Hallo sobat Campuspedia! Siapa disini tiap sebelum tidur, sering mikirin banyak hal dan  justru malah overthinking? Udah berusaha tidur tapi tetep overthinking? Sebenarnya apa itu overthinking, kenapa sering datang di malam hari, dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang aja ya sobat karena Campuspedia akan merangkumkan pembahasan tersebut khusus untuk kamu biar kamu gak overthinking lagi!

Overthinking adalah suatu keadaan dimana seseorang terus menerus memikirkan suatu hal yang seolah-olah tidak ada ujungnya. Biasanya orang yang overthinking akan mengaitkan kejadian yang tidak mengenakan di masa lalu dengan apa yang akan terjadi di masa depan. 

Baca juga:

Kenapa sering overthinking di malam hari?

Penyebabnya karena di malam hari otak akan memproses apa yang telah terjadi sepanjang hari. Kejadian seharian tersebut terkadang nggak bisa kita proses pada waktu itu juga karena kita tidak mempunyai waktu yang rileks untuk berpikir. Waktu berpikir yang rileks  tersebut kebanyakan adalah ketika sudah berada di tempat tidur alias di waktu malam hari.

Cara menghilangkan kebiasaan overthinking

Ini dia 5 cara untuk menghilangkan kebiasaan overthinking, pastikan kamu menyimaknya sampai akhir ya!

Menyadari kondisi overthinking

Step pertama yang harus kamu lakukan adalah menyadari bahwa kamu berada dalam kondisi overthinking. Ketika kamu sudah menyadarinya, cobalah untuk merubah pikiran yang negatif tersebut dengan pikiran yang bisa membuat kamu bahagia.

Hindari bermain gadget  sebelum tidur

Bermain gawai atau gadget menjadi salah satu penyebab overthinking. Hal Ini dikarenakan cahaya gawai akan membuat seseorang mengalami penundaan tidur selama beberapa waktu. Oleh sebab itu pastikan minimal 30 menit sebelum tidur, kamu harus melepaskan gawai atau gadget tersebut. 

Mendengarkan Podcast

Ketika masih kecil biasanya sebelum tidur orang tua sering membacakan cerita dan tanpa sadar kita akan terlelap begitu saja. Tips ini bisa kamu lakukan juga sekarang dengan mendengar cerita dari podcast dan musik klasik yang menenangkan.

Baca juga:  

Menulis 

Kedengarannya mungkin sedikit aneh ketika kamu berada di posisi overthinking dan justru harus menulis? Ya! Coba letakan catatan kecil di pinggir tempat tidurmu. Tulislah pikiran-pikiran buruk yang mengganggumu. Dengan mencoba menuliskan pikiran buruk tersebut, kamu akan terefleksi dan pikiran buruk tersebut seolah akan pergi dari pikiran menuju tulisan tadi.

Berolahraga 

Jika setiap malam kamu harus menghadapi overthinking, saat  siang hari kamu bisa mencoba berolahraga. Olahraga ini, selain menyehatkan juga dapat menghasilkan hormon bahagia dan dapat menghilangkan stress, loh. Jadi, mulai dari sekarang yuk coba berolahraga!

Baca juga:

Nah itu dia 5 tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kebiasaan overthinking sebelum tidur. Pastikan kamu memberi tahu teman, saudara, dan sahabat tentang tips ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *