Halo Sobat Campuspedia! 29 Januari 2021 kemarin telah diadakan online career class edisi “Menjadi Fresh Graduate Idaman Perusahaan” pukul 19.15 WIB lohh! Kelas online kemarin berjalan lancar diawali dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan, sesi materi oleh kak Niken Saraswati secara interaktif, dan sesi tanya jawab & diskusi. 

Apa Sih Fresh Graduate Itu? 

7 Kelebihan Fresh Graduate

Kelas kemarin dibawakan oleh kak Niken Saraswati selaku mentor yang akrab dipanggil kak Niken. Kak Niken adalah seorang Corp HR Recruitment & Development di PT Kalbe Farma Tbk. Di awal kelas kak Niken menjelaskan tentang apa itu fresh graduate. Fresh graduate adalah seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya dan biasanya memiliki pengalaman kerja kurang dari satu tahun. 

Perusahaan Tidak Menjadi Kandidat Fresh Graduate yang Paling Baik, Tetapi yang Paling Fit

Saat kita melamar kerja, seringkali yang ada di benak kita adalah berusaha menjadi sebaik mungkin di hadapan recruiter supaya bisa menjadi kandidat terbaik dari yang lainnya. Mungkin mindset seperti ini masih belum terlalu tepat, friends. Zaman sekarang, perusahaan yang baik pasti akan mencari kandidat yang fit dengan organisasi dan job di tempat tersebut. 

Apa yang dimaksud dengan fit? Organizational fit dapat diartikan kecocokan antara kamu sebagai calon kandidat dengan nilai, tujuan, dan budaya dari perusahaan. Sedangkan job fit adalah kecocokan antara kamu dengan jabatan/posisi yang akan kamu tempati. 

Baca Juga:

Bagaimana Cara Tahu Bahwa Kita Sudah “Fit”?

Ada 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui apakah kamu sudah fit dengan organisasi dan job yang kamu lamar, antara lain

  1. Kenali diri
  2. Pahami job description
  3. Pahami job requirement/kualifikasi
  4. Pelajari profil perusahaan

Dengan melakukan keempat cara tersebut, kamu akan lebih siap sebagai fresh graduate untuk menghadapi setiap tahapan seleksi kerja dan mampu memberikan yang terbaik untuk dirimu dan juga calon perusahaan tempatmu bekerja nantinya. 

Tips CV Fresh Graduate

Tahapan seleksi paling penting bagi para fresh graduate adalah tahapan seleksi berkas karena tahapan inilah yang menjadi screening pertama kandidat dapat lulus ke tahap selanjutnya. Banyak fresh graduate masih bertanya-tanya bagaimana cara membuat cv fresh graduate yang baik dan benar. Di kelas online kemarin, kak Niken memberikan beberapa poin penting yang bisa jadi pegangan kamu saat membuat cv nanti.

Baca Juga:

  • Menuliskan minat/ tujuan karir
  • Terdapat data pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon dengan jelas
  • Menuliskan latar belakang pendidikan dengan lengkap
  • Penjelasan pengalaman kerja/ internship, organisasi, dan komunitas dengan jelas
  • Menuliskan skill, knowledge, dan sertifikasi yang dimiliki
  • Usahakan menuliskan keterangan dengan obyektif (bukan hanya berdasarkan pendapat pribadi)
  • Menghindari typo
  • Memilih design yang sesuai dengan posisi yang dituju

Sharing Session, Yuk!

Setelah sesi pemaparan materi, kak Niken menawarkan kepada peserta untuk membuka sesi review cv bersama-sama. Terdapat beberapa peserta fresh graduate yang mengajukan diri untuk diperiksa cv-nya dengan cara share screen file cv dan mendapatkan feedback dari kak Niken.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara kak Niken dengan peserta. Kegiatan kelas online kemarin berjalan dengan lancar, seru, dan tepat waktu. Berdasarkan beberapa feedback yang didapat, peserta merasa semakin siap dan percaya diri untuk melamar kerja. Semoga kamu juga begitu, ya!

Nah, kira-kira begitu friends keseruan online career class edisi 29 Januari 2021 kemarin. Kalau kamu tertarik untuk meningkatkan kualifikasi dirimu dalam mempersiapkan karier kedepannya, kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia Academy dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Yuk, daftar . Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *