Diantara kamu fresh graduate yang lagi nyari pekerjaan tentunya ada aja dilema yang dihadapi, misalnya banyak lowongan kerja yang nggak sesuai dengan jurusan kuliah. Walaupun begitu, jangan khawatir, Minca punya solusinya. Solusinya adalah mengikuti program percepatan karir.  Yuk kita bahas tuntas di artikel ini!

Apa Itu Program Percepatan Karir?

Merupakan program yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan bagi pelamar pekerjaan yang lolos untuk memberikan pelatihan agar siap bekerja bahkan untuk menduduki posisi tinggi perusahaan tersebut . Untuk waktu training dan pelatihan ini, setiap perusahaan menetapkan rentang waktu yang berbeda-beda. Namun umumnya adalah selama 6 bulan. 

Perusahaan apa aja yang biasanya menyediakan program percepatan karir ini? Ini dia rangkumannya:

Baca juga:

Bank

Program percepatan karir banyak disediakan oleh berbagai Bank di Indonesia. Program ini di Bank biasanya disebut dengan Officer Development Program atau ODP dan Graduate Associate  atau GA.  Setiap bank memiliki waktu training yang berbeda-beda, berkisar antara 6 bulan hingga 12 bulan. Dalam masa training ini kamu akan dilatih mengenai berbagai hal yang bisa menunjang pekerjaan kamu selanjutnya.

Pertamina

Sama seperti Bank, perusahaan Pertamina juga menyelenggarakan program percepatan karir. Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  ini memberikan nama program ini dengan nama Bimbingan Profesi Ahli atau BPA serta Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS. Perbedaan dari kedua program ini adalah BPA ditujukkan untuk lulusan D3, sementara BPS untuk S1. Untuk kamu yang berminat mengikuti program ini, harus bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia jika telah ditetapkan lulus nanti.

Baca juga:

Garuda Indonesia

Perusahaan Garuda Indonesia juga menyelenggarakan program percepatan karir dengan nama Management Trainee. Tidak sembarang orang bisa mengikuti program ini, karenanya program seleksi ini sangatlah ketat. Hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan potensi yang dapat mendukung produktivitas perusahaan lah yang akan terpilih

PLN

PLN menyediakan program percepatan karir dengan nama Diklat Prajabatan. Program ini akan diberikan kepada calon pekerja PLN yang akan menempati kedudukan pemimpin PLN. Program percepatan ini terdiri dari pelatihan yang biasa disebut dengan diklat. Proses diklat terdiri dari beberapa tahap, yaitu diklat kedisiplinan, diklat pengenalan perusahaan, serta diklat pembidangan dan evaluasi dan olimpiade sains dan teknologi. 

Baca juga:  

Nah itu dia beberapa perusahaan yang menyelenggarakan program percepatan karir. Selain keempat perusahaan di atas, masih banyak perusahaan yang juga menyelenggarakan program percepatan karir. Gimana, kamu tertarik untuk mengikuti program tersebut? Jangan lupa untuk cari tau lebih dalam informasinya di perusahaan terkait ya. Pastikan kamu memenuhi persyaratannya.

Semoga berhasil! 

Jangan lupa follow akun kita juga  di , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan informasi keren lainnya  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *