua biaya tersebut belum termasuk dengan biaya jika mahasiswa memutuskan untuk mengambil program double degree.

Mahasiswa program double degree perlu membayar biaya perkuliahannya sendiri selama kuliah di luar negeri.

Universitas dengan Kelas IUP

Setelah membaca penjelas terkait kelas internasional ini, beberapa dari kalian mungkin tertarik untuk mencoba.

Jadi, universitas mana saja yang menyediakan kelas internasional? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Universitas Airlangga (Unair)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  7. Universitas Brawijaya (UB)
  8. Universitas Diponegoro (Undip)
  9. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kelas IUP ini cocok bagi kalian yang ingin berkuliah dengan standar internasional. Selain itu, dengan kuliah di kelas berbasis internasional, koneksi dan wawasan mahasiswa akan semakin luas. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *