Pengertian Bilyet Giro: Sebuah Tinjauan Komprehensif – Blog Teknokrat
Pengertian Bilyet Giro: Sebuah Tinjauan Komprehensif

Pengertian Bilyet Giro: Sebuah Tinjauan Komprehensif

 81 total views,  1 views today

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Bilyet Giro (BG) mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun dalam dunia transaksi perbankan di Indonesia, instrumen ini memiliki peran penting. Artikel ini akan menguraikan pengertian, syarat, dan perbedaan bilyet giro dengan cek, serta membahas aturan yang mengatur penggunaannya.

Baca Juga : 7 Pilihan Oli Terbaik Untuk Performa Optimal Vario 150

II. Pengertian Bilyet Giro

A. Definisi Sederhana

Bilyet Giro dapat diartikan sebagai instrumen pembayaran nontunai di Indonesia. Seorang nasabah bank menggunakan bilyet giro untuk memberikan perintah pada bank agar melakukan pemindahan sejumlah uang kepada penerima. Mekanisme ini membawa manfaat besar dalam transaksi perbankan, terutama dalam transaksi berjumlah besar.

B. Definisi Menurut Bank Indonesia

Menurut Bank Indonesia, bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah rekening giro kepada bank untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekeningnya ke rekening penerima. Beberapa syarat utama bilyet giro termasuk nama, nomor bilyet giro, perintah jelas untuk pemindahan dana, nama dan nomor rekening pemegang, nama bank penerima, jumlah dana dalam angka dan huruf, tempat dan tanggal penarikan, serta tanda tangan dengan persyaratan pembukaan rekening.

III. Aturan dan Syarat Bilyet Giro

A. Peraturan Bank Indonesia

Dengan diberlakukannya Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 18/41/PBI/2016 tentang Bilyet Giro, penarik (pemberi bilyet giro) harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya, bilyet giro bukanlah surat berharga, penarik wajib memenuhi syarat formal, menyediakan dana yang cukup, dan memberi informasi jika bilyet giro akan diblokir.

B. Aturan Umum

Selain syarat resmi, aturan bilyet giro mencakup masa berlaku hingga 70 hari, nominal kliring maksimal Rp500 juta, penarikan dengan tanda tangan yang tidak boleh dikoreksi, penyerahan bilyet ke bank oleh penarik, ketentuan bahwa proses pencairan tidak dapat dipindahtangankan, dan pembatasan koreksi penulisan maksimal tiga kali.

IV. Proses Mencairkan dan Membatalkan Bilyet Giro

A. Mencairkan Bilyet Giro

Proses pencairan bilyet giro tergolong mudah, namun berbeda dengan cek. Penarik tidak dapat langsung menarik tunai nominal dana dalam bilyet giro. Pemindahan dana hanya diproses setelah penyerahan bilyet ke bank, dan perlu diingat bahwa bilyet harus diserahkan dalam waktu 70 hari sejak tanggal penarikan.

B. Membatalkan Bilyet Giro

Meskipun pada dasarnya bilyet tidak dapat dibatalkan, ada situasi di mana bilyet dapat diblokir, seperti jika hilang, rusak, atau berakhir masa tenggang waktu penawaran. Proses pembatalan harus dilakukan dengan surat pembatalan yang mencantumkan nomor bilyet, tanggal penarikan, dan jumlah dana yang dipindahkan. Pemblokiran bilyet yang hilang memerlukan surat keterangan dari kepolisian, sementara bilyet yang rusak harus dibawa bersama.

V. Perbandingan dengan Cek

A. Pengertian Cek

Cek merupakan perintah tertulis dari nasabah pada bank untuk menarik dana dalam jumlah tertentu atas namanya atau yang ditunjuk. Dalam cek, terdapat nama penerima uang atau pemegang cek, dan pembayaran dapat berupa uang tunai atau pemindahbukuan.

B. Persamaan dan Perbedaan

Cek dan bilyet giro memiliki persamaan, seperti masa berlaku dan penggunaan pada lembaga kliring. Namun, terdapat perbedaan signifikan, seperti cek dapat diuangkan secara tunai di bank, sedangkan bilyet giro tidak dapat. Cek juga memiliki biaya materai untuk penarikan, sedangkan bilyet giro tidak memerlukannya. Sumber hukum yang mengatur pun berbeda, dengan KUHD mengatur cek dan PBI mengatur bilyet giro.

VI. Giro CIMB Niaga sebagai Alternatif Transaksi

A. Layanan Giro CIMB Niaga

Giro CIMB Niaga menawarkan beragam fasilitas dan keuntungan dalam transaksi baik individu maupun non-individu. Tersedia pilihan Giro Konvensional dan Giro iB CIMB Niaga dengan akad Wadiah dan Mudharabah.

B. Keamanan dan Kenyamanan

Dilengkapi dengan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan layanan, Giro CIMB Niaga/Giro iB CIMB Niaga siap mendukung perkembangan bisnis. Informasi lengkap tentang layanan ini dapat ditemukan di sini.

Baca Juga : Bacaan Yasin Fadilah: Arti, Arab, Latin, Hingga Manfaatnya

VII. Kesimpulan

Artikel ini menguraikan secara komprehensif pengertian bilyet giro, syarat dan aturannya, proses mencairkan dan membatalkan, perbandingan dengan cek, serta mencermati layanan Giro CIMB Niaga sebagai alternatif transaksi perbankan. Dengan memahami dengan baik bilyet giro, masyarakat dapat memanfaatkannya secara efektif dalam transaksi perbankan mereka.

Penulis : Rosalinda

Sumber : Kampus Swasta Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin