Hallo calon mahasiswa baru? Bagaimana perkembangan kamu dalam mendaftar SNMPTN 2021? Semoga lancar dan dapat memutuskan jurusan dengan tepat ya. Salah satu universitas terbaik di Indonesia, Unair membuka jalur golden ticket pada tahun ini. 

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuka jalur Golden Ticket untuk siswa pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2021. Menurut Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih jalur prestasi luar biasa ini dibuka pada Selasa (16/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021). 

Nasih menjelaskan, jalur prestasi luar biasa ini merupakan mekanisme seleksi yang memungkinkan Unair untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa. “Pada mekanisme ini nilai akademik bukan suatu kemutlakan, melainkan mereka yang memiliki prestasi luar biasa. Meski bukan menjadi pertama, tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya,” kata Nasih dikutip dari Antara, Sabtu (13/2/2021).  

Baca juga:

Kriteria peserta SNMPTN yang bisa mengikuti jalur ini di antaranya pernah juara lomba atau olimpiade internasional bidang studi yang sesuai dengan prodi pilihan dan diselenggarakan oleh institusi terkemuka. Kemudian, kriteria lainnya, memiliki kemampuan kepemimpinan, yakni pernah menjabat menjadi ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.  

“Selanjutnya penghafal Al-Quran 30 juz ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMA atau sekolah yang tidak berbasis agama,” tambahnya. 

Nasih mengatakan, siswa dengan kriteria tersebut dapat mendaftarkan diri melalui jalur Golden Ticket Unair.  

Secara umum, kuota mahasiswa baru di Unair pada tahun ini dibagi untuk tiga jalur, yakni jalur SNMPTN, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.  

“Kuota ini sedikit lebih banyak dari tahun lalu. Kuotanya masing-masing adalah untuk SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen dan Mandiri 30 persen. Kuota di jalur SNMPTN Unair sekitar 1.260 mahasiswa baru,” katanya.  

Baca juga:

Syarat dan Ketentuan Jalur Golden 

Sementara itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menambahkan, syarat lainnya untuk peserta dapat mengikuti jalur Golden Ticket adalah harus memilih Unair sebagai pilihan utama pada SNMPTN 2021 ini.  

“Syaratnya, mereka harus mendaftar di SNMPTN-nya itu pilihan pertama harus Unair serta terdaftar dan ikut Airlangga Education Expo (AEE 202I) secara daring,” kata Solihin  

Adapun AEE 2021 diselenggarakan melalui https://eduexpo.unair.ac.id/. Kemudian, siswa juga harus melakukan pendaftaran di link yang tersedia untuk mengikuti jalur Golden Ticket, paling lambat 20 Februari 2021 pukul 17.00 WIB.  

Link yang dimaksud, yakni ppmb.unair.ac.id. Setelah itu, unggah dokumen yang sesuai, dan yang terakhir kirimkan bukti fisik dokumen paling akhir 20 Februari 2021 (cap pos) ke PPMB dengan alamat berikut: Gedung Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus Merr C Jl. Dr. Ir. Soekarno, Mulyorejo Surabaya, Jawa Timur 60115  

Lebih lanjut, katanya, Unair juga tidak membatasi peserta jalur Golden Ticket sehingga kuota penerimanya disesuaikan dengan kebutuhan masing masing fakultas.  

Baca juga:

Alasan membuka jalur Golden Ticket Unair di SNMPTN 2021 

Saat ditanya apa alasan Unair membuka jalur ini, Solihin menyatakan beberapa hal. Paling utama, dikatakannya, Unair secara serius ingin memilih calon-calon mahasiswa baru yang terbaik.  

“Misalkan yang juara lomba tingkat nasional/internasional, kemudian yang pernah jadi ketua OSIS, kan sebetulnya memiliki prestasi dalam bidang leadership atau kepemimpinan,” terang Solihin. “Kemudian penghafal Al-Quran, kan itu juga sebuah prestasi, karena tidak semua orang bisa. Itu yang kami hargai,” sambungnya.  

Sementara itu, dia juga menyampaikan bahwa jalur Golden Ticket ini bukan yang pertama diselenggarakan oleh Unair. Setidaknya, pada kesempatan kali ini merupakan tahun keempat jalur ini diadakan.  

“Tetapi, jalur Golden Ticket ini akan diseleksi secara ketat oleh tim internal, pasti juga banyak yang mendaftar. Kemudian juga dilakukan proses verifikasi, ya nanti kita akan tes apakah betul yang bersangkutan hafal Al-Quran misalnya,” jelas Solihin.

Agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa ikuti terus Campuspedia melalui  , , , ,, dan . 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *