Halo Campuspedia Friends! Kali ini ada profesi asik dan kece yang harus kamu kenali nih. Profesi tersebut adalah profesi penyiar radio atau radio announcer.

Baca Juga:

Mungkin banyak dari kita yang salah paham kalau seorang radio announcer hanya bermodalkan suara aja. Padahal engga lho! Makanya coba kenalan dulu yuk sama profesi yang satu ini! Siapa tahu kamu jadi ikutan tertarik nantinya hihi

radio announcerKenalan Dulu Yuk!

Radio announcer atau penyiar radio adalah mereka yang bertugas untuk menyampaikan informasi kepada para pendengar di radio. Merekalah yang menjadi suara sekaligus wajah dari program radio yang dibawakan.

Tak hanya menyampaikan informasi saja. Biasanya, seorang penyiar radio juga membawakan konten interaktif yang melibatkan pendengarnya juga. Misalnya mengajak para pendengarnya untuk sharing cerita atau sekedar request lagu.

Namun tentunya menjadi seorang radio announcer atau penyiar radio ini tuh gak mudah. Kamu harus mampu untuk mengontrol mood dan menjadi teman bagi para pendengarnya. Karena kamu harus bisa untuk membawakan programmu dengan santai dan mudah dicerna, bahkan tak jarang yang menambahkan unsur komedi juga.

Baca Juga:

Jobdescnya

Nah kalau bicara soal jobdesc dari seorang radio announcer atau penyiar radio, mayoritas masih salah paham kalau mereka cuman menyampaikan informasi saja. Padahal kerjaan mereka lebih dari sekedar menggunakan suara mereka lho.

Nih beberapa tugasnya yang harus kamu ketahui:

  • Up-to-date terhadap hal-hal yang lagi hangat diperbincangkan, misalnya trend musik terbaru, update dunia olahraga atau selebriti, dan masih banyak lagi. Intinya tergantung pada topik program yang nanti akan dibawakan.
  • Menyiapkan script untuk siaran. Walau demikian, ada juga yang menggunakan seorang produser radio untuk menyiapkan script
  • Mampu untuk membangun mood dari para pendengar dan ekspresif. Maksudnya disini adalah walaupun kamu lagi sedih, jangan sampai hal itu dibawa saat siaran karena pastinya akan berpengaruh terhadap mood para pendengarnya.
  • Memutar lagu melalui playlist yang sudah dibuat. Tapi ada juga yang menggunakan seorang operator untuk melakukan ini.

Jenjang Karirnya

Kalau bicara soal jenjang karirnya, sebenarnya profesi penyiar radio itu cukup bervariasi. Selain menjadi seorang radio announcer atau penyiar di radio, kamu juga bisa menjadi seorang news anchor atau penyiar di TV. Kamu juga bisa menjadi seorang reporter, produser, hingga station manager.

Semuanya tergantung pada pilihanmu, entah mau tergabung dalam suatu stasiun TV atau radio, atau sebagai freelancer. Kalau kamu tergabung dalam stasiun TV atau radio, otomatis jenjang karirmu akan mengikuti jenjang karir perusahaan media tersebut.

Kalau bicara soal gajinya, seorang penyiar radio itu digaji berdasarkan jam siarannya dan bisa dibilang fantastis lho. Bagi penyiar radio yang sudah professional, untuk 1 jam siaran bisa dibayar Rp 300.000 dan sehari 4 jam, dengan jadwal Senin hingga Jumat. Bisa kebayang gak tuh sebulannya bisa berapa kalau seminggu aja udah segitu ya.

Miliki dan Kuasai Ini

Kalau kamu sudah mulai tertarik dengan profesi penyiar radio atau radio announcer ini, selamat kamu sudah mendapatkan semangatnya! Sekarang, kamu tinggal mengasah beberapa keahlian berikut untuk dapat menunjang karirmu nanti sebagai seorang penyiar radio.

  • Keterampilan komunikasi
  • Critical thinking
  • Analytical skill
  • Keahlian sosial

Perlu kamu ketahui juga bahwa sebenarnya walaupun kamu berada di jurusan lain selain Ilmu Komunikasi, kamu tetap bisa menjadi seorang radio announcer atau penyiar radio kok. Memang umumnya seorang penyiar radio itu berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi, Broadcasting, Film dan Televisi, bahkan Sastra. Tapi gak nutup kemungkinan juga kalau kamu dari jurusan Hukum, Hubungan Internasional, Kedokteran, hingga Teknik pun bisa asal punya niat dan kemauan.

Baca Juga:

Jadi gimana Campuspedia Friends? Udah kenalan sama profesi penyiar radio atau radio announcer jadi ikutan tertarik gak? Buat kamu yang tertarik, mulailah mengasah skill dan kemampuan yang diperlukan ya! Buat kamu yang belum tertarik, nanti kita bahas profesi lain oke?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *