Halo Campuspedia Friends! Tidak terasa akhirnya tiba juga hari pengumuman seleksi SPAN PTKIN 2021 ya. Sejak dimulai dari masa pendaftaran pada 19 Februari 2021 hingga 27 Maret 2021 lalu, akhirnya hari ini pada Senin, 12 April 2021 akan diumumkan siapa saja yang lolos dalam seleksi SPAN PTKIN 2021.

Baca Juga:

SPAN PTKIN sendiri adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Seleksi ini mirip dengan SNMPTN hanya saja bila SNMPTN diikuti oleh seluruh PTN se-Indonesia, kalau SPAN PTKIN diikuti oleh seluruh UIN / IAIN / STAIN se-Indonesia.

Cek Link Pengumuman

Mengenai pengumumannya sendiri, Ketua Panitia SPAN PTKIN Mahmud, mengatakan dalam sebuah keterangan resmi dari laman resmi Kemenag, bahwa pengumuman SPAN PTKIN 2021 akan diumumkan secara serentak pada hari ini, 12 April 2021 pukul 13.00 WIB.

Beliau juga mengatakan bahwa tahun ini, SPAN PTKIN diikuti oleh 182.890 siswa dari 11.920 sekolah yang mendaftar. Peserta dapat melihat pengumumannya nanti di laman span-ptkin.ac.id.

Baca Juga:

Setelah itu, bila dinyatakan lolos, maka peserta dapat melakukan proses verifikasi atau daftar ulang di PTKIN masing-masing.

Biaya Seleksi

Mengenai biaya seleksinya sendiri, SPAN PTKIN tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis. Biaya pelaksanaannya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah jadi peserta hanya tinggal mendaftar dan mengikuti proses seleksinya saja.

Jalur SPAN PTKIN pun mirip dengan SNMPTN, sehingga seleksinya didasarkan pada prestasi akademik tiap peserta. Prestasi akademik ini dilihat berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya sehingga tidak membutuhkan tes tertulis.

Baca Juga:

Urutan pilihan PTKIN dan program studi yang dipilih oleh peserta menyatakan prioritas pilihannya. Sehingga peserta dihimbau untuk membuat pilihan dengan hati-hati agar tidak ada kekeliruan nantinya.

Nah, itu dia Campuspedia Friends, info terbaru terkait pengumuman SPAN PTKIN 2021. Bagi kalian yang lolos, selamat ya! Namun bagi kalian yang belum lolos, jangan patah semangat karena seperti pepatah, banyak jalan menuju Roma!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *