Hallo Campuspedia Chingu! Ada kabar terbaru nih. Passing Grade untuk Seleksi Kompetensi Dasar ASN jalur Sekolah Kedinasan sudah ditetapkan. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar jalur sekolah kedinasan akan dimulai pada Mei 2021 – Juni 2021 dengan sistem CAT.

Seperti yang kita tahu pendaftaran ASN dibuka melalui 3 jalur: sekolah kedinasan, seleksi pegawai negeri sipil nasional, dan juga PPPK. Jalur pertama pendaftaran yang dibuka yaitu sekolah kedinasan. Saat ini tahap seleksi sekolah kedinasan sudah sampai pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Untuk itu chingu perlu mengetahui Passing Grade yang ditetapkan beserta jumlah soal yang akan diujikan nanti. Yuk simak informasinya berikut ini.

Baca juga:

Passing Grade Sekolah Kedinasan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengeluarkan keputusan No. 921/2021 tentang Passing Grade untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi jalur sekolah kedinasan. Passing Grade ini adalah batasan nilai terendah yang harus dicapai para peserta untuk dapat lolos ke tahap selanjutnya. Passing Grade SKD yang ditetapkan yaitu:

TWK= 65

TIU  = 80

TKP  = 156

Passing Grade ini berlaku bagi semua peserta seleksi. Namun ada pengecualian bagi peserta dari daerah afirmasi. Passing Grade yang ditentukan bagi peserta daerah afirmasi yaitu nilai Tes Intelegensi Umum serendah-rendahnya 55, dengan nilai keseluruhan SKD paling rendah 281.

Jumlah Soal Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan

Selain menentukan passing grade untuk jalur sekolah kedinasan, pemerintah juga sudah menetapkan jumlah soal untuk Seleksi Kompetensi Dasar sekolah kedinasan, dengan total jumlah soal 110 butir.

  • TWK = 30 soal

Tes ini untuk menilai penguasaan, pengetahuan, dan kemampuan mengimplementasikan nilai nasionalisme, integritas, bela negara dengan baik.

  • TIU = 35 soal

Tes ini untuk menilai kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis. Juga kemampuan numerik seperti berhitung, deret angka, serta soal cerita.

  • TKP = 45 soal

Tes ini untuk menilai sikap pelayanan publik, jaringan kerja, social budaya, teknologi informasi, serta profesionalisme.

Baca juga:

Bobot Soal

Pada Seleksi Kompetensi Dasar bobot soal yang diberikan yaitu:

TWK, jika menjawab benar mendapat poin 5 dan jika salah akan mendapat poin 0.

TIU, jika menjawab benar mendapat poin 5 dan jika salah akan mendapat poin 0.

TKP, jika jawaban benar poin tertinggi 5 dan poin terendah 1. Namun poin akan 0 jika tidak menjawab soal.

Total Nilai Yang Diraih

Perkiraan nilai yang dapat diraih oleh peserta seleksi yaitu paling tinggi 550.

Total TWK = 150

TIU   = 175

TKP  = 225

Baca juga:

Itu dia kabar terbaru seputar Passing Grade yang ditetapkan untuk Seleksi Kompetensi Dasar jalur sekolah kedinasan. Persiapkan segala materi yang akan diujikan dan jangan lupa untuk mencatat tanggal-tanggal penting ya chingu. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *