Halo Sobat Campuspedia! Tanggal 19 Februari 2021 kemarin telah diadakan online career class “Elaborate Your Mind in Team by Mastering Analytical Thinking” bersama Irdham Kusumawardhana, Territory Sales Manager at Lonza. Kelas kemarin berjalan dengan lancar dan membahas seputar kemampuan berpikir analitis yang yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang untuk mencapai pekerjaan atau karier yang lebih sukses. 

Mengutip dari The Asean Post, analytical thinking masuk ke dalam TOP 10 SKILLS OF 2025 dan menduduki urutan pertama loh! Sudah dapat dipastikan bahwa kemampuan berpikir analitis akan sangat penting dalam setiap aspek kehidupan, khususnya dalam dunia pekerjaan. 

Apa Itu Berpikir Analitis? 

kemampuan berpikir analisis (analytical thinking)

Di awal kelas, kak Irdham mengawali materi dengan pemaparan definisi berpikir analitis secara umum lalu dilanjutkan dengan penjelasan komponen berpikir analitis dan lainnya.

Kemampuan berpikir analitis sendiri adalah suatu cara untuk memecah sebuah informasi yang cukup kompleks atau data yang bersifat komprehensif menjadi informasi yang lebih sederhana dan prinsip dasar. 

Dengan memiliki kemampuan berpikir analitis, kamu akan mudah memahami suatu masalah, memiliki pola pikir yang lebih terstruktur, cekatan dalam menyelesaikan permasalahan, dan mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Kenapa Analytical Thinking Itu Penting?

WEF memperkirakan bahwa pada tahun 2025, sebanyak 85 juta pekerjaan dapat digantikan oleh pergeseran pembagian kerja antara manusia dan mesin, serta kemungkinan akan muncul 97 juta peran baru yang lebih disesuaikan dengan pembagian kerja antara manusia, mesin dan mesin Algoritma.

Oleh karena itu, diperlukan penguasaan skill-skill penting untuk membantu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi di beberapa tahun mendatang. Salah satu skill yang wajib kamu kuasai adalah analytical thinking. 

Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analitis

kemampuan berpikir analisis (analytical thinking)

Berdasarkan pemaparan dari kak Irdham, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir analitis kamu. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Latihan. Latihlah kemampuan berpikirmu dengan berbagai test supaya cara berpikirmu untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dan berpikir kritis.  
  2. Mengajar. Mengajar sesuatu ilmu kepada orang lain secara tidak langsung akan mengasah atau menajamkan kemampuan berpikir analitis kamu. Lewat proses mengajar tersebut pun bisa kamu lanjutkan dengan diskusi lanjutkan supaya kamu bisa mendapatkan perspektif dan ilmu lain. 
  3. Menjadi observer. Belajarlah menjadi observer yang lebih peka terhadap hal-hal di sekitar. Jangan cepat menerima informasi melainkan banyak bertanya, mencari tahu, dan memperbanyak alternatif.
  4. Bermain logic games

Tanya Jawab

Di akhir pemaparan materi, kegiatan ditutup dengan sesi sharing dan tanya jawab. Peserta terlihat sangat antusias dan semangat untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan kepada mentor mereka. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang ditanyakan dan dijawab oleh kak Irdham.

Biasanya pada beberapa lowongan pekerjaan tercantum kualifikasi yang wajib dimiliki calon pelamar adalah kemampuan berpikir analitis. Lalu, bagaimana caranya kita menunjukkan kemampuan analytical thinking tersebut selama proses seleksi pekerjaan?

Kemampuan analytical thinking akan sangat terlihat saat proses seleksi wawancara. Oleh karena itu, kamu harus pastikan persiapan kamu sudah matang sebelum wawancara dimulai. Kamu bisa melatih proses wawancara dengan metode STAR. usahakanlah untuk menjawab pertanyaan wawancara dengan menyebutkan komponen STAR tersebut. 

Biasanya saat kita ingin menggunakan kemampuan berpikir analitis, proses dari identifikasi masalah ke making decision cukup memakan waktu yang lama. Bagaimana cara menjalani proses tersebut dengan lebih efisien sehingga bisa mencapai keputusan yang efektif? 

Berpikir analitis itu adalah proses belajar, maka sangat wajar jika setiap orang butuh waktu yang berbeda-beda untuk bisa membuat keputusan dari proses berpikir kritis tersebut. Jika kamu ingin menggunakan waktu yang lebih efisien dalam berpikir analitis, kamu bisa mencoba menggunakan teknik SMART. Dengan begitu, goal yang kamu capai akan lebih jelas dan langkah untuk mencapainya pun akan lebih jelas. 

Nah, kira-kira begitu friends keseruan online career class edisi 19 Februari 2021 kemarin. Kalau kamu tertarik untuk meningkatkan kualifikasi dirimu dalam mempersiapkan karier kedepannya, kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia Academy dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Yuk, daftar . Semoga berhasil!

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *