Menghadapi skripsi dengan bahagia sangat bisa kamu lakukan loh sobat! Bagi sebagian orang, skripsi mungkin sangat menakutkan. Namun, kamu jangan sampai berpikir begitu, ya. Buktinya, beribu-ribu orang setiap tahunnya bisa lulus kuliah dengan melewati ujian skripsi.

Selama kamu ada kemauan dan usaha, segala sesuatu setelah dijalankan ternyata tidak seburuk yang dipikirkan. Nah daripada kamu bingung nih harus kayak gimana menghadapi skripsi, Campuspedia akan merangkaikannya khusus untuk kamu. Here we go!

Baca juga:

Memilih waktu yang tepat

Untuk membangun mood yang baik dan pikiran yang jernih, pastikan kamu mengetahui kapan waktu kamu produktif dalam mengerjakan skripsi. Setiap orang bisa jadi berbeda. Ada orang yang merasa fokus ketika subuh, siang, sore, bahkan larut malam. Tinggal kamu menentukan waktu yang nyaman untuk bekerja di saat kapan. 

Melakukan rutinitas lainnya

Jangan karena kamu sedang mengerjakan skripsi, aktivitas yang seharusnya kamu lakukan menjadi terabaikan dan terlewat. Hal ini justru akan membuat kamu stres karena kamu hanya fokus pada skripsi. Padahal, kamu sangat perlu untuk bersosialisasi dengan orang lain, mencari udara segar, atau sekadar berjemur di pagi hari.

Melepas penat

Dalam menyelesaikan skripsi, pasti akan selalu ada hambatan, entah itu dari dalam diri sendiri, dari data penelitian, dari keuangan, atau dari dosen pembimbing. Kamu memiliki kewajiban untuk menyelesaikan masalah yang menjadi hambatan tersebut. Namun jangan terlalu berlarut dengan masalah tersebut. Sempatkan waktu untuk melepas penat walaupun sederhana, seperti ngopi di cafe atau bertemu teman untuk curhat. Hal itu akan membuat kamu sedikit rileks dan lebih siap untuk menghadapi masalah dan hambatan. 

Baca juga:

Tempat mengerjakan skripsi yang kondusif

Jangan remehkan hal-hal kecil, ternyata tempat yang dijadikan untuk mengerjakan skripsi juga berpengaruh pada keefektifan pengerjaan skripsi, loh. Tipe orang dalam mengerjakan skripsi memang berbeda-beda. Ada yang menyukai tempat yang sepi, ramai, rapi, bersih, ataupun tempat yang harus ada makanan. Pastikan tempat mengerjakan skripsi merupakan tempat ternyaman menurutmu, ya!

Fokus pada progressmu bukan pada progress orang lain

Hal ini sangat penting untuk diingat karena dengan terus berfokus pada progress orang lain, kamu akan semakin merasa stres. Kamu akan terus membanding-bandingkan dan merasa diri kamu tidak berguna. Padahal, kamu dan orang lain itu berbeda. Berbeda dalam topiknya, dalam karakteristik pembimbingnya, dalam data yang dipakai, dan berbeda dalam tujuan. 

Nggak sedikit orang yang ingin cepat menyelesaikan skripsi karena ingin membantu perekonomian keluarga. Ada juga yang tidak ingin buru-buru menyelesaikan skripsi karena dia butuh status mahasiswa untuk mendaftar magang atau mengikuti lomba. Setiap orang berbeda, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi mulai dari sekarang, jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain, ya!

Baca juga:

Nah itu dia 5 cara yang harus kamu perhatikan ketika mengerjakan skripsi agar kamu bisa menghadapi skripsi dengan bahagia dan tanpa stres. Jangan lupa untuk memberi tau informasi ini ke teman dan keluargamu agar mereka juga mengetahui informasi ini.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *