Hallo Campuspedia Chingu! Pendaftaran CPNS 2021 sebentar lagi akan dibuka. Minca tahu pasti banyak dari teman-teman yang sedang mempersiapkan tes seleksi CPNS 2021. Peserta CPNS 2021 diperkirakan akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyaknya pendaftar mulai dari lulusan perguruan tinggi tahun ini, hingga pendaftar tahun sebelumnya.

Untuk itu chingu harus mempersiapkan dengan baik segala dokumen yang dibutuhkan, beserta perkiraan soal yang akan diujikan nanti ya.

Nah chingu di sini minca akan informasikan kisi-kisi seputar tes yang diadakan untuk seleksi CPNS 2021. Simak terus ya informasinya di bawah ini.

Baca juga:

Pada tahun ini tidak hanya pendaftar tahun sebelumnya yang ikut dalam seleksi CPNS. Tapi juga banyak pendaftar dari perguruan tinggi yang lulus tahun ini. Sehingga banyak pendaftar baru yang belum mengetahui bagaimana alur seleksi CPNS 2021 ini.

Alur Seleksi ASN 2021

Pelaksanaan seleksi untuk menjadi PNS akan dilakukan beberapa tes sebelumnya.

Tahap Pertama (Administrasi)

Pada tahap ini berkas yang kita unggah saat pendaftaran akan ditinjau ulang, untuk dipastikan apakah data tersebut sesuai dengan data diri kita dan sudah lengkap. Jika chingu sudah merasa mengumpulkan data yang benar, maka dipastikan kalian akan  lolos tahap awal ini ya.

Tahap Kedua (Seleksi Kompetensi Dasar)

Seleksi Kompetensi Dasar atau yang sering disingkat SKD akan terbagi dalam 3 tahap lagi nih chingu : Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes SKD ini juga memiliki passing grade tiap-tiap tahapannya. Jika teman-teman memenuhi passing grade maka kalian bias dinyatakan lulus.

Tahap Ketiga (Seleksi Kompetensi Bidang).

Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB ini akan disesuaikan dengan posisi yang telah kalian sebelumnya. Jenis tesnya pun akan berbeda tiap-tiap instansi. Tes yang diadakan bergantung pada instansi.

Baca juga:

Tahap Akhir Pemberkasan

Hasil nilai tes yang sudah dilakukan ini akan digabungkan. Jika nilai kalian memenuhi persyaratan, maka akan berlanjut ke tahap pemberkasan untuk ASN. Di tahap ini kalian akan diminta mengumpulkan sejumlah berkas. Lalu setelah itu kalian akan mulai mendapatkan NIP.

Jika kalian lulus semua tes yang disebutkan di atas, maka kalian sudah benar-benar lolos menjadi ASN atau PNS 2021 ya chingu.

“Lalu apa aja minca kisi-kisi tes seleksi ASN 2021?”

Tenang aja chingu minca akan kasih kisi-kisi tes yang diujikan berikut ini.

Kisi-Kisi Tes Seleksi CPNS 2021

Tes Seleksi Jenis Tes Kisi-Kisi

Seleksi Administrasi

Kelengkapan Berkas

Seleksi Kompetensi Dasar

(SKD)

Tes Karakteristik Pribadi

(TKP)

·   Integritas dan Berprestasi
·   Kreativitas & Inovasi
·   Teknologi Informasi & Komunikasi
·   Budaya
·   Sosialisasi

Tes Wawasan Kebangsaan

(TWK)

·   Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945
·   Pemahaman Bhineka Tunggal Ika
·   NKRI & Pilar Negara

Tes Intelegensi Umum

(TIU)

·   Penalaran Verbal
    (Sinonim, Antonim)
·   Penalaran Numerik
    (Deret Angka, Berhitung, Soal Cerita,  Perbandingan)
·   Penalaran Logika
    (Analogi, Ketidaksamaan, Kelompok Kata)

Seleksi Kompetensi Bidang

(SKB)

·   Tes Potensi Akademik
·   Bahasa Asing dan Praktik Kerja
·   Tes Fisik dan Kesehatan
·   Tes Psikotes dan Wawancara

 

Baca juga:

Nah itu dia chingu beberapa informasi mengenai kisi-kisi tes seleksi yang akan diujikan pada CPNS 2021. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *