Hallo Campuspedia Chingu! Melamar pekerjaan adalah hal yang penting, khususnya saat sesi wawancara atau interview. Sebagian orang pasti merasa tegang dan khawatir mengingat ini adalah tahap akhir dari proses seleksi. Namun bagaimana jika kita akan menghadapi interview dengan bahasa inggris? Ketegangan pasti akan menjadi dua kali lipat bukan?

Untuk itu minca akan memberikan informasi seputar tips menghadapi interview dalam bahasa inggris yang harus kalian pahami. Yuk langsung simak aja di bawah ini ya.

Interview 

Interview merupakan suatu tahap akhir dari proses melamar pekerjaan. Dalam sesi wawancara kita akan dihadapkan langsung dengan beberapa pihak yang berasal dari perusahaan yang kita lamar. Di sesi wawancara ini, pihak pewawancara akan menanyakan beberapa hal yang menyangkut diri kalian chingu. Pertanyaan ini ditanyakan untuk mengetahui sifat dan kebiasaan kandidat. 

Interview dapat dilakukan secara tatap muka langsung maupun secara daring. Pihak pewawancara pun juga bisa menanyakan dalam dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Terutama jika perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan internasional. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa lancar kemampuan berbahasa inggris kalian.

Baca juga:

Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Sebagai seorang pelamar pekerjaan kalian harus siap jika saat interview harus menggunakan dua bahasa. Untuk itu melalui tips ini kalian bisa mempelajari dan mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris mulai sekarang.

Memperkenalkan Diri (Introduce Yourself)

Biasanya saat wawancara akan dimulai dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pihak pewawancara mengetahui nama lengkap dan juga panggilanmu. Jika pewawancara menyuruhmu menggunakan bahasa santai, maka kalian bisa memulai dengan perkenalan yang ringan dengan bahasa inggris yang mudah dipahami. Namun jika suasana interview mulai serius, gunakan bahasa yang sopan dan formal.

Lalu perkenalkan diri secara singkat dan jelas agar pewawancara dapat mengenal dirimu. Contoh memperkenalkan diri dengan bahasa inggris.

My name is               and I am               years old. I graduated from                 majoring in             . I live in             . I have experience working in                  and related to my background.

Baca juga:

Kelebihan & Kekurangan yang Kamu Miliki (Your Strengths & Weaknesses)

Ini merupakan pertanyaan yang cukup mudah, namun setiap orang pasti akan kesulitan menjawabnya. Karena kita akan lebih melihat kelebihan kita dibanding kekurangan yang dimiliki. Untuk itu minca sarankan untuk memahami dirimu lebih dalam lagi. Jika kalian mendengar pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya seperti ini:

(Kelebihan) When I work, I always re-correct my work. In previous projects I’ve worked on with my team, I’ve been able to adjust my time to minimize mistakes. The result project goes well and finished on time. I believe that to achieve any goal in life, this quality is very important.

But sometimes I do work in a hurry, and sometimes there’s a small mistakes. For that, I always re-correct my work. (Kekurangan dan solusi)

Dirimu 5 Tahun Kedepan (Yourself Five Years From Now)

Pada saat interview kita juga akan ditanya rencana kita di masa depan. Biasanya pewawancara akan menanyakan rencana kalian pada beberapa tahun selanjutnya. Kamu bisa mengungkapkan apa yang ingin dicapai.

By then I would have a small company that will continue to grow into a big one. I want to enhanced my knowledge and skills, and created a name for myself in the industry.

Baca juga:

Nah itu tadi merupakan beberapa tips menghadapi dan menjawab pertanyaan interview bahasa inggris. Jangan takut dan teruslah belajar, minca yakin kalian bisa menghadapi interview dengan menggunakan bahasa inggris. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *