Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang memiliki suhu badan di atas rata-rata saat melakukan screening suhu badan, dipastikan tidak lulus SBMPTN 2021.  Kondisi yang sama juga berlaku untuk peserta yang dinyatakan reaktif covid-19 melalui pemeriksaan antigen.

Hal ini terjadi karena peserta dengan dua kondisi tersebut tidak diperkenankan masuk ke ruangan ujian. Peserta yang tidak diperkenankan mengikuti ujian tersebut tidak pula bisa mengikuti ujian susulan, lantaran tidak tersedianya ujian susulan untuk UTBK 2021  

Baca juga:

“Tidak ada penjadwalan bagi yang sakit. Sudah jelas di kartu peserta bahwa peserta UTBK harus sehat,” ujar Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia (13/04/2020).

Sebelumnya LTMPT telah menetapkan, suhu badan yang diperbolehkan mengikuti ujian adalah di bawah 37,5 derajat celcius. Tidak hanya itu, di beberapa pusat UTBK juga mewajibkan peserta untuk membawa surat bukti tes covid-19 dengan hasil negatif.

Baca juga:

Terkait tidak tersedianya UTBK susulan, Budi menjelaskan ada dua alasan mengapa itu terjadi. Pertama, karena LTMPT sudah mengatur segala persiapan UTBK dengan runut agar pelaksanaan UTBK dapat berjalan tepat waktu. 

Kedua, tempat pelaksanaan UTBK juga telah diatur untuk digunakan hingga dua gelombang tes. Di beberapa pusat UTBK bahkan mengalami kelebihan kapasitas. Sehingga UTBK susulan sulit dilakukan.

“Kita itu kan sudah mempersiapkan UTBK itu sudah lama termasuk merancang berapa set soal yang kita buat dan sebagainya,” jelas Budi kepada Kompas (13/04/2021).

Tetap Semangat!

Tentu sangat disayangkan, yah Campuspedia Friends. Namun jangan khawatir, kondisi seperti ini berada di luar kuasa kamu. Bagi Campuspedia Friends yang tidak bisa mengikuti UTBK 2021 karena tidak lolos screening suhu badan atau reaktif Covid-19, bersedihlah secukupnya. Kemudian jangan lupa bangkit, karena masih ada jalur lain mandiri untuk mengejar PTN impian. Tetap semangat, Campuspedia Friends! 

Baca juga:

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *