Penguasaan tenses dalam bahasa Inggris merupakan aspek krusial dalam kemampuan berkomunikasi yang efektif. Bahasa Inggris memiliki 16 tenses yang masing-masing memiliki aturan dan rumus tersendiri yang harus dipahami dengan baik. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan rumus dari setiap tense beserta contoh penggunaannya.

Tenses pertama yang dibahas adalah Present Simple Tense, di mana strukturnya adalah Subject + Verb1(s/es) + Object. Contoh penggunaannya antara lain, “She sings beautifully” dan “They visit their grandparents every weekend.”

Baca Juga : Peran Penting Saksi TPS dalam Proses Pemilu: Tanggung Jawab, Tugas, dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Selanjutnya, terdapat Present Continuous Tense (Present Progressive) yang menggunakan struktur Subject + am/is/are + Verb-ing + Object. Misalnya, “He is studying for his exam right now” dan “We are watching a movie at the cinema.”

Kemudian, ada juga Present Perfect Tense dengan rumus Subject + have/has + Verb3 + Object, seperti contoh kalimat, “I have finished my homework” dan “They have traveled to many countries.”

Present Perfect Continuous Tense, yang menggunakan rumus Subject + have/has + been + Verb-ing + Object, dapat dilihat dalam kalimat seperti, “She has been studying English for three years” dan “We have been waiting for the bus since morning.”

Artikel ini juga membahas tenses lainnya seperti Past Simple Tense, Past Continuous Tense, dan Past Perfect Tense dengan contoh-contoh yang relevan untuk setiap tense. Selain itu, Future Tenses seperti Future Simple Tense, Future Continuous Tense, dan Future Perfect Tense juga dijelaskan dengan rumus dan contoh penggunaannya.

Baca Juga : Sidang Isbat Besok Akan Dilaksanakan : Apakah Idul Fitri Akan Dilaksanakan Serentak?

Dengan memahami 16 tenses ini, pembaca akan memperoleh dasar yang kokoh dalam menggunakan bahasa Inggris secara lebih lancar dan efektif. Konsistensi dalam latihan menggunakan tenses tersebut juga dianggap penting untuk meningkatkan kefasihan dalam berbahasa Inggris.

penulis : M.aditya fadillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *