Pastinya kata cumlaude sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cumlaude sendiri merupakan gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan banyak kehormatan atau pujian. Singkatnya, mahasiswa-mahasiswa yang lulus lebih cepat atau tepat waktu dan memiliki nilai baik, maka bisa mendapatkan predikat cumlaude. Lalu, bagaimana sih cara supaya kita bisa meraih predikat cumlaude saat lulus?

Baca juga:

Sebelumnya, apakah cumlaude itu penting? Tidak ada jawaban benar mau pun salah ketika mengacu pada pertanyaan tersebut. Sejatinya tiap orang memiliki tujuan dan prospek sendiri yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang menganggap predikat cumlaude sangat penting, tetapi ada juga yang tidak terlalu mementingkan hal tersebut, alias tim “Yang Penting Lulus”.

Kalau kamu, kira-kira mau nggak sih mendapatkan predikat cumlaude ketika lulus? Pastinya mau banget dong, nggak ada ruginya mendapatkan predikat cumlaude asal kamu pintar memanajemen waktu. Mau tau gimana tips terbaik supaya kamu bisa dapet predikat cumlaude saat lulus? Yuk, simak informasinya di sini!

1. Buat Tujuan dan Perencanaan Yang Jelas

Tips supaya lulus dengan predikat cumlaude yang pertama adalah dengan membuat tujuan dan perencanaan yang jelas. Mulanya, tentukan terlebih dahulu tujuan kamu. Misalnya dalam kasus ini, tujuanmu adalah lulus 3,5 tahun dengan memperoleh predikat cumlaude.

Dari situ, kamu bisa memulai membuat perencanaan. Semisal dalam satu semester berarti sudah ada berapa SKS yang kamu ambil. Kelas apa saja yang bisa kamu ikutin agar kamu tidak kerepotan sendiri nantinya. Dari hal-hal tersebut, kamu bisa membuat perencanaan lebih detail. Seperti berapa nilai minimum yang harus kamu dapatkan dan lain-lain. Strategi itu juga penting loh!

2. Perhatikan Peraturan Kelas

Kamu tahu kan, setiap dosen biasanya memiliki peraturan dan kebijakan masing-masing menyangkut kelas yang mereka pegang. Nah, penting banget nih buat kalian untuk mencari tahu terlebih dahulu bapak ibu dosen yang mengajar kalian tersebut memiliki kontrak kuliah yang seperti apa.

Kontrak kuliah yang dimaksud bisa seperti berapa kali maksimal absensi, berapa persentase bobot nilai tugas atau ujian, tata tertib kelas, dan lain-lain. Hal ini cukup sepele, tapi apa bila tidak kamu lakukan bisa mengantarkan kamu ke tidak lulus kelas juga loh! Makanya, perhatikan dengan baik dan terapkan!

3. Manajemen Waktu Yang Baik

Tips lulus dengan mendapatkan predikat cumlaude yang ketiga adalah dengan memiliki manajamen waktu yang baik. Misalnya kamu tetap ingin memperoleh IPK tinggi tetapi juga ingin aktif di bidang non-akademik, seperti organisasi, kepanitiaan, atau pun UKM. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila kamu bisa memanajemen waktumu dengan baik.

Buatlah jadwal untuk mengatur kegiatan sehari-hari, misalnya jadwal belajar, jadwal kegiatan non-akademik, jadwal main, dan lain-lain. Dengan membuat jadwal seperti itu, akan memaksimalkan diri kamu untuk lebih produktif pada waktu-waktu kosong. Sehingga kamu bisa tetap memperoleh nilai bagus meskipun kamu juga aktif organisasi.

Baca juga:

4. Aktif di Kelas

Kalian juga pastinya sudah tahu kan tentang yang ini, ketika kamu lebih aktif dan menonjol di kelas, maka kesempatan kamu untuk diingat dosen juga lebih besar. Ketika kamu aktif bertanya, berpendapat, dan lain-lain, dosen akan mengingat kamu sebagai mahasiswa yang memiliki semangat belajar tinggi. Dibarengi dengan tugas yang dikerjakan secara maksimal dan hasil ujian yang memuaskan, nggak akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan nilai A di kelas dosen tersebut.

Aktif bukan termasuk caper sama dosen loh teman-teman. Menjadi aktif di kelas juga bisa melatih kamu agar lebih kritis pada suatu hal dan juga lebih totalitas dalam melakukan apapun hal yang kamu kerjakan. Jadi, semangat ambis teman-teman!

5. Rajin Mencatat Materi

Tips yang kelima adalah selalu mencatat materi yang sudah diberikan oleh bapak ibu dosen di kelas. Ketika kamu mencatat materi, maka secara tidak langsung kamu bekerja dua kali yakni sambil mencatat juga sambil meresapi kembali materi yang kamu tulis.

Selain itu, hasil catatan yang sudah kamu buat juga bisa jadi bahan belajar kamu. Ketika kamu membutuhkan referensi belajar yang tidak bisa kamu temukan di buku mau pun internet, bisa jadi sempat dosenmu berikan di kelas dan kebetulan sudah kamu catat. Banyak sekali kan manfaatnya! Dengan begitu, nggak sulit lagi deh untuk memperoleh nilai baik di perkuliahan.

6. Rutin Belajar

Tips mendapatkan predikat cumlaude ketika lulus adalah yang paling jelas tentu saja harus belajar. Predikat cumlaude hanya diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa dengan nilai baik dan sempurna, kita tidak bisa mendapatkan predikat tersebut apabila nilai kita pas-pasan.

Oleh sebab itu, maksimalkan belajar kamu. Perbanyak juga sharing dengan teman supaya ilmu yang kamu pelajari lebih bermanfaat. Tetap semangat!

7. Selalu Mengerjakan Tugas Yang Diberikan

Nah, tips terakhir ini juga termasuk salah satu yang paling penting. Jangan sampai kamu kelupaan belum submit atau bahkan belum mengerjakan satu tugas saja. Satu tugas itu bisa berarti penting banget loh, bisa jadi kamu auto dapet C karena tidak mengumpulkan semua tugas yang diberikan.

Oleh sebab itu, catatlah tugas-tugas yang sudah diberikan beserta deadlinenya. Buat jadwal pengerjaan agar kamu tidak lupa hingga hari pengumpulan.

Baca juga:

Itu dia 7 tips supaya kamu bisa lulus dengan mendapatkan predikat cumlaude. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow, , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *