Pemerintah telah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Program Keluarga Harapan (BLT PKH) 2024 secara bertahap kepada jutaan keluarga yang memenuhi syarat. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tahap kedua pencairan PKH 2024 akan berlangsung pada bulan Mei hingga Juni 2024.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memantau status penerimaan dan pencairan BLT PKH, Kementerian Sosial menyediakan layanan cek penerima melalui ponsel. Layanan ini menggunakan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk memudahkan proses pengecekan.

Baca juga : Bali – Final Piala Eropa akan segera mempertemukan Spanyol melawan Inggris pada Senin (15/7/2024) dini hari. Sebelum pertandingan final, terjadi perubahan aturan signifikan dalam penentuan top skor Euro 2024.

Cara Mengecek Status Penerima BLT PKH 2024

  1. Akses Situs Resmi: Buka tautan cekbansos.kemensos.go.id melalui peramban web di ponsel Anda.
  2. Lengkapi Formulir: Masukkan data KTP, termasuk nama lengkap dan alamat sesuai yang tertera di KTP, mulai dari provinsi hingga desa/kelurahan.
  3. Verifikasi Keamanan: Masukkan kode verifikasi yang muncul di layar untuk memastikan bahwa Anda bukan robot.
  4. Cari Data: Setelah mengisi semua data dengan benar, klik tombol “Cari Data” untuk melihat daftar penerima bantuan PKH di wilayah Anda.
  5. Status Penerima: Jika Anda tercantum sebagai penerima PKH 2024, status pencairan akan ditampilkan dengan keterangan terproses.

Besaran Bantuan BLT PKH per Kategori

Besaran BLT PKH yang diterima setiap keluarga penerima manfaat disesuaikan dengan kondisi keluarga tersebut. Terdapat 7 kategori bantuan dalam PKH, dan setiap keluarga dapat menerima hingga 4 kategori dengan total bantuan maksimal Rp10,8 juta per tahun. Rincian besaran BLT PKH per kategori adalah sebagai berikut:

  • Ibu Hamil/Nifas: Rp3 juta (Rp750 ribu per tahapan)
  • Anak Usia Dini 0-6 Tahun: Rp3 juta (Rp750 ribu per tahapan)
  • Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp900 ribu (Rp225 ribu per tahapan)
  • Pendidikan Anak SMP/Sederajat: Rp1,5 juta (Rp375 ribu per tahapan)
  • Pendidikan Anak SMA/Sederajat: Rp2 juta (Rp500 ribu per tahapan)
  • Penyandang Disabilitas Berat: Rp2,4 juta (Rp600 ribu per tahapan)
  • Lanjut Usia: Rp2,4 juta (Rp600 ribu per tahapan)

Baca juga : Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Anak-anak

Jadwal Penyaluran Bansos PKH 2024

Penting bagi masyarakat yang termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (PKM) untuk mengetahui jadwal penyaluran bansos PKH 2024. Berikut jadwal penyaluran bansos PKH 2024:

  • Tahap pertama: Januari-Maret 2024
  • Tahap kedua: April-Juni 2024
  • Tahap ketiga: Juli-September 2024
  • Tahap keempat: Oktober-Desember 2024

Dengan adanya informasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dalam memantau status penerimaan dan pencairan bantuan serta mengetahui jadwal penyalurannya.

Penulis : M. Akmal Millatudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *