Perjalanan Manfred Menyongsong Karier di Bidang AI

Perjalanan Manfred Menyongsong Karier di Bidang AI

Menjadi seorang profesional di era digital memerlukan lebih dari sekadar pendidikan formal. Manfred Michael (22), seorang lulusan Teknik Informatika dari Universitas Gunadarma, menyadari hal ini dan menjadi termotivasi untuk mengembangkan dirinya melalui program Bangkit 2022.

Minat Manfred pada bidang pembelajaran mesin telah dimulai sejak ia masih mahasiswa, dan ia terus aktif memperluas pengetahuannya di luar ruang kelas. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Manfred berhasil mencapai tujuannya untuk menjadi seorang insinyur kecerdasan buatan.

Bagaimana perjalanan Manfred dalam mengasah dirinya selama mengikuti program Bangkit 2022? Simak kisah lengkapnya di bawah ini!

Karier Impian dalam Bidang Machine Learning yang Menuntun Manfred pada Bangkit

Dari kota Cilegon, Manfred merupakan mahasiswa program studi Teknik Informatika di Universitas Gunadarma. Pilihannya untuk menekuni bidang teknologi didasari oleh pengalaman unik yang sangat memengaruhi dirinya.

Melihat ayahnya yang sangat menyukai teknologi dan gemar bermain game hingga meraih gelar tertinggi secara global, Manfred terinspirasi untuk mengejar minat yang sama seperti ayahnya.

Selain tertarik pada dunia game, Manfred juga memiliki ketertarikan yang kuat pada pembelajaran mesin. Ia bercita-cita untuk membangun karier di bidang tersebut. Untuk mewujudkan cita-citanya, Manfred secara aktif belajar tentang pembelajaran mesin melalui sumber-sumber di luar kelas, terutama melalui video-video di platform YouTube.

baca juga:Selamat Kepada Fasilitator Terpilih di Level Menengah Lintasarta Cloudeka Digischool 2023

Selain mengasah keterampilannya, Manfred juga ingin memperluas jaringan profesionalnya. Oleh karena itu, ia bergabung dengan Google Developer Student Clubs (GDSC) di kampusnya. Di komunitas ini, ia bertemu dengan teman-teman sejawat, termasuk salah satu alumni kampusnya yang telah sukses dalam karier teknologi.

Terinspirasi oleh kesuksesan senior tersebut, Manfred pun meminta nasihat mengenai langkah-langkah karier yang harus diambil. Berikut adalah pengalaman yang dibagi oleh senior Manfred.

“Untuk menjadi ahli digital terkemuka dalam industri yang penuh dengan perubahan cepat dan persaingan ketat, kita perlu bersedia untuk belajar di luar lingkungan kampus. Salah satu opsi program pembelajaran di luar kampus yang bisa dipertimbangkan adalah Bangkit.”

Tanpa berpikir panjang, Manfred akhirnya mendaftar ke program Bangkit dan memilih untuk fokus pada alur pembelajaran Pembelajaran Mesin. Melihat Bangkit dapat membantu mempersiapkannya untuk meraih sertifikasi global yang diidamkannya, yakni TensorFlow Developer, semangat belajar Manfred semakin berkobar saat ia berhasil diterima sebagai peserta program tersebut.

Menjadi Tim Terbaik pada Company-Based Capstone Project

Ketika diminta untuk berbagi pengalaman belajarnya di Bangkit, Manfred menceritakan bahwa salah satu tantangan terbesarnya adalah manajemen waktu. Baginya, menyelesaikan semua materi yang perlu dipelajari bukanlah hal yang mudah.

Namun, Manfred segera mengatasi tantangan tersebut dengan menerapkan strategi manajemen waktu yang ia pelajari dari kelas tentang keterampilan lunak. Salah satu langkah yang diambilnya adalah menggunakan Google Calendar untuk menjadwalkan setiap kegiatan harian.

Tidak hanya mendapat manfaat dari kelas tentang manajemen waktu, Manfred juga mendapatkan pelatihan dalam hal komunikasi selama mengikuti Bangkit. Pengetahuan ini sangat membantu Manfred ketika ia harus berinteraksi dengan sesama peserta dan mentor melalui platform Discord. Melalui interaksi tersebut, Manfred dapat saling berbagi pengetahuan dan memberikan dukungan kepada teman-temannya.

Setelah tiga bulan mengikuti program pembelajaran di Bangkit, Manfred memasuki tahap proyek akhir, yaitu capstone project. Dia memutuskan untuk bergabung dengan company-based capstone project dan diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuannya di Traveloka. Bersama timnya, Manfred bekerja pada proyek Price Engine Optimization di bawah bimbingan salah satu founding partners Bangkit.

Kerja keras Manfred dan timnya di Traveloka berhasil membawa mereka meraih penghargaan sebagai tim terbaik dalam kategori Price Engine Optimization. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja sama yang solid antara Manfred dan rekan-rekannya.

baca juga:15 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Memulai Karier sebagai Seorang AI Engineer

Setelah menghabiskan lebih dari 900 jam belajar di Bangkit, menerapkan pengetahuannya dalam proyek capstone berbasis perusahaan di Traveloka, dan berhasil menyelesaikan program, saatnya bagi Manfred untuk menghadapi tantangan baru, yaitu ujian sertifikasi TensorFlow Developer.

Meskipun menghadapi ujian sertifikasi TensorFlow Developer merupakan sebuah tantangan baru, dedikasi Manfred selama proses pembelajaran di Bangkit membawanya meraih kesuksesan. Dengan lulus dalam ujian sertifikasi global tersebut, Manfred membuka pintu baru dalam karier sebagai seorang AI Engineer Intern di Nodeflux.

“Dengan senang hati saya menjadi salah satu dari ribuan pelamar yang dipilih untuk posisi ini. Pengetahuan tentang penyelesaian masalah dan dasar-dasar pembelajaran mesin yang saya dapat dari Bangkit sangat meningkatkan kemampuan saya saat proses wawancara kerja,” katanya.

Kurang lebih enam bulan lamanya Manfred menjadi pemagang di Nodeflux. Di sana, ia tidak hanya memperkaya pengalaman profesionalnya, tetapi juga mendapatkan gambaran mengenai rencana karier ke depannya. Ia ingin menjadi seorang AI engineer dengan kemampuan machine learning yang kuat.

Selesai magang di Nodeflux, Manfred memulai karier purnawaktunya sebagai AI engineer di Jatis Mobile. Itu merupakan kabar baik baginya yang saat itu tengah mengerjakan skripsi.

Bagi para calon talenta digital yang tertarik untuk mengikuti jejaknya, Manfred berpesan agar mereka memiliki motivasi tinggi saat belajar di Bangkit. Selain itu, jika kita merasa kesulitan dan butuh bantuan dalam memahami materi, kita tidak boleh takut bertanya pada sesama rekan peserta atau mentor dalam platform yang disediakan.

Tertarik untuk menjadi AI engineer seperti Manfred? Pelajari materi AI yang akan hadir di Bangkit 2024 mendatang! Daftar Bangkit sekarang hanya di g.co/bangkit!

penulis:Akbar Katon Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *