Mengenal Lebih Dekat Perilaku Impulsif dan Dampaknya

Mengenal Lebih Dekat Perilaku Impulsif dan Dampaknya

Impulsif, sebuah perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, sering kali muncul tanpa dipikirkan dengan matang. Artikel ini akan mengulas delapan ciri-ciri orang impulsif beserta cara mengatasinya.

Baca Juga : Panduan Membuat Curriculum Vitae (CV) Yang Memikat HRD

Ciri-Ciri Orang Impulsif

  1. Banyak Bicara Tanpa Pertimbangan (H3) Orang impulsif cenderung oversharing, melebihi batas dalam menceritakan pengalaman pribadi tanpa mempertimbangkan dampaknya.
  2. Kesulitan Mengontrol Emosi (H3) Perilaku impulsif seringkali disertai dengan kesulitan mengontrol emosi, menyebabkan ketidakstabilan emosional yang merugikan diri sendiri.
  3. Hiperbola dalam Memandang Masalah (H3) Orang impulsif cenderung membesar-besarkan masalah atau bahkan sengaja mencari masalah, tanpa mempertimbangkan proporsionalitas situasi.
  4. Merusak Barang di Sekitarnya (H3) Dikaitkan dengan ketidakstabilan emosional, orang impulsif sering merusak barang pribadi atau milik orang lain sebagai ekspresi dari emosi yang sulit dikendalikan.
  5. Tindakan Tak Terduga (H3) Orang impulsif sering melakukan tindakan yang tidak dapat diprediksi oleh orang normal, seperti keluar masuk dari grup tanpa alasan yang jelas.
  6. Kekerasan Fisik Tiba-Tiba (H3) Kecenderungan melukai orang lain secara mendadak tanpa alasan yang jelas menjadi salah satu ciri khas perilaku impulsif.
  7. Dapat Melukai Diri Sendiri (H3) Untuk melepaskan emosi negatif, orang impulsif seringkali melukai diri sendiri, seperti memukul atau membenturkan kepala ke tembok.
  8. Pemanjakan Diri Berlebihan (H3) Orang impulsif cenderung memanjakan diri secara berlebihan, seperti berbelanja tanpa perhitungan atau membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Dampak Perilaku Impulsif Terhadap Lingkungan

Perilaku impulsif tidak hanya berdampak pada individu yang bersangkutan, tetapi juga bisa merugikan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi gejala-gejala ini baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Strategi Mengatasi Sifat Impulsif

Tips Umum Mengatasi Sifat Impulsif

  1. Menghapus Aplikasi E-Commerce (H3) Bagi yang cenderung impulsif dalam berbelanja online, langkah pertama adalah menghapus aplikasi e-commerce untuk menghindari godaan yang tidak perlu.
  2. Menyusun Anggaran Belanja (H3) Membuat anggaran belanja dapat membantu mengendalikan keuangan dan mencegah tindakan impulsif. Pisahkan pengeluaran dengan jelas untuk setiap kebutuhan.
  3. Menggunakan Uang Tunai (H3) Penggunaan uang tunai dapat membantu mengurangi perilaku impulsif, karena melihat fisik uang yang dihabiskan dapat membuat seseorang lebih sadar.
  4. Mencari Kesibukan Alternatif (H3) Mengalihkan perhatian dari keinginan berbelanja impulsif dengan mencari kesibukan alternatif, seperti berolahraga atau mengejar hobi.

Solusi Tabungan untuk Mengatasi Impulsif

OCTO Savers dari CIMB Niaga sebagai Pilihan Bijak

Untuk mengatasi kebiasaan impulsif dalam pengelolaan keuangan, CIMB Niaga menawarkan OCTO Savers. Ini adalah solusi tabungan yang memberikan berbagai manfaat, termasuk bebas biaya admin bulanan, transfer ke bank lain, tarik tunai di semua ATM, dan top up e-wallet.

GOAL Savers untuk Meraih Tujuan Finansial

Bagi yang ingin menabung dengan tujuan tertentu, GOAL Savers dari CIMB Niaga dapat menjadi pilihan. Dengan fleksibilitas setoran rutin dan monitoring melalui aplikasi OCTO Mobile, GOAL Savers membantu meningkatkan disiplin dalam menabung.

Baca Juga : Pemahaman Mendalam Tentang Bentuk Kegiatan Ekonomi Dan Jenis Bisnis

Kesimpulan

Dalam mengatasi perilaku impulsif, langkah-langkah psikologis dan praktis dapat digabungkan. Dengan mengenali ciri-ciri impulsif, menerapkan tips umum, dan memanfaatkan solusi tabungan seperti OCTO Savers dan GOAL Savers, seseorang dapat secara efektif mengendalikan kebiasaan impulsif dan meraih keuangan yang lebih sehat.

Jadi, mengapa menunggu? Segera ambil langkah untuk mengatasi sifat impulsif dan membangun masa depan keuangan yang lebih baik bersama CIMB Niaga.

Penulis : Rosalinda

Sumber : Kampus Swasta Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *