“Per pukul 09.00 WIB, sudah ada sekitar 88 ribu siswa yang mengakses,” kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Purwosusilo Sapta, Senin (10/6/2024).

Pendaftaran dimulai pada pukul 08.00 WIB. Ia menjelaskan bahwa terjadi penumpukan ketika situs PPDB dibuka, tetapi menegaskan bahwa hal itu bukan merupakan kesalahan sistem.

Baca juga : Prodi S1 Pendidikan Olahraga Universitas Teknokrat Raih Akreditasi Baik Sekali

“Bukan error. Pada detik pertama sampai 10 menit pertama terjadi penumpukan. Namun masyarakat tetap bisa mengakses, tidak ada error, semuanya berjalan lancar,” jelas Purwo.

“Masyarakat masih bisa mengakses situs https://ppdb.jakarta.go.id,” lanjutnya.

Penumpukan terjadi karena calon peserta didik secara bersamaan mengakses situs, mengingat semua jenjang pendaftaran PPDB dibuka pada hari ini.

“Ya, penumpukan terjadi pada awal, seperti biasa. Dalam sistem, jika di awal banyak yang mengakses bersamaan, sudah puluhan ribu. Tapi tidak ada error,” ungkapnya.

Purwo memastikan bahwa pendaftaran PPDB akan berjalan dengan normal dan lancar. Pihaknya juga selalu mengawasi jika ada masalah dalam sistem.

“Berdasarkan pengalaman, sistem sudah terpantau. Jadi, ke depannya berjalan stabil. Jika penumpukan terjadi lalu dibiarkan, bisa jebol. Itu salah satu langkah pengamanan,” jelasnya.

“Ibarat mesin yang dipanaskan, tidak mungkin langsung tancap gas. Kami sudah mengantisipasi dan selalu siap memonitor sistem, semuanya berjalan lancar,” tambahnya.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia Buka Prodi Magister Bahasa Inggris

Seperti diketahui, calon peserta didik baru telah mengikuti tahap prapendaftaran dengan mengisi data diri. Saat ini, mereka bisa memilih sekolah sesuai jalur yang dipilih.

Pemilihan sekolah ini dibuka serentak untuk semua jalur, yaitu Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, serta Jalur Guru dan Tenaga Kerja.

Penulis : Joko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *