Perbedaan Shared Hosting dan VPS yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan Shared Hosting dan VPS yang Harus Kamu Tahu

 19,135 total views,  2 views today

Halo Sobat Teknokrat, Ketika berbicara tentang membangun sebuah website, tentu Anda mengenal hosting atau lebih tepatnya shared hosting. Namun, ada layanan lain yang melakukan fungsi yang sama, seperti server untuk situs web yang Anda buat, yaitu VPS. Jadi apa perbedaan antara shared hosting dan VPS?.

Secara umum, fungsi utama dari hosting biasa (shared hosting) dan VPS adalah sama, yaitu sebagai server bagi website Anda untuk mengakses Internet. Namun, terlepas dari kesamaan, pasti ada perbedaan di antara keduanya.

Jika Anda berencana untuk membangun sebuah situs web, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Mudah-mudahan, setelah Anda mengetahui perbedaan antara kedua layanan ini, Anda dapat memutuskan mana yang akan digunakan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan perbedaan antara hosting standar dan VPS. Serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layanan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Shared Hosting dan VPS?

Shared Hosting adalah layanan di tempat untuk meng-host semua skrip dan file yang didukung situs web sehingga situs web Anda dapat diakses dari Internet. Hasilnya, Anda dapat mengunggah semua file dan database situs web Anda ke Bochum sehingga dapat online 24 jam sehari dan dapat diakses dari mana saja.

VPS adalah layanan komputer server virtual yang dapat Anda kelola sebagai komputer server lengkap dan dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file situs web Anda. Dengan kata lain, VPS dapat menjalankan semua fungsi hosting standar, dan memiliki kekuatan lebih.

Apa Perbedaan Antara Shared Hosting dan VPS?

Karena server membuat situs web tersedia secara online dan dapat diakses dari Internet, ia memiliki fitur yang sama seperti komputer pada umumnya. Server sebenarnya memiliki sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan untuk bekerja dan melakukan aktivitas yang diperlukan untuk membuat situs web Anda online.

Perbedaan antara shared hosting atau regular hosting dan VPS adalah hak untuk menggunakan resource tersebut. Di shared hosting, hanya penyimpanan yang dipisahkan dari pengguna lain, sumber daya lain seperti CPU dan RAM digunakan bersama. Di VPS, sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan berbeda dari pengguna lain.

Misalnya, jika Anda menyewa shared host dengan spesifikasi 2 core CPU dan RAM 4 GB, serta penyimpanan 10 GB. Ruang penyimpanan 10GB berbeda dari pengguna lain dan hanya Anda yang dapat menggunakannya. Namun, 2 inti CPU dan 4 GB RAM akan dibagikan dengan pengguna lain.

Jadi, jika ternyata 10 pengguna menggunakan layanan hosting yang sama dengan yang Anda sewa, itu berarti 2 inti CPU dan 4 GB RAM harus menjalankan hingga 10 situs web.

Karena itu, situs web Anda mungkin lambat meskipun telah diperbaiki dengan cara ini. Selain itu, jika ada pengguna lain yang memiliki situs web berat dan menggunakan banyak sumber daya, situs web Anda juga akan terpengaruh.

Sedangkan jika Anda menggunakan VPS, maka hal seperti ini tidak akan terjadi. Misalnya, jika Anda menyewa prosesor VPS dengan 2 core, RAM 4 GB, dan penyimpanan 25 GB. Semua sumber daya ini akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan dibagikan dengan pengguna lain. Ini berarti Anda hanya dapat menggunakan sumber daya 2 inti CPU, RAM 4 GB, dan penyimpanan 25 GB.

Perbandingannya adalah jika Anda menyewa rumah, itu seperti menyewa rumah dengan toilet, dapur, tempat parkir dan meteran listrik di luar dan berbagi. Sedangkan jika menggunakan VPS, seperti menyewa apartemen di rumah dengan toilet, dapur, garasi dan meteran listrik di setiap rumah kontrakan terpisah dengan penyewa lainnya.

Penghuni kamar harus antri ketika hendak menggunakan toilet atau dapur, bergandengan tangan untuk parkir, dan jika listrik padam maka listrik dapat padam. yang lain tinggal di rumah. Saat ini, penghuni rumah kontrakan tidak mendapatkan semua itu, karena toilet, dapur, tempat parkir, dan meteran listrik digunakan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting dan VPS

Walaupun sepertinya VPS lebih unggul dari shared hosting atau hosting biasa, namun tentunya memiliki kelebihan dan ke

Kelebihan Shared Hosting

Harganya murah dan lebih murah dari VPS.

Bisa langsung digunakan, jadi cocok untuk pemula yang sedang belajar membuat website. Keamanan, pembaruan, dan manajemen server tidak perlu dianggap sebagai penyedia layanan.

Kekurangan Shared Hosting

Situs web mungkin lambat karena sumber daya dibagikan dengan pengguna lain. Ada banyak batasan untuk menggunakan fitur dan sumber daya.

Jika beberapa pengguna menyebabkan overload atau downtime, pengguna lain juga akan terpengaruh karena server terhubung.

Kelebihan VPS

Performa server bagus dan website Anda akan lebih cepat karena semuanya hanya digunakan. Anda harus mendapatkan root sehingga Anda dapat mengkonfigurasi server seperti yang Anda inginkan. Anda dapat menikmati dan menggunakan semua fitur di server.

Kekurangan VPS

Jumlah ini lebih mahal dari harga impor. Membutuhkan pemahaman mendalam tentang server dan sistem operasi Linux, di mana Anda harus melakukan konfigurasi sendiri dari awal.

Pengetahuan tentang keamanan server diperlukan karena Anda perlu mengelola keamanan sendiri.

Baca juga : CARA AKTIVASI WINDOWS 7 TERBARU

Harus Pakai yang Mana, Shared Hosting atau VPS

Jika Anda tidak tahu harus menggunakan yang mana, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pikirkan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk website yang ingin Anda buat. Selain itu, ada banyak faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan, seperti uang dan kemampuan Anda dalam mengelola server.

Jika Anda baru saja membangun sebuah website dan skalanya masih kecil dan trafiknya masih rendah, silakan gunakan shared hosting. Pilihan ini tergantung kebutuhan website yang trafiknya masih rendah, sebenarnya tidak membutuhkan banyak resource.

Selain itu, faktor harga juga menjadi faktor penting, karena harga shared hosting murah. Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi server karena dapat langsung digunakan. Jadi meskipun Anda tidak tahu banyak tentang server, Anda tetap bisa membuat situs web Anda online menggunakan shared hosting.

Namun, jika lalu lintas situs web Anda sudah tinggi atau Anda berencana untuk membuat situs web yang besar, silakan gunakan VPS. Pilihan ini didasarkan pada kebutuhan akan kinerja server yang cepat untuk lalu lintas tinggi, situs web besar.

Namun, untuk menggunakan VPS, Anda harus mengetahui langkah-langkah untuk menyiapkan server Linux. Anda perlu memahami keamanan server karena semuanya harus diperbaiki sendiri. Selain itu, seseorang juga harus rela mengeluarkan uang lebih karena harga VPS sangat mahal.

Penutup Share Hosting dan VPS

Ini adalah penjelasan perbedaan antara shared Hosting dan VPS. Setelah Anda mengetahui perbedaan antara keduanya, dapat dipahami bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi silahkan pilih salah satu yang ingin Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

12 thoughts on “Perbedaan Shared Hosting dan VPS yang Harus Kamu Tahu

  1. If you wish for to increase your know-how simply keep visiting this website and be updated with the latest news posted here.

  2. Pingback:Mengetahui Fitur Utama Internet - Blog Teknokrat
  3. This is the right web site for everyone who would like to find out about this topic. You understand so much its almost tough to argue with you (not that I really will need to…HaHa). You definitely put a brand new spin on a topic which has been written about for ages. Excellent stuff, just great!

  4. Heya i am for the primary time here. I found this board and I in finding It truly useful & it helped me out much. I hope to offer something again and help others such as you aided me.

  5. Pingback:Cara Menghubungkan PS4 dengan Kabel LAN - Blog Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux