Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama telah dilaksanakan sejak hari Senin(12/04/2021). Ada satu dokumen tambahan dalam pelaksanaan UTBK di masa pandemi ini yang sering kali membuat peserta kelimpungan, yakni surat keterangan bebas covid-19. Surat keterangan ini bisa dalam bentuk surat kesehatan, tes antigen, ataupun swab test.

Yuk simak penjelasan perguruan tinggi pusat UTBK di Jawa Timur berikut ini tentang surat keterangan bebas covid-19 sebagai syarat melaksanakan UTBK.

 

Baca Juga :

 

Universitas Jember

Universitas Jember (UNEJ) tidak mewajibkan peserta UTBK membawa hasil rapid test. Akan tetapi peserta wajib membawa surat keterangan dari RT dan RW yang menyatakan zona daerahnya, apakah merah, hijau atau kuning. Selain itu, UNEJ juga menyiapkan dua perangkat GeNose bagi peserta UTBK yang mungkin lupa tidak membawa surat keterangan tersebut. 

“Kebijakan menyiapkan perangkat GeNose sebagai antisipasi jika ada peserta UTBK SBMPTN di Kampus Universitas Jember yang tidak membawa surat keterangan dari RT/RW setempat atau tidak membawa hasil pemeriksaan tes rapid Antigen.” Ujar ketua pusat UTBK UNEJ Prof. Slamin.

Universitas Brawijaya

Pusat UTBK Universitas Brawijaya (UB) tidak mensyaratkan peserta membawa hasil Rapid Test ataupun Surat Keterangan Sehat (Sukes) untuk mengikuti UTBK. Namun, setiap peserta wajib memastikan bahwa peserta sehat secara jasmani dan tidak sedang terpapar Covid-19 secara mandiri. Selain itu, peserta UTBK di imbau disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Universitas Negeri Malang

Dalam pengumuman resmi di , pusat UTBK UM tidak mensyaratkan peserta membawa surat keterangan bebas covid-19 maupun rapid test.

Akan tetapi panitia UTBK UM mengimbau pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat seperti wajib memakai masker medis dan anjuran menggunakan face shield sertasarung tangan.

Selain itu, peserta yang suhu tubuhnya melebihi 37 °C atau demam serta keluhan lain dinyatakan tidak bisa mengikuti UTBK 2021.

 

Baca juga :

Universitas Airlangga

Pusat UTBK Universitas Airlangga (Unair) tidak mewajibkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) membawa surat keterangan bebas covid dalam jenis apapun pada pelaksanaan ujian gelombang I (12-18 April 2021).

Akan tetapi panitia pusat UTBK Unair memperketat regulasi protokol kesehatan seperti wajib isolasi diri sebelum ujian selama 14 hari, anjuran memakai lengan panjang saat pelaksanaan ujian, membawa peralatan mandiri serta masker cadangan. Bagi peserta yang suhu tubuhnya melebihi 37,3 °C tidak diperkenankan mengikuti UTBK.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Melansir dari , peserta UTBK tidak wajib melakukan Tes Swab atau Rapid. Protokol kesehatan lain yang dianjurkan panitia pusat UTBK ITS adalah memakai masker medis, membawa masker cadangan, membawa handsanitizer, dan konsumsi pribadi.

Universitas Negeri Surabaya

Pusat UTBK UNESA melansir , tidak mengharuskan membawa surat keterangan bebas covid-19. Berdasarkan keterangan ketua Satuan Admisi UBTK Unesa Dr. Sukarmin, M.Pd., jelang pelaksanaan, UNESA sudah Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Satgas Covid-19 Kota Surabaya untuk memastikan protokol kesehatan selama UTBK.

Universitas Trunojoyo

Pusat UTBK Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tidak mengharuskan membawa keterangan rapid test, akan tetapi menganjurkan pelaksanaan protokol kesehatan ketat yang juga akan diawasi.

UPN Veteran Jawa Timur

Berdasarkan pengumuman , panitia pusat UTBK di UPV Veteran Jatim tidak menganjurkan peserta UTBK membawa surat keterangan rapid test. Jadi Peserta hanya tinggal datang dan menlaksanakan ujian.

 

Selamat berjuang peserta UTBK 2021

 

Baca juga :

 

Nah itu tadi keterangan tentang membawa surat keterangan bebas covid di pusat UTBK Jawa Timur. Semua pusat UTBK mewajibkan menjaga protokol kesehatan ketat dan isolasi mandiri sebelum ujian. Jadi pastikan kamu jaga kesehatanmu ya, Campuspedia Friends!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *