Putrinya Ketagihan Top Up Genshin Impact, Pria Ini Dapat Tagihan Rp 211 Juta - Blog Teknokrat
Putrinya Ketagihan Top Up Genshin Impact, Pria Ini Dapat Tagihan Rp 211 Juta

Putrinya Ketagihan Top Up Genshin Impact, Pria Ini Dapat Tagihan Rp 211 Juta

 305 total views,  6 views today

Main game gacha seperti Genshin Impact bisa menjadi hiburan yang menyenangkan, tetapi ada risiko jika tidak dapat mengontrol diri. Kisah di Singapura ini menjadi peringatan bagi orang tua yang memiliki anak yang gemar bermain game. Seorang ayah, Lim Cheng Mong, dikejutkan dengan tagihan kartu kredit senilai 20.000 dolar Singapura (Rp 211 juta) karena putrinya ketagihan top up Genshin Impact. Artikel ini akan mengulas kasus tersebut dan pentingnya mengontrol pengeluaran dalam permainan daring.

Menjelajahi Kasus Lim Cheng Mong

Kegelisahan Seorang Ayah

Lim Cheng Mong merasa kaget ketika banknya memberitahunya tentang tagihan yang belum dibayar dari 89 transaksi tak dikenal. Total tagihan yang harus dia tanggung mencapai 20.000 dolar Singapura. Ia memperhatikan bahwa tagihan ini berasal dari akun Grab milik putrinya yang berusia 18 tahun. Sebagai seorang ayah, dia menghubungkan kartu kreditnya ke akun Grab agar dapat membayar biaya transportasi anaknya dengan mudah.

baca juga: Sinopsis Film The Black Demon, Teror Hiu Megalodon yang Mengerikan

Putri yang Ketagihan Top Up

Ternyata, tanpa sepengetahuannya, putri Lim telah menghubungkan akun dompet digitalnya ke Genshin Impact. Dari Agustus hingga Oktober 2021, ia rajin melakukan top up pada permainan tersebut menggunakan akunnya. Setiap kali top up, putrinya dapat membeli item dalam permainan senilai hingga 300 dolar Singapura.

Upaya Klaim Refund

Setelah mengetahui masalah ini, Lim berhasil mengklaim refund senilai 10.000 dolar Singapura dari perusahaan penerbit kartu kreditnya. Namun, insiden ini memberikan pelajaran berharga bagi keluarga tersebut. Lim menyadari bahwa bahaya jajan online di dunia game sangatlah nyata, dan ia memastikan bahwa putranya, yang juga seorang gamer, memahami pentingnya mengendalikan pengeluaran dalam game.

Bahaya Pengeluaran Tanpa Kontrol

Main game gacha seperti Genshin Impact memiliki fitur top up yang memungkinkan pemain membeli item dalam permainan menggunakan uang sungguhan. Beberapa pemain, terutama anak-anak dan remaja, dapat dengan mudah terjerumus dalam perilaku kecanduan dan menghabiskan uang tanpa batas.

Pengaruh E-Wallet

Dalam kasus Lim Cheng Mong, akun e-wallet milik putrinya berperan sebagai pemicu utama dari masalah ini. Koneksi antara e-wallet dan game menciptakan kesempatan bagi putrinya untuk melakukan top up dengan mudah tanpa harus memiliki kartu kredit atau izin dari orang tua.

Top Up di Platform Transaksi Online

Putri Lim melakukan top up Genshin Impact melalui platform Apple App Store dan Coda Payments. Ketersediaan berbagai metode pembayaran online membuat proses top up semakin cepat dan efisien, namun juga dapat menyebabkan konsekuensi finansial yang serius jika tidak diawasi dengan baik.

Bahaya Jajan Online

Kejadian ini menjadi peringatan bagi orang tua dan pemain game untuk menyadari bahaya jajan online. Banyak permainan modern menawarkan kesenangan dan hiburan, tetapi harus diimbangi dengan pemahaman tentang batas pengeluaran agar tidak berujung pada masalah keuangan.

Perlunya Tinjau Ulang Aturan

Dorongan untuk Aturan Lebih Ketat

Lim Cheng Mong berharap bahwa perusahaan dan otoritas akan lebih memperhatikan aturan transaksi online, terutama yang melibatkan anak-anak. Dengan peraturan yang lebih ketat, diharapkan kasus seperti yang dialaminya dapat dihindari di masa depan.

Perlunya Pengawasan Orang Tua

Orang tua memainkan peran penting dalam mengawasi aktivitas online anak-anak mereka. Koneksi antara kartu kredit dan akun game harus dikendalikan dengan bijak, dan batasan pengeluaran harus ditetapkan untuk mencegah risiko keuangan yang tidak diinginkan.

baca juga: Mahasiswa Universitas Teknokrat Raih Sertifikasi Kompetensi Tingkat Nasional Bidang Graphic Designer

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apa yang membuat putri Lim ketagihan top up Genshin Impact?
    • Putrinya mengalami kecanduan melakukan top up dalam permainan Genshin Impact.
  2. Bagaimana putri Lim bisa melakukan top up tanpa sepengetahuan ayahnya?
    • Putri Lim menghubungkan akun dompet digitalnya ke Genshin Impact tanpa sepengetahuan ayahnya, yang memungkinkannya untuk melakukan pembelian dalam permainan.
  3. Berapa besar tagihan yang harus ditanggung oleh ayahnya?
    • Ayahnya harus membayar tagihan senilai 20.000 dolar Singapura karena top up yang dilakukan putrinya.
  4. Bagaimana Lim berhasil mengklaim refund?
    • Lim berhasil mengklaim refund senilai 10.000 dolar Singapura dari perusahaan penerbit kartu kreditnya.
  5. Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah kasus serupa terjadi pada anak-anak mereka?
    • Orang tua perlu mengawasi aktivitas online anak-anak mereka, termasuk mengendalikan koneksi antara akun dompet digital dan game serta menetapkan batasan pengeluaran dalam permainan.
  6. Mengapa penting bagi perusahaan dan otoritas untuk meninjau ulang aturan transaksi online?
    • Peninjauan ulang aturan transaksi online diperlukan untuk melindungi pemain, terutama anak-anak, dari risiko keuangan akibat pengeluaran tanpa kendali dalam game.

Kesimpulan

Kisah mengenai putrinya yang ketagihan top up Genshin Impact menjadi peringatan bagi banyak orang tua dan pemain game. Keberadaan teknologi dan platform transaksi online membuat pengeluaran dalam permainan semakin mudah, tetapi juga membawa risiko finansial yang serius jika tidak diawasi dengan baik. Oleh karena itu, kontrol diri dan pengawasan dari orang tua sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan antara hiburan dan tanggung jawab keuangan. Dengan aturan yang lebih ketat dan kesadaran akan bahaya jajan online, kita dapat mencegah insiden serupa terjadi di masa mendatang.

Sumber: KAMPUS SWASTA TERBAIK DI LAMPUNG

Penulis: Intan Ameliana

2 thoughts on “Putrinya Ketagihan Top Up Genshin Impact, Pria Ini Dapat Tagihan Rp 211 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin